Tips Memilih dan Membeli Kulkas Hemat Listrik

Memilih Kulkas Hemat Listrik, Sudah Betul !

Gerakan hemat energi sedang trend seluruh dunia termasuk di Indonesia. Kulkas (refrigerator) atau lemari es sebagai alat rumah tangga yang selalu terhubung 24 jam dengan arus listrik juga dituntut untuk hemat listrik. Imbasnya kulkas yang boros listrik makin ditinggal konsumen, sebaliknya kulkas hemat listrik makin dicari. Tak hanya itu, selain hemat listrik, kulkas juga harus ramah lingkungan (eco friendly).
kulkas hemat listrik

Boleh dibilang, kulkas adalah alat rumah tangga yang usia pakainya lumayan panjang. Jika kulkas dirawat dengan baik, usia pakainya bisa mencapai lebih dari 10 tahun. Sejalan dengan itu, konsumen sekarang makin sadar akan perlunya kulkas yang hemat listrik. Karena, dengan memilih dan membeli kulkas hemat listrik maka sejatinya ia sedang berinvestasi untuk jangka panjang.

Kulkas murah belum tentu hemat listrik

Memilih kulkas hemat listrik  hakekatnya sama dengan memilih alat rumah tangga yang lain. Biasanya yang menjadi pertimbangan utama dalam memilih adalah kualitasnya mesti bagus dan harganya harus murah. Padahal tuntutan seperti itu sedikit paradoks. Dimana-mana barang yang kualitasnya bagus harganya cenderung lebih mahal, termasuk kulkas. Orang tua kita dulu juga suka bilang “jer basuki mawa bea” yang artinya kurang lebih sesuatu yang bagus itu memerlukan biaya.

Tapi itulah konsumen. Konsumen adalah raja. Dalam memilih kulkas, maunya konsumen “kasih saya barang paling bagus tapi saya cuma mau bayar murah”. Jadinya ya bisa ditebak, hampir semua pemasar (sales marketer) pun selalu mengaku barangnya paling bagus dan harganya paling murah. Bagusnya dimana dan murahnya seberapa nggak penting untuk pemasar, yang penting konsumen berhasil diyakinkan bahwa barang jualannya kualitasnya paling bagus dan harganya paling murah.

Agar kulkas lebih hemat listrik dan lebih ramah lingkungan, kita perlu memperhatikan beberapa fitur kulkas. Fitur-fitur tersebut ada yang penting dan kita butuhkan,namun ada pula fitur tertentu yang kurang dibutuhkan (opsional). Dari sisi harga, ada fitur yang membebani harga kulkas dan ada yang tidak membebani harga. Dengan memperhatikan antara fitur kulkas dan kebutuhan kita, maka kita akan memperoleh kulkas hemat listrik yang sesuai kebutuhan.  

Pilih feature kulkas yang penting dan diperlukan

Mengganti kulkas lama yang sudah berusia 15 tahun misalnya dengan kulkas baru adalah keputusan tepat. Sebab, hal itu akan banyak menghemat konsumsi energi listrik di rumah. Kulkas lama cenderung boros listrik dan kualitas kerjanya tidak sebagus kulkas baru.

Nah, saat membeli kulkas baru ada hal yang harus diingat agar perangkat pendingin yang dipilih ini benar-benar hemat energi listrik. Pertama, tentukan apa saja fitur kulkas yang sangat anda butuhkan dan fitur apa yang tidak diperlukan. Kedua, tipe atau model kulkas mana yang sesuai dengan budget keuangan anda.

Berikut beberapa fitur kulkas yang penting dan anda perlukan :
1.    Energi yang efisien. Pastikan bahwa anda telah membeli peralatan yang hemat energi.  Kebanyakan model kulkas saat ini sudah hemat energi. Tapi jika anda tidak yakin dengan produk yang anda beli, maka mintalah petugas toko menunjukkan kulkas berlabel Energy Star atau EnergySaver.
2.    High moisture switch atau saklar hemat energi. Saklar ini fungsinya untuk mencegah kondensasi dalam kulkas jika cuaca lembab. Jika tidak diperlukan, dengan mengubah ke posisi off pada cuaca kering, maka bisa menghemat energi.
3.    Fungsi defrost. Kebanyakan orang suka fitur defrost otomatis. Karena hal itu lebih nyaman dan bisa membantu pengaturan suhu lemari es.
4.    Roller. Dengan fitur ini Anda dapat menarik dan memindahkan kulkas jika diperlukan. Misalnya untuk membersihkan kulkas.   
5.    Rak (trays) dan nampan (shelves) yang fleksibel. Keduanya memudahkan anda dalam mengatur kulkas. Pastikan keduanya bisa diganti jika rusak atau pecah.

Semua fitur kulkas diatas sangat fungsional, membuat lemari es lebih nyaman dan tidak membebani harga kulkas secara keseluruhan.

Pada sisi lain beberapa fitur kulkas ini mungkin tidak atau kurang anda perlukan, yaitu :
1.    Pembuat es otomatis (automatic icemaker). Kelebihan fitur icemaker otomatis adalah membuat kulkas terasa sangat nyaman. Sedangkan kekurangannya, harga kulkas jadi lebih mahal, jika rusak biaya perbaikan juga mahal, serta lebih boros energi listrik.
2.    Water dispenser. Fitur ini lumayan membebani harga kulkas, lebih boros listrik dan jika rusak perbaikannya ribet dan mahal. Jika anda membutuhkan alat ini, sebagai alternatif bisa membeli dispenser secara terpisah.  

Video cara memilih kulkas dan freezer di YouTube


Beli kulkas yang bagus dimana ?

Membeli kulkas yang bagus dan harganya terjangkau bisa melalui toko alat rumah tangga dan elektronik terdekat, ataupun membeli di toko online yang terpercaya. Jika Anda berniat membeli kulkas atau lemari es secara online, rekomendasi kami adalah SILAKAN KLIK DISINI. Karena, sepengetahuan kami, toko online tersebut reputasinya termasuk sangat baik.

Memilih dan membeli peralatan seperti kulkas atau lemari es mungkin membingungkan, tapi dengan meluangkan sedikit waktu untuk riset kecil-kecilan tentang model, kapasitas, fitus dan harga, maka Anda akan menghemat banyak pengeluaran. Bagaimana, tertarik untuk memilih atau membeli kulkas hemat listrik ? 

4 Responses to "Tips Memilih dan Membeli Kulkas Hemat Listrik"

Asep Saepudin said...

Thanks, sangat membantu infonya.
Salam Sukses.

Slamet Riyadi said...

Terima kasih telah berkunjung, salam sukses juga !

astuti sri said...

Terimakasih atas infonya, sangat membantu

Q me said...

Contoh merknya apa gan yg hemat listrik, tp kwalitasnya bagus??

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *