Agar Makanan di Kulkas Tetap Segar Tahan lama

Gunakan kulkas dengan benar agar makanan lebih segar tahan lama

Setiap orang pasti ingin agar makanan yang disimpannya di kulkas tetap segar dan tahan lama. Tapi, mungkin Anda pernah menemui pengalaman buruk yang seperti ini, yaitu beberapa bahan makanan yang disimpan di kulkas baunya campur aduk tidak karuan, atau sayuran di kulkas layu lebih cepat dari yang diperkirakan, atau terpaksa membuang bahan makanan dari lemari es itu karena berjamur, lengket dan sudah tidak bisa digunakan.

menyimpan makanan di kulkas

Hmm …, jangan cepat-cepat menyalahkan cara kerja kulkas. Siapa tau hal itu terjadi karena selama ini kita menyimpan makanan di dalam lemari es dengan cara yang tidak benar. Kesalahan dalam menggunakan kulkas akhirnya merugikan diri kita sendiri. Hanya karena  ketidakmengertian kita dalam cara menggunakan kulkas yang benar, makanan yang kita simpan jadi mubazir dan sia-sia. Selama ini mungkin kita menyimpan bahan makanan di lemari es tersebut dengan asal taruh saja. Padahal menyimpan bahan makanan di kulkas ada aturannya.

Agar makanan di kulkas tetap segar dan tahan lama, ikuti beberapa aturan atau cara menggunakan kulkas yang benar sehingga kita bisa mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari lemari es yang kita miliki.     

1.    Makanan yang berbeda harus dibungkus secara terpisah atau disimpan dalam wadah tertutup rapat untuk mencegah kontaminasi silang dalam kulkas.

2.    Makanan yang matang atau sudah dimasak ditempatkan pada posisi rak yang lebih tinggi dari bahan makanan yang masih mentah.

3.    Atur suhu pada bagian pendingin (fridge) ≤ 5°C dan bagian pembeku (freezer) -18°C atau lebih dingin.

4.    Makanan kaleng harus dipindahkan ke wadah non logam dan ditutup rapat sebelum disimpan dalam kulkas.

5.    Makanan jangan disimpan terlalu lama, secara umum makanan sisa jangan disimpan lebih dari 2 hari.

6.    Makanan non tahan lama seperti minuman disimpan pada tempat yang mudah dijangkau, misalnya rak pintu kulkas.

7.    Makanan di kulkas tidak boleh over stock ataupun ditumpuk. Beri ruang sela untuk jalur pemerataan suhu dingin.  

8.    Jangan sering buka tutup pintu, karena banyak hawa dingin terbuang keluar.

9.    Bersihkan lemari es secara teratur.

Fungsi kulkas adalah sebagai media penyimpan bahan makanan. Secara umum kita percaya bahwa suhu lemari es yang dingin akan membuat bahan makanan lebih segar, melindungi dari bakteri tertentu, sehingga lebih tahan lama.

Namun demikian, walaupun itu kulkas baru tapi jika tidak memperhatikan cara penggunaannya dengan benar, maka kulkas tidak dapat berfungsi sesuai harapan. Makanan yang kita simpan bisa cepat berjamur, berubah warna dan baunya, cepat kering, lengket dan lain-lain.

Sebagai media storage tugas lemari pendingin adalah membantu menghambat atau memperlambat multiplikasi bakteri dengan rekayasa suhu, namun tidak benar-benar membunuhnya. Beberapa bakteri seperti listeria monocytogenes, tetap mampu bertahan pada suhu dingin. Karena itu menyimpan makanan dalam kulkas tidak boleh sembarangan. Perhatikan tata cara menyimpan bahan makanan ataupun menggunakan kulkas dengan benar, dengan begitu makanan bisa tetap segar dan lebih tahan lama.

0 Response to "Agar Makanan di Kulkas Tetap Segar Tahan lama "

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *