4 Cara Memilih Kulkas Terbaik dan Tepat

Semua orang ingin kulkas atau lemari es yang terbaik, tapi banyak yang tidak tau bagaimana cara memilih yang terbaik diantara sekian banyak jenis dan merk yang ada di pasaran. Kulkas atau lemari es merupakan komoditi panas yang selalu berinovasi dalam style, fitur dan daya simpan.

Tidak sedikit konsumen yang bingung bagaimana memilih kulkas yang tepat untuk mereka. Tanpa referensi yang memadai, tidak jarang lemari es yang sudah mereka beli kadang-kadang berusaha dikembalikan karena tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan.
     
lemari es / kulkas terbaik

Tidak mudah mengembalikan barang yang sudah dibeli dan dibawa ke rumah. Toko penjual akan menunjukkan catatan kecil yang biasa ada pada bon pembelian. Yaitu bahwa barang yang sudah dibeli tidak bisa ditukar dan dikembalikan. Jika konsumen itu bukan pelanggan setia toko tersebut dan kenal baik dengan pemilik toko, maka keinginan untuk mengembalikan atau menukar lemari pendingin itu dengan tipe lain akan sulit terlaksana.

Agar tidak menemui pengalaman buruk seperti gambaran diatas, maka persiapkan diri dengan referensi seputar cara memilih kulkas yang tepat.

Uraian berikut semoga bisa membantu Anda dalam memilih kulkas terbaik yang sesuai dengan keinginan. 

Memilih kulkas yang tepat dan terbaik

1.    Ukur. Lalu ukur lagi. Alasan nomor satu lemari es dikembalikan dan ingin ditukar adalah ketidak sesuaian antara space yang tersedia di dapur dengan ukuran dimensi barang. Karena itu sebelum membeli, ukur dulu space di dapur yang akan menjadi tempat kulkas itu ditaruh, lalu ukur pula dimensi panjang dan lebar kulkas yang diinginkan, dan tambahkan sekitar 10 cm sebagai jarak atau ruang kosong dengan dinding.

Selain itu ukur kebutuhan space untuk ayunan daun pintu, agar lemari es itu cukup leluasa untuk dibuka dan ditutup. Jika space untuk ayunan pintu terbatas, pertimbangkan model lemari es dengan pintu reversible, misalnya kulkas side by side.

2.    Konfigurasi yang tepat. Yakni dalam perbandingan kapasitas antara kompartemen pendingin (fridge) dan pembeku (freezer) maupun dalam tata letaknya. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda dalam hal membeli atau memasak makanan. Jika Anda sering membeli daging dan ikan untuk dimasak, maka Anda perlu kompartemen freezer yang luas. Sebaliknya jika Anda seorang vegetarian yang lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, maka Anda perlu kulkas dengan pendingin lebih luas.

Perbedaan dalam kebiasaan itu berpengaruh pada pilihan tata letak antara bagian fridge dan freezer. Pilihan yang tersedia antara lain top freezer, bottom freezer, side by side, French door dan lain-lain. Mengetahui konfigurasi yang tepat sesuai kebutuhan akan memudahkan dalam menemukan lemari es yang terbaik.

3.    Kulkas hemat energi. Yang punya label atau kualifikasi EnergyStar lebih hemat listrik sekitar 20% daripada lemari es biasa. Kulkas yang hemat energi lebih menguntungkan dalam jangka panjang.

4.    Fitur yang inovatif. Kulkas merupakan peralatan rumah tangga yang sangat agresif dalam berinovasi. Setiap tahun selalu keluar model baru dengan fitur yang makin membuat nyaman konsumen. Jika Anda tipe konsumen yang betah berlama-lama di dapur, sekarang sudah tersedia smart refrigerator yang integrated dengan gadget seperti smartphone dan perangkat visual seperti televisi. 

Video cara memilih kulkas di YouTube



Merk kulkas terbaik 2013 

Sepanjang tahun 2013 kemarin situs consumerreports.org merilis lima kulkas terbaik tahun 2013 versi mereka yaitu : Samsung T9000 RF32FMQDBSR, Samsung RF31FMESBSR, GE Cafe CFE29TSDSS, Kenmore Elite 7206, dan Haier HT21TS45SW.

Memilih lemari es yang tepat banyak dipengaruhi oleh kebutuhan dan selera individu. Kulkas yang terbaik menurut seseorang, belum tentu juga terbaik menurut orang lain. Jadi, ketahui dahulu apa kebutuhan dan selera masing-masing. Setelah itu silakan berburu kulkas di toko mana saja.    

0 Response to "4 Cara Memilih Kulkas Terbaik dan Tepat "

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *