Memilih Kulkas Freezer Atas Atau Freezer Bawah

Sekarang ini kulkas atau lemari es bukan sekedar alat untuk menyimpan sayuran, daging dan bahan makanan semata, tapi sudah menjadi elemen dekoratif yang bisa mempercantik dapur atau rumah kita. Kulkas yang stylish dengan fitur-fitur unggulan terbaru selalu muncul silih berganti. Semuanya menawarkan kelebihan masing-masing dalam keindahan, kemudahan dan  kenyamanan bagi pemiliknya.      

memilih kulkas freezer atas
Soal freezer misalnya, selain model freezer atas (top freezer) yang konvensional, di pasaran juga tersedia model freezer bawah (bottom freezer) serta model freezer samping. Setiap orang pasti punya preferensi yang berbeda-beda mengenai kompartemen pembeku pada kulkas ini. Jadi andaikata harus memilih kulkas, model freezer mana yang lebih sesuai untuk Anda ? 

Banyaknya pilihan kulkas tidak otomatis berarti memudahkan konsumen dalam memilih. Tidak jarang banyaknya pilihan justru membuat konsumen bingung menentukan pilihan terbaiknya. Tulisan ini adalah tentang memilih kulkas freezer atas atau freezer bawah. Pertimbangannya karena kedua model ini adalah yang paling populer di masyarakat kita. Tentang kulkas freezer samping akan ditulis pada bagian terpisah.


Perbandingan kulkas freezer atas dan freezer bawah

Freezer merupakan bagian tak terpisahkan dari sebuah kulkas atau lemari es. Karena fungsinya yang berbeda dengan bagian lemari es yang lain maka bagian pembeku ini ditempatkan secara khusus. Agar lebih mudah dalam memilih freezer yang sesuai, maka kita perlu mengetahui perbandingan antara kulkas top freezer dengan bottom freezer. Apa kelebihan dan kekurangan kulkas freezer atas dan apa pula kelebihan dan kekurangan kulkas freezer bawah. Dengan membandingkan beberapa aspek dari kedua model itu, maka kita akan memperoleh gambaran memadai dalam memilih kulkas dengan freezer seperti apa yang lebih sesuai untuk kita.

Pengertian freezer

Freezer dalam pengertian disini adalah bagian tak terpisahkan dari kulkas, dan bukan unit tersendiri, yang berfungsi untuk membekukan bahan makanan terutama daging atau ikan agar lebih tahan lama. Pengertian freezer kulkas disini untuk membedakan dengan unit freezer seperti yang dipakai para nelayan untuk membekukan hasil tangkapan ikan laut.

Fungsi freezer sebagai pembeku dalam sebuah lemari es membuatnya memiliki suhu yang lebih dingin dari bagian lemari es lainnya. Volumenya biasanya sekitar ¼ dari volume total lemari es yang bersangkutan. Kulkas dengan model top freezer lebih dahulu muncul, tapi sekarang model bottom freezer banyak tersedia pula di pasaran.   

Efisiensi energy

Banyak terjadi perdebatan soal mana kulkas yang lebih hemat energi antara top freezer atau bottom freezer. Kenyataannya jika melihat pada statistik dan angka-angka maka sesungguhnya perbedaannya tidaklah signifikan selama yang diperbandingkan itu sama-sama kulkas baru. Jika kulkas lama maka itu beda persoalan, karena kulkas lama cenderung lebih boros energi listrik.

Pada kelas yang sama, model top freezer sering dilaporkan lebih hemat energi dibandingkan bottom freezer. Namun bottom freezer sering memiliki total capacity yang lebih besar dari top freezer. Pada akhirnya dimana letak freezer itu ditempatkan kecil kaitannya dengan efisiensi energy. Jika pun ada angkanya tidak signifikan.

Faktor aksesibilitas

memilih kulkas freezer bawah
Aksesibilitas adalah seberapa mudah kita menjangkau semua bahan makanan yang kita tempatkan di dalam kulkas atau lemari es. Antara kulkas top freezer dan bottom freezer memiliki perbedaan aksesibilitas yang cukup besar. Ini bukan soal mana yang lebih baik diantara keduanya, tapi terutama berkaitan dengan kebiasaan dan preferensi setiap orang atau setiap keluarga yang berbeda-beda.

Jika Anda sering menyimpan atau mengambil bahan makanan dalam kompartemen pembeku, serta tidak ingin repot dengan kegiatan itu, maka memilih kulkas freezer atas rasanya lebih sesuai untuk Anda. Demikian pula jika karena kondisi fisik tertentu ada anggota keluarga yang kesulitan dalam membungkuk untuk mengambil makanan, maka freezer atas lebih cocok. Kekurangan kulkas top freezer adalah anak kecil sering kesulitan untuk mengakses makanan dalam bagian pembeku ini, misalnya untuk mengambil es krim. 

Model bottom freezer lebih disukai oleh mereka yang menginginkan kemudahan akses di bagian pendingin dari pada bagian pembeku. Alasan mereka adalah agar makanan lebih mudah dilihat dan dijangkau, karena sebagian besar makanan favorit disimpan dibagian pendingin dan bukan pada pembeku. Jika Anda seorang vegetarian yang lebih sering menyimpan buah dan sayuran ketimbang menyimpan daging atau ikan maka memilih kulkas freezer bawah lebih tepat.  

Begitu pula halnya jika kepala Anda sering “kepentok” saat membuka pintu freezer atas, maka model freezer bawah mungkin lebih cocok untuk Anda. Kelemahan kulkas ini Anda harus membungkuk untuk mengambil bahan makanan di freezer bawah. Selain itu bagi Anda yang tidak sabaran sering “tergoda” untuk menutup pintu freezer di bawah dengan kaki. Jebret !

Faktor kenyamanan      

Kenyataannya orang lebih banyak mengakses makanan nonbeku dari pada makanan beku. Jadi makanan yang paling sering digunakan yaitu nonbeku sebaiknya diletakkan pada posisi yang paling mudah dilihat oleh mata dan mudah dijangkau oleh tangan. Sebaliknya makanan yang jarang digunakan diletakkan pada posisi yang paling sulit dijangkau. Bagian yang paling sulit dijangkau pada sebuah lemari es adalah bagian paling bawah, karena Anda harus membungkuk untuk meletakkan atau mengambil makanan.

Jika Anda termasuk orang yang sering mengakses makanan nonbeku seperti gambaran diatas, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk memilih kulkas freezer bawah. Sebaliknya jika Anda sering mengakses makanan beku maka kulkas freezer atas lebih sesuai. Memilih model freezer kulkas yang tepat sangat berkaitan dengan kenyamanan Anda. Bukankah tidak ada hal lain yang lebih membuat kita nyaman selain mengikuti kebutuhan dan kebiasaan kita sendiri ?

Faktor harga

Sebagai model yang muncul lebih awal, maka kulkas top freezer sering memiliki harga yang lebih murah dari pada kulkas bottom freezer. Tapi sejatinya soal harga lemari es sangat relative dan tergantung banyak hal misalnya pembuatan, model, bahan, fitur, warna dan lain-lain. Soalnya kulkas top freezer kelas high end banyak pula yang harganya mahal.

Akhirnya, last but not least, jika hendak memilih kulkas antara top freezer atau bottom freezer, fokuslah pada gaya, kemudahan aksesibilitas serta konfigurasi yang sesuai dengan dapur Anda secara keseluruhan. Perbedaan soal harga dan efisiensi energi diantara kedua model freezer kulkas itu ternyata tidak cukup signifikan untuk dijadikan patokan.

1 Response to "Memilih Kulkas Freezer Atas Atau Freezer Bawah "

Bayu said...

Artikel yang sangat bagus gan. Saya jadi lebih bisa menentukan makanan apa yang lebih cocok ditaro difreezer atas atau freezer bawah. Thx.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *