Tips Memilih Pisau Dapur Set Yang Bagus dan Terbaik

Pisau dapur set terbaik untuk pemula

Pisau dapur yang bagus dan berkualitas adalah modal utama seorang juru masak. Tidak peduli apakah Anda seorang koki handal ataukah sekedar “juru masak” pemula yang cuma menyalurkan hobby memasak di dapur. Enak dan tidak enaknya masakan akan banyak berkaitan dengan bagaimana cara pisau Anda mengiris, mengupas atau memotong bahan makanan. Dengan pisau dapur yang baik Anda akan lebih mudah dan lebih cepat dalam menyiapkan pekerjaan di dapur. Dan lebih mudah lagi jika Anda didukung satu set pisau dapur terbaik yang lengkap.

pisau dapur terbaik
Memilih pisau dapur set untuk seorang pemula bisa jadi bukan perkara mudah. Di pasaran dijual bermacam-macam pisau untuk di dapur, tapi banyaknya pilihan malah bisa membingungkan. Apalagi jika yang bersangkutan belum pernah membeli sebelumnya. Sehingga ia pun bingung menentukan prioritas. Ia harus menentukan mana pisau yang sangat diperlukan dan mana yang kurang diperlukan. Nah, berikut ini adalah tips memilih pisau dapur set untuk seorang pemula.

Pada dasarnya ada dua cara dalam memilih atau membeli pisau dapur set.

1.    Membeli satu set pisau dapur lengkap. Ini adalah cara paling mudah. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan pisau dapur dalam jumlah dan jenis tertentu lengkap dengan wadahnya. Jumlah dan jenisnya sudah fix, pembeli tidak bisa memilih jenis tertentu saja. Membeli pisau satu set lengkap cocok jika Anda sudah cukup paham dengan jenis pisau apa yang nantinya diperlukan.

2.    Jika Anda tidak yakin dengan apa kebutuhan alat potongnya, maka pakai cara kedua dengan membeli secara satuan. Caranya beli beberapa pisau yang sudah pasti digunakan bersama wadahnya. Namun wadah pisau itu masih menyisakan beberapa tempat kosong untuk diisi pisau jenis lain nanti. Dengan cara ini Anda akan menambahkan peralatan yang diperlukan nanti atau memadukan jumlah dan jenisnya sesuai kebutuhan.

Membeli pisau dengan cara ini cocok jika Anda tidak memfavoritkan satu merek tertentu, atau tidak yakin dengan kebutuhan dan kegunaannya.

Pertama, ketahui jenis dan bahan pembuat pisau dapur

Sebelum membeli atau memilih pisau dapur ketahui dahulu jenis-jenis pisau dan bahan pembuatannya. Ini penting agar kita mendapatkan pisau dapur set yang bagus sesuai kebutuhan serta tidak menyesal nantinya.

Jenis pisau dapur yang diperlukan

Sebenarnya terdapat banyak sekali jenis pisau untuk di dapur. Tapi untuk pemula mungkin belum semuanya  itu diperlukan. Ketika memilih atau membeli pisau, mulailah dari pisau yang paling diperlukan. Diantaranya adalah empat jenis pisau dapur berikut ini :

pisau koki - chef's knife
1.    Pisau koki (chef’s knife). Ukurannya sekitar, panjang 8 inchi dan lebar 1 ½  inchi. Pisau koki yang bagus akan menjadi pisau dapur terbaik yang pernah Anda beli. Pisau ini akan digunakan pada hampir semua pekerjaan di dapur seperti memotong atau mengiris sayuran, memotong daging dan lain-lain.

pisau pengupas - paring knife
2.    Pisau pengupas (paring knife). Bentuknya kecil mirip segi tiga. Panjangnya sekitar 4 inci. Jenis ini penting jika Anda memiliki pekerjaan yang rumit dan perlu ketelitian seperti mengupas tipis kulit buah dan sayuran, membelah jeruk, atau membersihkan udang.

pisau fillet - filleting knife
3.    Pisau fillet (filleting knife). Ukuran panjangnya sekitar 4 sampai 6 inci. Pisau ini sangat tajam, tipis dan fleksibel. Biasanya digunakan untuk memotong tipis-tipis daging unggas atau ikan yang tidak bertulang.    

pisau besar - cleaver
4.    Cleaver (pisau besar atau golok). Biasanya panjangnya 6 – 8 inci dan lebar 3 inci. Cleaver penting jika Anda memasak daging di rumah, sementara Anda merasa sayang jika menggunakan pisau koki yang cukup mahal akan sompel atau rusak tepiannya.

Setelah memiliki empat jenis pisau tersebut. anda mungkin bisa melengkapi dengan jenis pisau yang lain. Baca juga : Satu Set Pisau Dapur Vicenza Isi 10 Harga Dibawah Rp100 Ribu Mau ?

Bahan pembuat pisau

Selain jenisnya, ketahui juga bahan pembuatnya. Karena beda bahan beda pula sifat dan karakteristiknya. Misalnya soal ketajaman, daya tahan terhadap korosi dan cara merawatnya. Bahan pembuat pisau bermacam-macam misalnya dari baja, keramik dan plastik. Pisau yang bagus terbuat dari baja atau campuran baja, misalnya high carbon stainless steel. Pisau ini tajam tapi tidak berkarat. Pisau dapur yang bahannya hanya stainless steel mampu bertahan terhadap korosi tapi kurang tajam.

Sekarang ini pisau dengan campuran keramik juga lazim ditemui di pasaran. Pisau keramik sangat keras dan tahan terhadap korosi. Kelemahannya jika tidak ditangani dengan baik mudah pecah atau retak. Bagaimana dengan pisau plastik ? Pisau dari plastik sering dipakai untuk makanan yang tidak membutuhkan tepian yang sangat tajam. Umumnya digunakan pada buah dan sayuran lunak.

Kedua, mencoba pisau sebelum membeli

Satu set pisau dapur yang bagus biasanya harganya tidak murah. Karena itu sebelum membeli pisau, Anda disarankan untuk mendatangi toko peralatan memasak di daerah masing-masing. Dengan begitu Anda bisa mencobanya secara langsung, dan merasakan keseimbangan ataupun berat pisau tersebut. Dari situ Anda akan bisa menyimpulkan apakah alat tersebut cocok atau tidak.

Jika Anda merasa cocok dan harganya sebanding Anda boleh membelinya disana. Namun jika Anda ingin mendapatkan penawaran yang terbaik, Anda bisa membandingkannya secara online. Membandingkan secara online lebih praktis dari pada berjalan dari satu toko ke toko yang lain.
 

Ketiga, ketahui cara merawat dan membersihkannya

Pisau dapur set yang sudah dibeli harus dirawat dengan baik agar awet dan tahan lama. Bersihkan pisau setelah dipakai dan langsung dikeringkan. Jangan simpan peralatan tersebut dalam keadaan basah, karena bisa mendatangkan jamur dan bakteri. Jika dirasa perlu tak ada salahnya Anda membeli pengasah pisau, agar peralatan kebanggaan Anda selalu tajam dan siap digunakan.

Video contoh penggunaan pisau dapur set di YouTube


Untuk aneka pisau dapur set murah tapi bagus silakan KLIK DI SINI

Itulah tips singkat dalam memilih pisau dapur set yang bagus, semoga Anda segera mendapatkan pisau dapur terbaik seperti yang diharapkan. Jika Anda punya tips yang lain silakan bagikan di kolom komentar. 

0 Response to "Tips Memilih Pisau Dapur Set Yang Bagus dan Terbaik "

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *