Bagaimana Memilih Kulkas 1 Pintu atau Kulkas 2 Pintu ?

Memilih Kulkas 1 Pintu atau Kulkas 2 Pintu ?

Kulkas atau lemari es merupakan peralatan rumah tangga yang dibeli untuk keperluan jangka panjang. Biasanya usia pakai alat pendingin ini mencapai lebih dari 10 tahun. Sebelum membeli kulkas kita harus mempertimbangkan beberapa aspek agar barang yang kita beli benar-benar bermanfaat dan tidak ada penyesalan akibat salah dalam memilih. Salah satu yang harus diputuskan sebelum membeli lemari es adalah apakah kita akan memilih kulkas 1 pintu ataukah kulkas 2 pintu.  

kulkas 1 pintu atau kulkas 2 pintu
Kulkas model 1 pintu ataupun 2 pintu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Baik secara fisik bagi pengguna ataupun bagi penempatan alat tersebut di dapur atau di ruangan. Karena itu kita perlu mengetahui perbandingan antara kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu. Kira-kira mana diantara kedua model lemari es itu yang paling sesuai untuk rumah kita.

Sebelum memilih kulkas, kita harus mempertimbangkan kenyamanan seluruh anggota keluarga selaku pengguna. Buat apa capek-capek memilih lemari es tertentu jika kenyamanan keluarga diabaikan. Jadi, mana kulkas yang paling membuat nyaman keluarga itulah nanti yang dipilih. Selain kenyamanan pertimbangkan pula masalah harga, volume (capacity) dan kemudahan jangkauan (accessibility).  

Pengertian seputar kulkas dan pintu kulkas

Kadang-kadang orang punya pendapat berbeda-beda tentang pengertian apa itu kulkas. Sebagian orang ada yang menganggap kompartemen pembeku (freezer) termasuk bagian dari kulkas. Sementara yang lain menganggap bahwa yang dimaksud kulkas hanyalah bagian pendinginnya (cooler) saja.

Dalam bahasan ini, freezer adalah termasuk bagian dari kulkas yang memiliki suhu lebih dingin dan dimaksudkan sebagai tempat menyimpan makanan dalam waktu lebih lama. Sementara cooler adalah bagian dari kulkas untuk menyimpan makanan dalam jangka pendek dan suhunya tidak sedingin freezer.

Selanjutnya, orang juga sering berbeda pengertian tentang jumlah pintu kulkas. Sebagian orang tidak menganggap pintu freezer sebagai pintu tersendiri. Jadi jika ada lemari es dengan satu pintu atas dan satu pintu bawah dengan salah satunya sebagai freezer, maka menurut pengertian ini akan dikelompokkan sebagai kulkas 1 pintu.

Pada sisi lain, jika orang bicara tentang kulkas 2 pintu maka sering kali yang jadi modelnya adalah lemari es dengan tiga pintu yaitu dua pintu untuk kompartemen pendingin dan satu pintu untuk kompartemen pembeku. Atau dua kompartemen pendingin serta satu atau dua laci sebagai pengganti pintu freezer.

Kulkas 2 pintu untuk keperluan showcase barang dagangan bentuknya beda lagi, karena pintunya berbentuk pintu geser yang saling berdampingan dan terbuat dari kaca tembus pandang. Lemari es seperti ini biasa kita temukan di super market sebagai tempat menjajakan ice cream, sosis atau chicken nugget. Atau bisa juga pintunya terdiri dari satu pintu depan dan satu pintu belakang. Untuk model terakhir ini pembeli akan mengambil barang dari pintu depan, sementara penjual memasukkan barang dari pintu belakang. 

Dalam realitas sehari-hari pengertian-pengertian tersebut mungkin tidak terlalu penting. Namun untuk keperluan jual beli kulkas, harus ada kesepahaman antara penjual dan pembeli mengenai pengertian-pengertian seputar kulkas tersebut. Jangan sampai apa yang dimaksud pembeli berbeda dengan apa yang dimaksud oleh penjual. 

Di masyarakat kita kulkas 2 pintu lebih sering merujuk pada model freezer atas atau freezer bawah (lihat tulisan tentang kulkas top freezer dan bottom freezer). Sedangkan lemari es dengan 2 pintu pendingin yang saling berdampingan lebih sering disebut sebagai kulkas side by side.  

Simak juga : Memilih Kulkas Freezer Atas Atau Freezer Bawah
Serta baca : Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Side by Side

Kulkas 1 pintu

Kulkas 1 pintu merupakan model yang pertama kali muncul di pasaran, dan masih tetap diproduksi sampai sekarang. Lemari es ini bisa memiliki pegangan pintu (handle) disebelah kiri ataupun disebelah kanan. Kulkas dengan handle disebelah kiri cocok jika alat ini mau ditempatkan merapat pada dinding sebelah kanan. Karena jika pintu dibuka, maka ayunan pintu tidak akan menghalangi jalan pengguna. Atau jika mayoritas keluarga Anda beraktifitas dengan tangan kanan, maka model dengan handle disebelah kiri lebih cocok.

Sebaliknya jika penempatannya direncanakan di dekat dinding sebela kiri, maka handle kanan lebih cocok. Kulkas dengan handle kanan juga sesuai jika anggota keluarga Anda banyak yang beraktifitas dengan tangan kiri atau kidal.

Pada kulkas 1 pintu, kompartemen freezer biasanya terletak di bagian atas atau bagian bawah. Ukurannya tidak terlalu besar sehingga kapasitasnya juga terbatas. Lemari es 1 pintu cocok untuk keluarga kecil.

Kulkas 2 pintu

Seperti sudah disinggung dimuka bahwa di masyarakat kita kulkas 2 pintu sering diidentikan dengan kulkas freezer atas atau freezer bawah, dengan pintu freezer tersendiri atau terpisah. Kelebihan lemari es 2 pintu ini adalah memiliki kapasitas cooler dan freezer yang lebih besar dibandingkan kulkas 1 pintu, sehingga menyimpan makanan juga lebih leluasa. Secara umum lemari es 2 pintu punya ukuran lebih besar dari model pintu tunggal.

Kekurangannya, kulkas 2 pintu membutuhkan energi listrik lebih besar daripada kulkas 1 pintu, perlu space lebih besar di dapur, dan harganya lebih mahal. Lemari es 2 pintu cocok untuk keluarga sedang.

Tempat mencari dan memilih kulkas

Setelah mendapatkan gambaran tentang kulkas atau lemari es mana yang lebih cocok untuk keluarga Anda : apakah kulkas 1 pintu ataukah kulkas 2 pintu, selanjutnya tinggal mencari dan memilih lemari es tersebut. Setiap orang punya preferensi tersendiri tentang dimana mencari dan memilih kulkas yang disukainya. Ada yang lebih suka di toko elektronik, department store, pameran alat rumah tangga, toko online dan lain-lain.    

Dimanapun tempat pilihan Anda, pertimbangkan untuk selalu membandingkan harga dan spesifikasi antara kulkas yang satu dengan yang lain, sampai Anda memperoleh “bekal pengetahuan” yang memadai mengenai produk lemari es yang diincar. Jangan sampai terjadi Anda memasuki sebuah toko dengan tanpa pengetahuan apapun mengenai apa yang akan dibeli.      

0 Response to "Bagaimana Memilih Kulkas 1 Pintu atau Kulkas 2 Pintu ?"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *