6 Pertimbangan Membeli Panci Presto Terbaik

Panci presto terbaik, “partner memasak” yang nyaman

Tulisan ini merupakan sequel dari tulisan sebelumnya tentang panduan memilih dan membeli panci presto yang bagus. Agar saling melengkapi, Anda disarankan membaca tulisan tersebut sebelum atau sesudah membaca tulisan ini. Sehingga Anda mendapatkan informasi yang dicari yaitu tentang panci presto terbaik yang tepat sesuai kebutuhan.  


Jika bicara tentang panci presto (pressure cooker), kadang-kadang muncul dibenak kita bayangan yang menakutkan yaitu soal ledakan panci presto. Mungkin ada diantara keluarga, tetangga, teman dan kerabat yang pernah mendengar, menemukan atau mengalami peristiwa ledakan tersebut. Pada kenyataannya, alat presto yang meledak mungkin memang banyak terjadi pada masa lalu, dan kebanyakan itu berkaitan dengan panci keluaran jaman dulu. Sekarang ini model panci presto baru sangat aman dan mudah dalam penggunaan.

Memasak dengan menggunakan panci khusus presto ini sebenarnya sangat menguntungkan. Cara memasak presto akan menghasilkan makanan lebih sehat dan lezat, serta waktu memasak yang lebih singkat sehingga lebih hemat energi. Memasak dengan pressure cooker berarti memasak menggunakan suhu panas diatas titik didih, sehingga lebih cepat matang serta lebih kaya rasa karena hampir tidak ada unsur yang bisa keluar dari dalam panci. Kelebihan memasak makanan dengan cara pressure cooking dibahas dengan baik pada artikel tentang manfaat panci presto ini.

Jika Anda berniat membeli alat masak presto, berikut ini adalah beberapa pertimbangan tambahan sebelum membeli alat presto tersebut. Yakni agar Anda tidak salah pilih serta mendapatkan panci presto yang terbaik

1.    Aluminium atau stainless steel ? Panci untuk presto ada yang dibuat dari aluminium dan ada yang dari stainless steel. Panci aluminium lebih murah tapi juga lebih rentan rusak. Jika Anda berencana menggunakan panci presto dalam jangka panjang, maka sebaiknya memilih panci presto stainless steel. Namun karena stainless steel bukanlah penghantar panas yang baik, maka pilih yang bagian bawahnya dilapisi aluminium agar pemanasan lebih merata. Ciri panci stainless steel yang bawahnya dilapisi aluminium adalah lapisan bawah tersebut biasanya lebih tebal.

2.    Ukuran panci presto. Yang paling populer adalah panci presto ukuran 6 liter. Namun sebaiknya memilih ukuran panci yang lebih besar misalnya 8 liter. Mengapa ? Sebab pertama, panci untuk presto tidak boleh diisi lebih dari 2/3 kapasitas totalnya. Kedua, agar lebih leluasa memasak, karena beberapa resep masakan presto memerlukan ukuran lebih besar.

3.    Bentuknya lebar atau tinggi ? Sebaiknya pilih pressure cooker yang bentuknya cenderung lebar, dari pada tinggi tapi sempit. Bentuk yang lebar memiliki “area” memasak yang lebih luas, jadi lebih efisien. Selain itu masakan lebih mudah dilihat, mudah dijangkau, ataupun mudah diaduk-aduk. Diameter panci yang populer biasanya 7,5 – 9 inch. 

4.    Panci presto listrik atau biasa ? Sesuai namanya panci presto listrik menggunakan energi listrik sebagai sumber panasnya. Sedangkan panci biasa menggunakan kompor untuk memanaskan makanan. Model electric pressure cooker makin digemari dalam beberapa tahun terakhir. Para pemula biasanya menyukainya karena mudah digunakan.

Kekurangan panci presto listrik adalah garansinya lebih pendek dari pada panci untuk presto biasa, spareparts maupun biaya perbaikan jika rusak juga lebih mahal, serta fitur yang terprogram kadang-kadang malah mengurangi pilihan dalam memasak. Pada sisi lain panci presto yang bagus, walaupun menggunakan kompor sebagai pemanasnya, cenderung lebih awet dan nyaman dipakai untuk jangka panjang.

5.    Pilihan pegangan (handle). Sebaiknya pilih alat presto yang memiliki dua pegangan. Minimal satu pegangan besar dan satu pegangan tambahan yang lebih kecil. Jangan pilih panci yang hanya memiliki satu pegangan. Sulit untuk membayangkan Anda mengangkat beban yang cukup berat dengan mengandalkan satu pegangan saja.

6.    Model lama atau model baru ? Peralatan presto model lama harganya lebih murah, tapi biasanya tidak aman serta jika rusak biaya perbaikannya mahal. Selain itu jika pabriknya sudah tutup cari spareparts-nya susah, buku manualnya-pun sulit dicari. Intinya memilih pressure cooker model lama tidak direkomendasikan. Panci presto model baru harganya lebih mahal, tapi jauh lebih aman dan lebih nyaman digunakan.

Akhirnya, panci presto yang bagus merupakan “partner memasak” yang handal dan nyaman digunakan kapanpun kita perlu memasak. Karena itu sangat penting untuk memilih dan membeli panci presto terbaik yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Salah dalam memilih “partner memasak” berarti kehilangan kesempatan untuk memasak dengan nyaman. Karena itu, jangan sampai salah pilih ….

0 Response to "6 Pertimbangan Membeli Panci Presto Terbaik "

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *