Tips Maintenance Agar Kulkas Awet dan Tahan Lama

6 Hal supaya kulkas lebih awet, lebih tahan lama

Semua orang pasti ingin agar kulkas atau lemari es milik mereka tetap awet dan tahan lama. Maklumlah kulkas merupakan alat rumah tangga yang dimaksudkan untuk pemakaian jangka panjang. Rata-rata usia pakai kulkas adalah diatas 10 tahun, pasti sangat merepotkan jika lemari pendingin mereka sering rusak dan harus bolak-balik datang ke tempat service kulkas.

agar kulkas awet

Sayangnya tidak semua orang mengerti cara me-maintenance agar kulkas awet serta tahan lama. Sehingga usia pakai lemari es yang seharusnya diatas 10 tahun jadi lebih singkat dan mereka pun harus mengganti dan membeli kulkas baru. Tentu ini sebuah pemborosan yang semestinya tidak perlu terjadi.  

Merawat kulkas dan menggunakannya secara benar merupakan kunci supaya alat rumah tangga tersebut tetap awet dan berfungsi dengan baik dalam jangka panjang. Nah berikut ini adalah tips maintenance agar kulkas awet dan lebih tahan lama.

1.    Karet pintu harus tetap rapat. Karet pintu yang longgar akan membuat udara dingin dari dalam kulkas mengalir keluar. Tentu saja ini membuang-buang energi dan kulkas harus bekerja lebih keras untuk membuat suhu di dalam tetap dingin. Untuk memeriksa dan menjaga karet pintu tetap rapat cukup mudah. Caranya pastikan seal pintu bebas dari sisa makanan atau kotoran. Bersihkan dengan menggunakan sikat lembut dan larutan baking soda dan air. 

Lakukan tes dengan menggunakan selembar uang 5 ribu rupiah (atau berapa saja nominalnya terserah Anda). Tempatkan atau jepit uang tersebut diantara unit dengan pintu kulkas. Kemudian tutup sehingga separuh uang itu ada di dalam dan separuhnya lagi ada di luar. Tarik perlahan. Jika uang itu bisa ditarik dengan mudah berarti karet atau seal pintu lemari es tersebut sudah longgar. Supaya lemari es hemat listrik dan hemat energi, sebaiknya ganti karet atau seal pintu yang sudah longgar itu dengan yang baru.      

2.    Kumparan (koil) harus tetap bersih. Jika kumparan kondensor banyak ditutupi debu, maka kulkas tidak dapat bekerja dengan efisien. Kulkas seperti tidak mau dingin dan lain-lain. Setiap 6 bulan sekali periksa dan bersihkan kumparan tersebut. Cabut kabel listrik dari stop kontak, tarik lemari es itu dan lihat bagian kumparan yang biasanya ada di bagian belakang bawah. Bersihkan dengan sikat pembersih koil dan sedot debu yang menempel dengan vacuum.  

3.    Setel kulkas pada suhu yang tepat. Setel bagian pendingin kulkas pada suhu ≤ 5° C dan bagian freezer pada suhu ≤ -18° C. Suhu yang tepat membuat kulkas lebih efisien dan lebih awet. 

4.    Kulkas harus diisi, jangan biarkan kosong. Lemari es membutuhkan apa yang disebut sebagai “massa thermal” untuk menjaga agar suhu tetap dingin. Jika Anda tidak pernah memasak, sering makan diluar, atau kulkas tersebut terlalu besar untuk kebutuhan Anda, maka isilah lemari es tersebut dengan beberapa botol air sebagai media untuk menyerap suhu panas jika lemari es tersebut di buka. Intinya jangan biarkan kulkas dalam keadaan kosong. 

5.    Pada sisi lain kulkas juga tidak boleh diisi secara berlebihan (overstock), dan penempatan makanan diatur sedemikiann rupa sehingga ada jalur untuk sirkulasi dan pemerataan suhu dingin.

6.    Lakukan pencairan bunga es dan bersihkan kulkas secara teratur. Bunga es yang sudah menumpuk dalam freezer akan membuat kapasitas freezer makin sempit dan kinerjanya makin berkurang.

Itulah sedikit tips maintenance atau perawatan agar kulkas awet serta tahan lebih lama. Jika Anda punya tips yang lain jangan lupa untuk berbagi pada kami.

0 Response to "Tips Maintenance Agar Kulkas Awet dan Tahan Lama "

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *