Kelebihan dan Kekurangan Alat Masak Teflon

Alat masak teflon : kelebihan dan kekurangannya

Teflon adalah sebutan untuk peralatan memasak anti lengket (non stick cookware) yang sangat membantu proses memasak di dapur. Nama Teflon sebenarnya awalnya adalah nama sebuah merek dagang dari DuPont. Tapi saking terkenalnya, maka semua alat masak anti lengket sering disebut sebagai teflon.

Agar tidak salah pengertian, yang dimaksud teflon dalam tulisan ini adalah alat masak anti lengket, bukan merek. Ya ini seperti masyarakat sering menyebut “Kodak” untuk semua kamera, atau menyebut "Honda" untuk sepeda motor.

kelebihan dan kekurangan teflon

Teflon sangat populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hampir semua keluarga di perkotaan memiliki alat masak anti lengket ini. Entah panci, entah wajan dll. Dengan peralatan teflon memasak bisa jadi lebih mudah dan simpel. Banyak keuntungan atau kelebihan dari alat masak teflon ini.

Tapi yang namanya buatan manusia pasti ada kekurangannya. Begitupun teflon. Disamping segala kelebihannya, alat memasak ini juga punya kekurangan.

Dan dibawah ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan alat masak anti lengket – teflon :

Kelebihan teflon :

1.    Nyaman digunakan. Kelebihan utama peralatan masak ini adalah nyaman digunakan. Bobotnya ringan, handle-nya kuat, dan sangat mudah digunakan untuk memasak. Anda tak perlu khawatir karena makanan tidak akan menempel pada peralatan.
2.    Mudah dibersihkan. Setelah dingin guyur dengan air lalu usap dengan kain yang bersih, alat masak anti lengket ini sudah bersih kembali.
3.    Hanya perlu sedikit minyak atau tidak sama sekali. Pada peralatan aluminium atau stainless steel, telur mudah lengket. Memakai teflon, untuk menggoreng telur ceplok bahkan tidak perlu minyak sama sekali, kalaupun perlu jumlahnya sangat sedikit. Sehingga cocok untuk mereka yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Kekurangan teflon :

1.    Harganya lebih mahal. Soal harga sebenarnya relatif tergantung kualitas. Tapi secara umum dibandingkan peralatan memasak aluminium atau stainless steel, harga teflon relatif lebih mahal. Itu bisa dipahami mengingat proses manufaktur untuk pembuatannya lebih kompleks daripada besi cor, stainless steel atau aluminium.
2.    Berpotensi mengganggu kesehatan. Meskipun belum terbukti secara meyakinkan namun bahan anti lengket sering dianggap memiliki resiko terhadap kesehatan jika aus, lecet atau tergores, terkelupas atau dipanaskan pada suhu yang tinggi
3.    Umur pakainya pendek. Alat masak teflon tidak bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Setelah beberapa tahun pemakaian lapisan anti lengketnya akan mudah aus, tergores, atau mengelupas. Jika sudah demikian tidak ada jalan lain kecuali menggantinya dengan peralatan baru. Dibandingkan dengan stainless steel atau aluminium, umur pakai teflon lebih pendek.

Tips agar teflon awet dan tahan lama

Umur pakai yang pendek merupakan salah satu kekurangan alat masak anti lengket ini. Jika Anda membelinya hari ini maka dua – tiga tahun kemudian sebaiknya mengalokasikan budget untuk peralatan baru. Agar teflon lebih awet dan tahan lama maka perlu kehati-hatian dalam merawatnya.

Berikut adalah tips agar teflon awet dan tahan lama.

1.    Gunakan teflon pada suhu rendah. Jangan menggunakan teflon dengan nyala api yang besar atau suhu tinggi. Jika Anda perlu memasak dalam suhu yang tinggi, pakailah alat masak stainless steel atau aluminium.
2.    Jangan menggunakan panci teflon jika kosong, panci kosong bisa membuat suhu naik dengan cepat, setidaknya berilah sedikit mentega dan pemanasan awal pada suhu rendah.
3.    Jangan menggunakan pengaduk dari logam, pakailah yang terbuat dari kayu.
4.    Untuk membersihkan jangan pakai serabut kasar, pakai sponge lembut atau cukup kain basah.
   
Itulah tips seputar alat masak anti lengket atau teflon. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Alat Masak Teflon"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *