Tips Memasak Menggunakan Microwave Oven

Memasak dengan microwave oven lebih praktis 

Dunia semakin maju, penduduk makin banyak, dan hidup makin kompetitif. Semua orang inginnya serba cepat. Gaya hidup yang demikian berpengaruh pula ke dalam cara kaum hawa menyiapkan makanan. Misalnya, dari pada repot dan butuh waktu lama menyiapkan makan malam, maka beli saja makanan matang atau, kalau tidak, ya memasak dengan microwave oven karena lebih praktis.

memasak dengan microwave oven

Jaman sekarang jika tidak tau cara memasak dengan microwave oven seperti terasa aneh. Mengapa ? Sebab dengan menggunakan microwave maka proses memasak jadi lebih nyaman, bersih dan praktis. Misalnya untuk menyiapkan makanan, minuman atau pun membuat snack. Anda pun pasti tidak ingin bertahan dengan cara memasak yang ribet dan lama bukan ?

Namun tidak semua orang tau gimana sih cara atau kiat memasak menggunakan oven microwave yang benar ? Sehingga segala manfaat dan keuntungan dari peralatan ini belum maksimal.

Ketidaktahuan tersebut juga bisa membahayakan pemakainya. Padahal yang demikian itu tak perlu terjadi jika kita mau mempelajarinya.  

Agar manfaat dari alat ini bisa maksimal, serta terhindar dari hal yang tidak diinginkan, maka perlu diketahui cara memasak dengan microwave yang benar.

Berikut adalah tips memasak menggunakan microwave oven.

1.    Pertama-tama baca instruksi tentang peringatan keselamatan yang menyertai barang yang Anda terima. Instruksi tersebut sangat penting untuk dipahami.
2.    Colokkan kabel listrik ke stop kontak khusus, jangan dicampur atau ditumpuk dengan kabel peralatan lain.
3.    Taruh makanan dalam wadah tipe microwave safe. Atau gunakan wadah dari gelas atau keramik. Wadah jangan terbuat dari logam. 
4.    Taruh wadah makanan kedalam oven microwave, wadah sebaiknya diberi penutup agar makanan tidak muncrat.
5.    Tutup pintu microwave oven dengan benar. Jangan memulai memasak sebelum pintunya benar-benar tertutup.
6.    Atur waktu yang dibutuhkan sesuai resep masakan. Jika pengaturnya berbentuk dial, putar searah jarum jam sampai ke posisi waktu yang diinginkan. Jika pengaturnya berbentuk digital, masukkan angka waktu yang diinginkan (dalam hitungan menit), lalu tekan tombol “Cook” untuk mulai memasak.

Jangan mengatur waktunya melebihi yang disarankan. Jika makanan dalam bentuk beku lakukan defrost terlebih dahulu.
7.    Setelah matang makanan jangan langsung dikeluarkan. Beri sedikit jeda agar tidak terlalu panas. Penutup makanan juga jangan langsung dibuka, karena uapnya bisa sangat panas. Biarkan masakan mendingin secara perlahan agar panas lebih merata.

Selama memasak dengan oven microwave

Perhatikan hal berikut ini selama proses memasak.

1.    Jika makanan ditutupi selama memasak, sebaiknya penutup makanan sedikit dibuka untuk ventilasi uap panas.
2.    Jika mungkin potong makanan menjadi potongan-potongan kecil. Potongan kecil membuat waktu memasak jadi lebih singkat. Sebagian kalangan menyarankan agar potongan itu dibuat dalam bentuk dan ukuran yang relative sama agar penempatannya bisa maksimal.
3.    Sebelum memasak, gunakan garpu untuk menusuk makanan yang memiliki kulit. Seperti sosis, kentang atau hotdog. Untuk telur tusuklah bagian kuningnya dengan tusuk gigi. Gunanya agar tidak meletus atau muncrat.
4.    Agar panas lebih merata, makanan sebaiknya sering diaduk-aduk. Selain itu tempatkan makanan secara merata, jangan menumpuk pada satu tempat saja, misalnya ditengah.

Peringatan keselamatan

Microwave oven adalah peralatan masak yang menggunakan teknologi gelombang mikro untuk pemanasannya. Alat ini mampu memanaskan makanan tapi ia sendiri tidak menerima panas. Untuk pertimbangan keamanan dan keselamatan, sebelum atau selama memasak sebaiknya perhatikan hal-hal berikut :

1.    Jangan pernah menggunakan wadah yang terbuat dari metal, kecuali jika ada resep khusus yang mengharuskan hal seperti itu. Sebagaimana diketahui gelombang mikro tidak bisa melewati bahan yang terbuat dari metal, sehingga bisa merusak alat.
2.    Jangan mengoperasikan microwave jika dalam keadaan kosong. Ini juga bisa menimbulkan api.
3.    Jangan mengoperasikan oven microwave jika pintunya rusak atau tidak bisa menutup dengan aman.
4.    Jangan memanaskan air atau cairan lain melebihi waktu yang disarankan. Air dalam gelas atau mangkuk kelihatannya tidak berbahaya, tapi jika muncrat akan sangat panas.
5.    Pastikan setiap wadah : gelas, mangkuk atau piring memiliki label microwave safe.
6.    Jangan berdiri persis di depan microwave ketika alat itu sedang beroperasi, ambilah jarak sekitar 2 – 3 meter. Berdiri terlalu dekat bisa mengganggu kesehatan.
7.    Jika rusak, jangan pernah mencoba memperbaikinya sendiri. Microwave oven adalah alat yang kompleks dengan sirkuit yang rumit.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan microwave

Nggak ada alat yang sempurna. Memakai alat elektronik apapun pasti ada kekurangan atau kelebihannya, termasuk oven microwave.

Kelebihan menggunakan alat dapur ini adalah : teknik memasak yang ramah lingkungan, hemat waktu dan hemat energy, lebih praktis, dan mudah dibersihkan, serta makanan yang dimasak lebih terjaga nutrisi dan gizinya.

Sedangkan kekurangannya : rumah perlu daya listrik terpasang yang cukup besar untuk tarikan awal, jika ceroboh dalam penggunaan bisa membahayakan keselamatan.   

Kegunaan microwave selama bulan puasa

Bagi yang muslim, manfaat microwave sangat dirasakan pada bulan puasa Ramadhan, terutama saat  menyiapkan makanan sahur. Memasak makanan untuk sahur jadi lebih singkat dan praktis.

Biasanya makanan disiapkan saat malam sebelum tidur. Setelah itu makanan ditaruh di kulkas. Dan menjelang sahur makanan dihangatkan kembali dengan menggunakan microwave. Praktis dan mudah.

Kepraktisan dan kemudahan ditengah waktu sahur yang singkat adalah kelebihan utama yang tawarkan oleh alat dapur ini.

>>> Bingung cari microwave bagus harga murah? Jangan bingung, silakan klik disini.

Itulah tips singkat seputar memasak dengan menggunakan microwave oven. Semoga bermanfaat.

5 Responses to "Tips Memasak Menggunakan Microwave Oven "

Sandy Eggi said...

Wah menarik. Saya sudah 2 tahun memasak selalu pake microwave oven. Lebih sehat dan berat badan jadi turun :) Karena minyaknya minim sekali.

Slamet Riyadi said...

Betul mas, salah satu manfaat microwave adalah memasak jadi lebih sehat karena penggunaan minyak jadi berkurang.

darkz_necromencer said...

pernah dengar microwave merk eltima? apa kelebihannya?

Bharati Supramaniam said...

Boleh bake cake tak?

Anonymous said...

Macam mane nk setting untuk bakar cake

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *