Tips Memilih dan Membeli Water Dispenser

Memilih dan Membeli Water Dispenser

Water dispenser atau lebih sering disingkat dispenser merupakan peralatan dapur atau rumah tangga yang sangat berguna dan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Peralatan ini sangat memudahkan penyajian makanan atau minuman dengan cepat dan hemat waktu. Seperti menyeduh minuman kopi, teh, susu, sereal, bubur bayi, sup instant dan lain-lain.

membeli dan memilih dispenser
Heater atau pemanas adalah komponen utama dari sebuah dispenser. Heater berfungsi memanaskan air di tabung reservoir dan membutuhkan daya listrik sekitar 200 – 300 watt. Ada dua jenis dispenser yang populer di Indonesia : dispenser air panas dan normal (hot and normal water dispenser) dan dispenser air panas dan dingin (hot and cold water dispenser). Kebutuhan air untuk peralatan ini biasanya disuplai dari sebuah gallon air kemasan yang ditempatkan diatas unit.

Penggunaan dispenser sangat praktis dan pemasangannya tidak perlu instalasi khusus. Yang terpenting dalam memilih dan membeli dispenser adalah alat tersebut harus memenuhi standar kesehatan terutama pada reservoir air panas dan dingin. Standar kesehatan yang dimaksudkan dalam hal ini adalah : 

1.    Tangki penyimpanan air panas dan dingin terbuat dari 100 % stainless steel yang berfungsi menjaga suhu air, mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri serta anti karat.
2.    Selang penghubung menuju tangki menggunakan anti jamur dan anti bakteri.
3.    Menyediakan kran khusus untuk air suhu normal, sehingga tidak perlu mencampurkan air panas dan air dingin untuk mendapatkan air pada suhu normal.
4.    Sebaiknya memilih dispenser yang mampu memanaskan air hingga 86°C (bila perlu sampai 99°C), untuk membunuh kuman dan bakteri dalam air.    

Water dispenser merupakan alat yang senantiasa terhubung dengan listrik. Karena itu dalam memilih dispenser pertimbangkan juga hal-hal berikut :

1.    Low power, yaitu ditunjukkan dengan pemisahan distribusi air panas dan air dingin.
2.    Untuk dispenser yang menyatu dengan kulkas atau lemari es, pastikan ada dua thermostat agar pendinginan kulkas tidak terganggu.
3.    Tempat menaruh gelas cukup tinggi, sebaiknya minimal 20 cm, sehingga memudahkan saat mengisi air ke dalam gelas tersebut.
4.    Tombol On / Off disediaka terpisah untuk air panas dan air dingin.
5.    Untuk pemakaian rumah tangga sebaiknya dispenser dilengkapi dengan kunci pengaman (child lock), sehingga aman bagi anak-anak. 

Sebelum membeli dispenser pastikan Anda memilih merek yang memberikan layanan purna jual. Layanan ini biasanya tercantum pada kartu garansi yang menyebutkan call center dan service center untuk produk tersebut.

dispenser galon di bawah

Dispenser dengan posisi galon di bawah

Salah satu inovasi paling penting dari dispenser air minum adalah diciptakannya water dispenser dengan posisi galon di bawah unit (bottom loading dispenser). Kelebihan dispenser galon di bawah ini adalah, kita tidak perlu mengangkat galon air yang cukup berat. Melainkan hanya memasukan 2 selang (untuk aliran udara dan air) yang bersih dan sudah disediakan ke dalam gallon air, selanjutnya tutup rapat. Kemudian masukan gallon tersebut ke tempat yang telah tersedia di bawah unit dispenser.

Cara kerja dispenser galon di bawah adalah selang udara memompakan udara ke dalam gallon, dan selang air menyalurkan air yang terdesak dan memasukannya ke dalam unit dispenser. Cara kerjanya mirip dengan pompa galon manual. Kekurangan dispenser model galon dibawah adalah untuk memompakan udara / menyalurkan air diperlukan energi listrik. Sehingga jika tidak ada energi listrik alat ini tidak bekerja.

Video cara memasang dispenser galon bawah 

Memasang water dispenser galon bawah sangat mudah dan praktis. Dalam waktu kurang dari 30 menit Anda sudah dapat menikmati air dingin ataupun air panas dari dispenser Anda. Berikut video cara memasang galon pada dispenser galon bawah yang kami peroleh dari Youtube. Merk mungkin bisa berbeda tapi prinsip pemasangannya sama.


Beli dispenser air galon bawah di mana ?

Dispenser air galon bawah bisa dibeli di toko alat rumah tangga yang terpercaya, baik off line ataupun online. Jika Anda berminat membeli secara online SILAKAN KLIK DI SINI.

Itulah tips singkat memilih dan membeli dispenser air (water dispenser). Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Memilih dan Membeli Water Dispenser"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *