Cara Menggunakan Panci Presto Dengan Aman

cara mengoperasikan panci presto

Cara menggunakan panci presto yang aman

Banyak diantara kita yang ragu dan takut-takut saat mau menggunakan panci presto untuk pertama kalinya. Padahal keinginan untuk memasak dengan cara presto sudah ada sejak lama. Misalnya masak ikan mas presto, bebek presto atau yang terkenal bandeng presto.

Cuma keberanian yang belum ada. Kira-kira aman enggak ya ? Jangan-jangan nanti meledak ? Kalau nanti tiba-tiba duaarrr ..!! Gimana ngatasinnya ?

Nah, bagaimana cara menggunakan panci presto dengan aman ? Berikut uraiannya.

Panci presto merupakan alat masak berbentuk panci yang mampu memasak makanan dengan lebih cepat, lebih sehat, dengan kandungan gizi dan rasa yang tetap terjaga. Alat masak ini disebut pula dengan pressure cooker, karena menggunakan bantuan uap air bertekanan tinggi dalam proses masak memasaknya.

Sedangkan cara memasaknya disebut dengan pressure cooking. Uap panas bertekanan tinggi hasil pressure cooking inilah yang sering ditakutkan saat seseorang hendak menggunakan panci presto.

Manfaat panci presto untuk memasak

Manfaat panci presto dalam proses masak-memasak di dapur sangatlah banyak. Baik dari segi kesehatan, ekonomi, kepraktisan, dan tentu saja, cita rasa masakan itu sendiri. Diantara manfaat panci istimewa ini adalah :
1.    Makanan lebih sehat.
2.    Kandungan gizi dan rasa masakan tetap terjaga.
3.    Lebih efisien dan hemat energy.
4.    Multifungsi.
5.    Perawatannya simple. 

Memahami cara kerja panci presto

Jika memahami cara kerja dan cara menggunakan panci tersebut, maka sesungguhnya keraguan dan ketakutan itu tidak perlu ada. Apalagi manfaat panci presto ini sangat banyak. Cara kerja panci presto pada dasarnya bisa digambarkan sebagai berikut :

Berbeda dengan panci biasa, panci presto memiliki tutup yang sangat rapat sehingga uap air hasil pemanasan tidak bocor keluar, namun tetap berkumpul dalam unit panci. Akibatnya suhu dalam panci menjadi sangat panas.

Bisa dikatakan bahwa memasak dengan panci presto sama dengan memasak diatas suhu didih. Dengan suhu sepanas itu, maka mikro organisme yang mampu bertahan sampai 100 derajat celcius pada panci biasa akan mati.

Karena makanan dimasak dalam suhu yang sangat panas, maka proses memasak menjadi lebih singkat. Bahkan bisa hingga 70 % lebih singkat dari memasak pakai panci biasa. Hasilnya makananpun lebih sehat karena semakin sedikit kandungan gizi dan nutrisi yang hilang atau rusak. Selain itu tentu saja lebih hemat energy.

Jika tekanan dalam panci melebihi batas yang ditentukan maka uap akan dikeluarkan lewat katup pengaman yang ada pada tutup panci.

Step by step cara menggunakan panci presto

Dibawah ini adalah tulisan sederhana tentang step by step cara menggunakan panci presto. Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan petunjuk dari pabrik yang menyertai panci presto Anda. Namun lebih merupakan langkah dasar penggunaan panci tersebut.

Setiap model panci presto punya fitur yang berbeda. Demi pertimbangan keamanan dan untuk memastikan hasil yang maksimal, selalu baca petunjuk dari produsen sebelum mulai memasak dengan panci presto ini. Jika anda kehilangan buku petunjuk manualnya, hubungi produsen atau penjual dimana anda membeli panci tersebut.

Persiapan sebelum mulai memasak

Ada dua model panci presto :  pertama, panci presto model “jiggle top” dimana regulator tekanan berada di atas pipa lubang ventilasi yang ada pada tutup panci. Dan kedua, panci presto yang menggunakan system tertutup dengan katup pegas. Meski modelnya berbeda, tapi keduanya punya system operasi yang sama, yaitu panas akan menghasilkan uap dalam wadah tertutup yang suhunya melampaui titik didih sehingga memasak bisa lebih cepat.

Sebelum menggunakan panci presto, periksa dahulu alat tersebut dengan cermat. Panci harus bersih luar dan dalam, tak ada sisa bekas makanan atau kotoran di tepi panci maupun tutupnya. Sebaiknya panci jangan sampai ada lekukan dan penyok, ataupun kerusakan lain. Periksalah gasketnya. Gasket harus dalam kondisi baik, jangan sampai ada yang retak atau rapuh. Jika ada bagian karet yang rusak langsung ganti. Gasket harus pas dengan ukuran tutup.

Jika menggunakan model panci presto jiggle top, periksalah lubang ventilasi dan pastikan itu jelas terbuka. Pada panci presto model katup, coba gerakkan katup untuk memastikan ia bergerak bebas dan pastikan sekrup terpasang ketat.  

Memasukkan bahan makanan ke dalam panci presto

Sebelum mulai memasak pastikan panci presto sudah diisi air. Jumlah minimum air untuk model jiggle top adalah sekitar 1 gelas, sedangkan untuk model katup sekitar ½ gelas. Air sejumlah itu biasanya cukup untuk memasak sekitar 20 menit.

Namun kami sangat merekomendasikan dan menyarankan anda untuk melakukan test drive atau uji coba untuk menentukan jumlah air yang ideal bagi merek anda. Jika masakan anda membutuhkan waktu memasak yang lebih lama, tambahkan lebih banyak air.

Panci presto tidak boleh diisi lebih dari 2/3 total kapasitasnya. Ruang yang tersisa akan dibutuhkan untuk uap bertekanan nantinya. Jika anda memasak makanan yang menghasilkan buih, seperti kaldu misalnya, maka pengisian maksimum adalah ½ dari total kapasitas panci.

Jika menggunakan rak atau tatakan kaki tiga, maka masukan terlebih dahulu tatakannya, kemudian air, lalu letakkan makanan pada rak atau tatakan tersebut.

Waktu memasak pada panci presto

Jika tekanan telah tercapai, kecilkan api, karena yang diperlukan sekarang adalah mempertahankan tekanan tersebut jangan sampai lebih dan jangan pula kurang. Jika anda telah melakukan uji coba sebelumnya, maka tandailah settingan ini. Mulailah menghitung waktu memasak dari sini. Sesuaikan lamanya waktu memasak masing-masing jenis makanan berdasarkan grafik cooking time-nya.

Memasak dengan panci presto tidak boleh ditinggalkan. Jika waktunya kelewatan beberapa menit saja maka bisa membuat masakan anda jadi bubur lembek. Jauhkan panci dari sumber panas jika masakan telah selesai.

Cara melepaskan tekanan dari panci

Yang perlu diperhatikan adalah : Jangan membuka tutup panci sampai semua tekanan dari dalam panci selesai dilepaskan. Membuka tutup panci juga tidak boleh dipaksakan, karena boleh jadi itu artinya masih ada tekanan dari dalam.

Ada dua cara untuk melepaskan tekanan dari dalam panci :
Pertama, cara pelepasan alami. Setelah panci dijauhkan dari sumber panas, lalu biarkan saja. Ini adalah cara yang paling lama, waktu pelepasannya bisa mencapai 10 hingga 20 menit. Cara ini membuat makanan terus mendapatkan panas sambil perlahan-lahan melakukan pendinginan sampai benar-benar dingin. 

Kedua, cara pelepasan cepat. Sebagian panci presto generasi pertama ada yang sudah memiliki fitur ini, sedangkan pada panci presto model katup keluaran baru hampir semuanya sudah mengadopsi cara ini. Cara pelepasan cepat yaitu dengan terlebih dahulu membuka katup pengaman (dengan menekan katup seperti pada video cara memakai panci presto dibawah ini), sampai uap habis. Setelah itu barulah membuka tutup panci.

Video cara memakai panci presto dengan aman



Penutup : Gunakan selalu panci presto yang bagus dan berkualitas

Salah satu faktor yang berpengaruh pada hasil masakan maupun keamanan saat memasak presto adalah kondisi dari panci presto itu sendiri. Pastikan untuk selalu menggunakan panci presto yang kualitasnya bagus. Jangan tergiur menggunakan panci yang harganya murah tapi kualitasnya kurang bagus. Jika Anda membutuhkan panci presto yang bagus dan berkualitas, Silakan Klik Disini.

Itulah sekilas cara menggunakan panci presto dengan aman. Tulisan ini sifatnya umum. Agar lebih aman, selalu baca terlebih dulu brosur manual tentang cara pengoperasian panci presto yang anda beli. Karena, di pasaran terdapat banyak model, ukuran, fitur serta dikeluarkan oleh produsen yang berbeda pula. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menggunakan Panci Presto Dengan Aman"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *