6 Hal Sebelum Membeli Penyedot Asap Dapur

penyedot asap dapur
Tulisan ini adalah sequel dari tulisan sebelumnya tentang alat penghisap asap dapur  (cooker hood). Penghisap atau penyedot asap dapur merupakan peralatan yang harus ada pada dapur modern yang sehat. Sulit untuk membayangkan satu konsep dapur yang berkualitas jika tanpa alat penyedot asap yang ramah lingkungan itu.        

Tentang bagaimana kita memilih alat tersebut sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Sekarang tiba saatnya untuk membeli alat penyedot udara kotor yang akan membuat udara di dapur lebih segar dan sehat. Sebelum Anda pergi ke toko peralatan dapur untuk membeli alat penghisap asap, ada 6 hal tambahan yang perlu diketahui. Ke-enam hal tersebut merupakan tinjauan lebih mendalam agar cooker hood yang Anda beli benar-benar merupakan alat penyedot asap yang tepat untuk dapur Anda. Sehingga Anda tidak salah dalam membeli dan tidak ada penyesalan dikemudian hari.

Pertimbangan sebelum membeli cooker hood

Membeli penyedot asap dapur sebaiknya dilakukan sendiri atau menyerahkannya pada seseorang yang mengetahui seluk beluk alat tersebut. Pertimbangkan hal-hal berikut sebelum melakukan kesepakatan pembelian dengan pemilik toko.

1.    Ekstraksi atau daya sedot. Jika Anda hobi memasak, menumis atau menggoreng, maka sebaiknya membeli alat hisap dengan tingkat ekstraksi atau daya sedot yang kuat. Kekuatan ekstraksi cooker hood diukur dalam satuan m³/jam. Semakin tinggi tingkat ekstraksi maka semakin kuat daya sedotnya. Untuk kegiatan memasak dengan intensitas sedang, disarankan menggunakan penyedot asap dengan kekuatan 700 m³/jam. Jika intensitas memasaknya lebih tinggi atau menghasilkan asap, uap dan bau lebih banyak maka perlu daya hisap yang lebih kuat. Beberapa jenis hood memiliki dua motor penggerak untuk menambah daya hisap. 

2.    Gaya atau style. Desain cooker hood yang bagus adalah yang sesuai dengan gaya atau style dapur Anda. Sehingga keduanya bisa menyatu dalam satu bentuk yang estetik dan padu. Canopy hood dan chimney hood yang tradisional sering dipilih untuk dapur bergaya country. Sedangkan glass hood sering dianggap cocok dengan style dapur modern. Pilih penghisap asap yang paling sesuai dengan gaya dapur masing-masing.

3.    Ukuran. Ukuran alat penyedot harus sama dengan ukuran kompor. Akan terlihat janggal jika ukuran keduanya tidak sama. Jika hood-nya kekecilan maka asap dan bau yang disedot tidak maksimal, dan jika terlalu besar secara visual akan terlihat aneh.

4.    Noise atau tingkat kebisingan. Tingkat kebisingan cooker hood diukur dalam satuan desibel atau dB. Semakin rendah angka desibel artinya makin sedikit noise. Sebagai gambaran tingkat kebisingan dua orang yang sedang mengobrol adalah sekitar 60 dB. Oleh sebab itu, alat penyedot asap yang bagus idealnya memiliki angka decibel dibawah 60 dB. Jadi Anda tidak perlu berteriak-teriak saat berbicara dengan seseorang di area dapur.

5.    Pertimbangkan bentuk lengkung. Kebanyakan cooker hood berbentuk datar, namun sesungguhnya ada pula hood yang bentuk bawahnya lengkung. Jika Anda seorang koki yang tinggi, pertimbangkan memilih bentuk hood yang lengkung. Sehingga kepala Anda tidak kepentok alat tersebut.

6.    Advanced sensor control. Kadang-kadang karena asyiknya memasak kita jadi lupa menyalakan hood. Jika Anda termasuk orang yang sering lupa menyalakan penyedot asap saat memasak, maka pilih hood dengan fitur advanced censor control. Fitur ini akan menyalakan hood secara otomatis jika alat hisap itu mendeteksi adanya asap atau uap.

Baca juga : 3 Penghisap Asap Dapur Harga Murah Yang Layak Anda Miliki.

Membeli cooker hood dari toko online

Cooker hood biasanya dijual di toko alat dapur atau toko alat rumah tangga, baik toko off-line maupun toko online. Masing-masing toko punya kelebihan dan kekurangan, tapi dari segi harga relatif sama. Di kota-kota besar, membeli secara online semakin digemari karena lebih praktis, hemat waktu, hemat tenaga, dan hemat “bensin”.

Jika Anda membutuhkan alat penyedot asap dapur yang bagus dan berkualitas, belilah hanya dari toko yang terpercaya. Silakan Klik Disini.     

Itulah pertimbangan lebih mendalam sebelum membeli alat penyedot asap dapur. Semoga udara di dapur kebanggaan Anda lebih sehat dan segar.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *