7 Cara Membersihkan Kulkas

Membersihkan kulkas seminggu sekali 

Seberapa seringkah kita membersihkan kulkas ? Jawabnya macam-macam. Tapi kebanyakan dari kita malas membersihkan perabot yang banyak gunanya ini. Kulkas atau lemari es merupakan salah satu alat dapur yang harus dirawat dan dibersihkan secara rutin. Karena kulkas yang bersih dan terawat akan membuat makanan dan minuman yang kita simpan lebih sehat dan tahan lebih lama. Sedangkan kulkas yang kotor membuat makanan cepat bau dan mudah membusuk.  

membersihkan dan merawat kulkas

Idealnya membersihkan kulkas dilakukan seminggu sekali. Sayangnya kegiatan tersebut sering dianggap remeh. Jarang ada diantara kita yang menjadikan kegiatan bersih-bersih kulkas sebagai prioritas. Kadang-kadang kita membersihkan lemari pendingin ini hanya jika mau meninggalkan rumah cukup lama. Keluar kota atau pulang kampung misalnya.

Nah berikut ini step by step cara membersihkan kulkas :

1.      Cabut kabel listrik dari stop kontak agar aman. Lalu bersihkan kulkas dimulai dari bagian luar. Copot semua mainan atau tempelan magnet yang sering tertempel di pintu kulkas. Terlalu banyak pernak-pernik membuat kulkas terlihat berantakan.
2.      Gosoklah bagian luar kulkas dengan menggunakan sponge yang sudah dibasahi air dan sabun. Bersihkan seluruh permukaan kulkas dari noda lengket, sidik jari, serta debu yang menempel di bagian atas kulkas.
3.      Lanjut ke bagian dalam. Buka kulkas, siapkan kantong sampah dan tentukan mana makanan yang masih mau dimakan dan mana yang harus dibuang. Caranya dengan memeriksa tanggal kadaluarsa (expired date) pada setiap produk makanan yang ada di rak kulkas. Yang sudah basi atau tidak ingin dimakan, masukkan ke tong sampah. Makanan yang masih bagus untuk dikonsumsi pisahkan.
4.      Bersihkan rak kulkas / wadah makanan dari kotoran dengan sabun dan air. Masukkan kembali dan atur barang hanya yang benar-benar masih dibutuhkan. Bersihkan freezer dengan cara yang sama.
5.      Agar bau kulkas tetap segar, letakkan satu kotak berisi soda kue di kulkas bagian belakang. Soda kue dipercaya dapat membantu menetralisir bau tidak sedap dari dalam kulkas. Beri catatan tanggal berapa kita meletakkan “parfum” kulkas ini dengan spidol permanen. Dan ingatkan  untuk menggantinya setiap tiga bulan sekali. Cara lain untuk menjaga kulkas agar tidak bau adalah dengan meletakkan bahan makanan yang baunya menyengat kedalam wadah atau plastik tertutup. Misalnya bawang Bombay, ikan asin dll.
6.      Cara menangani makanan yang tersisa : masukkan makanan yang tersisa kedalam plastik tembus pandang. Lalu beri keterangan tentang tanggal dimasukkan serta isi kantong tersebut.
7.      Atur kembali semua barang pada tempatnya. Susun barang-barang di kulkas berdasarkan kategorinya masing-masing. Pengaturan dan tata letak yang baik akan membuat proses persiapan dan memasak berlangsung lebih cepat. Karena, kita tak perlu waktu lama untuk menemukan bahan makanan yang kita butuhkan.     

Itulah 7 cara membersihkan kulkas agar makanan lebih sehat dan segar. Selain itu kulkas yang bersih dan terawat akan membuat kulkas jadi awet dan tahan lama. Mau kulkas yang bersih dan terawat ?


0 Response to "7 Cara Membersihkan Kulkas"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *