Tips Agar Cooker Hood Bersih, Efisien dan Tidak Berisik

Setelah membeli cooker hood dan menginstalnya di dapur, sekarang tinggal mengoperasikan alat penghisap asap tersebut dengan sebaik-baiknya. Termasuk dalam hal ini adalah merawat dan selalu menjaga performa alat penyedot asap tersebut agar tidak berisik dan lebih efisien sehingga dapur bebas dari asap, bau dan udara kotor lainnya.

cooker hood yang bagus dan efisien

Agar cooker hood bersih, tidak berisik dan efisien 

Jika Anda ingin alat penghisap yang Anda beli itu bekerja dalam performa terbaik, maka tak ada jalan lain kecuali Anda harus mengoperasikannya dengan benar dan rajin membersihkan alat dapur tersebut. Nah, dibawah ini adalah tips agar cooker hood tidak berisik dan bekerja secara efisien sehingga udara di dapur tetap sehat dan segar.  

1.    Nyalakan cooker hood sebelum memasak. Sebelum menyalakan kompor, sebaiknya nyalakan dulu penghisap asap dapur itu pada level kecepatan terendah. Pada level tersebut udara di dapur akan mulai bergerak perlahan. Ketika Anda mulai memasak, udara mengalir semakin stabil sehingga Anda tidak perlu menaikkan level kecepatan secara drastis. Proses pengoperasian yang perlahan dan bertahap ini akan membuat kap mesin tetap bagus dan tidak berisik.

2.    Bersihkan filter grease secara teratur. Fungsi filter grease adalah menyaring dan “menangkap” lemak yang bercampur dengan asap. Letak filter tersebut ada di bagian bawah kap alat penyedot asap itu. Lemak yang menumpuk lama kelamaan akan menutupi lubang filter dan harus dibersihkan. Biasanya filter grease bisa dibersihkan di mesin pencuci piring, tapi pada merek hood tertentu mungkin ada pengecualian. Untuk lebih jelasnya silakan baca buku petunjuk cara menggunakan dan membersihkan cooker hood yang biasanya disertakan saat pembelian.       

3.    Ganti filter arang (charcoal filters) secara teratur. Filter arang terdapat pada cooker hood yang bekerja dengan cara re-sirkulasi udara alias tidak punya saluran pembuangan keluar. Letak filter arang ada dibelakang filter grease dan biasanya disematkan pada motor penggerak hood tersebut. Silakan baca lagi buku petunjuk pengoperasiannya untuk mengetahui tata cara mengganti filter arang secara teratur. Jika penghisap asap milik Anda adalah tipe ekstraksi, maka Anda tidak perlu repot-repot untuk mengganti filter ini.

4.    Biarkan cooker hood menyala beberapa saat usai memasak. Setelah Anda selesai memasak sebaiknya tetap nyalakan alat penyedot asap ini untuk beberapa saat. Tujuannya agar semua asap dan bau benar-benar hilang dari area dapur. Pada model cooker hood tertentu terdapat fitur timer otomatis yang akan mematikan peralatan setelah jangka waktu yang ditentukan. Selain itu ada pula fitur advanced sensor control yang secara otomatis akan mematikan alat penghisap ini begitu terdeteksi sudah tidak ada asap di area dapur.

Selain itu efisien dan tidaknya kinerja cooker hood banyak dipengaruhi oleh kesesuaian antara daya hisap alat tersebut dengan luas area dapur dan intensitas memasak.

Step by step cara membersihkan penghisap asap dapur

Jika kita sering menggunakan kompor maka kita juga harus rajin membersihkan penghisap asap yang kita miliki. Sebab lama-kelamaan alat hisap tersebut akan kotor oleh debu atau lemak yang menempel. Dibawah ini adalah step by step cara mudah membersihkan penghisap asap dapur.

1. Pastikan saklar dalam keadaan mati (OFF), bila perlu cabut kabel listriknya dari stop kontak.

2. Gunakan kain lembut dan lembab untuk membersihkan seluruh body penyedot asap tersebut sampai bersih.

3. Lepaskan penutup cooker hood, lalu rendam dalam air hangat campur sabun selama 15 menit. Sikat sampai bersih, kemudian keringkan.

4. Lepaskan filter karbon, bersihkan dengan kain kering atau kuas halus, bila perlu jemur hingga kelihatan kering.

5. Setelah semua bersih dan kering, pasang kembali filter karbon dan penutup cooker hood

Itulah beberapa tips agar alat penghisap asap yang kita miliki bersih, tidak berisik dan bekerja lebih efisien. Semakin efisien penyedot asap ini bekerja, maka udara di sekitar dapur Anda akan semakin sehat dan segar. 

Ada yang punya tips tambahan ? Silakan share pada kami.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *