Perbedaan Panci Presto Listrik dan Panci Presto Biasa

Beda Panci Presto Biasa dan Panci Presto Listrik

Panci presto listrik (electric pressure cooker) adalah alat masak presto yang menggunakan tenaga listrik sebagai sumber panasnya, dan bukan panas dari kompor seperti halnya panci presto biasa (stove top pressure cooker). Mungkin ada diantara kita yang bingung untuk menentukan mana panci presto terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan kita. Apakah panci presto model stove top ataukah panci presto elektrik ?

Ada beberapa perbedaan antara panci presto listrik dan panci preso biasa. Untuk memudahkan ilustrasi dan membedakan antara panci presto yang biasa dengan panci presto elektrik, berikut ini gambaran umum kedua panci tersebut adalah seperti dibawah ini. Gambar secara spesifik dari masing-masing merk panci presto sangat mungkin berbeda antara satu merk panci dengan merk yang lain.
Panci presto biasa (stove top pressure cooker)
Panci presto listrik (electric pressure cooker)
panci presto biasa

panci presto listrik

detail panci presto biasa

detail panci presto listrik


Selanjutnya beberapa perbedaan penting antara panci presto elektrik dan panci presto yang biasa adalah sebagai berikut :

Panci presto biasa
Panci presto listrik
Sumber panas
Kompor gas, kompor listrik, kompor induksi
Arus listrik yang bisa dihidupkan dan dimatikan secara otomatis
Bahan dan daya tahan
Terbuat dari aluminium atau stainless steel. Panci presto stainless steel sangat tahan lama, asalkan gasket dan beberapa komponen yang terbuat dari karet rajin diganti jika rusak.
Bagian luar terbuat dari plastik tahan panas. Bagian dalam aluminium dengan lapisan anti lengket (non stick). Jangan menggunakan peralatan yang runcing, misalnya pengaduk atau spatula dari logam, yang bisa menggores lapisan anti lengket. Pada model baru inner pot-nya dilaporkan ada yang menggunakan stainless steel.
Timer dan program memasak
Sebagian besar tidak memiliki timer yang terintegrasi ataupun program memasak. Untuk mengetahui waktu memasak perlu dihitung secara tersendiri.
Memiliki timer yang terintegrasi, setelah mencapai tekanan yang diatur, timer mulai menghitung mundur secara otomatis
Multi fungsi
Dapat digunakan seperti layaknya panci biasa, tanpa menggunakan tutup, misalnya untuk membuat sup
Tidak bisa digunakan sebagai panci biasa tanpa menggunakan tutup
Garansi
Waktu garansi biasanya lebih lama
Waktu garansi biasanya lebih pendek
Walaupun memiliki banyak perbedaan, namun memasak menggunakan panci presto yang manapun,  memiliki banyak keuntungan. Seperti misalnya lebih hemat energi, hemat waktu serta hasil masakan yang lebih terjaga kandungan gizi maupun nutrisinya.

>>> Cek harga panci presto terbaru, klik disini.

Itulah beberapa perbedaan antara panci presto listrik dengan panci presto biasa. Jika Anda memiliki perbedaan yang lain, jangan sungkan untuk menambahkan.

0 Response to "Perbedaan Panci Presto Listrik dan Panci Presto Biasa "

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *