Kelebihan dan Kekurangan Alat Masak Stainless Steel

alat masak stainless steel
Apa itu stainless steel ? Stainless steel adalah perpaduan atau kombinasi beberapa jenis logam seperti besi dasar, kromium, nikel, dan unsur lain seperti karbon, silicon dan mangan. Kromium dan nikel terutama berfungsi untuk menambah ketahanan logam terhadap korosi atau karat.

Peralatan anti karat stainless steel banyak digunakan untuk alat kesehatan dan peralatan memasak.  

Peralatan masak stainless steel

Setiap orang memiliki selera dan kebutuhan memasak yang berbeda-beda, demikian pula halnya dengan perkakas memasak (kitchen cookware) yang akan digunakan. Peralatan masak biasanya dibedakan berdasarkan bahan dasar pembuatannya. Ada stainless steel, aluminium, anti lengket atau Teflon, tembaga, besi cor dll.

Dalam hal ini stainless steel termasuk salah satu bahan pembuatan alat masak yang paling populer dan banyak digemari di masyarakat.

Setiap perkakas pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk alat masak paling populer yaitu stainless steel. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, maka akan mempermudah dalam perawatan sehingga perkakas tersebut lebih awet dan tahan lama.

Dan pada akhirnya biaya yang kita keluarkan untuk membeli alat masak tersebut akan menjadi investasi yang berguna dalam jangka panjang.

Nah berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan peralatan masak stainless steel :

Kelebihan atau keuntungan alat masak stainless steel  

1. Sangat tahan lama, anda mungkin tidak perlu membeli perabot yang baru sampai benar-benar rusak.

2. Secara fisik sangat kuat, dan permukaannya halus tanpa pori-pori, sehingga tidak mudah penyok, retak, atau bocor.

3. Multifungsi atau bisa digunakan untuk segala jenis masakan, karena stainless steel tidak bereaksi terhadap makanan yang dimasak.

4. Mudah dirawat dan dibersihkan, cukup dengan sabun dan air bersih.

5. Setelah dibersihkan, perkakas masak stainless steel tetap bersinar dan kemilau walau sudah digunakan bertahun-tahun.

Kekurangan atau kerugian alat masak stainless steel 

1. Peralatan masak anti karat ini sejatinya bukan penghantar panas (konduktor) yang baik. Karena itu alat masak ini selalu dilapisi dengan pelat tembaga atau aluminium pada bagian alas / dasarnya agar pemanasan lebih cepat dan merata. Untuk mengenali perkakas stainless steel yang sudah dilapisi tembaga atau aluminium adalah dengan melihat bagian alasnya. Bagian tersebut akan terlihat lebih tebal daripada bagian sisinya.

2. Harga alat masak stainless steel biasanya lebih mahal dari pada, misalnya, alat masak aluminium. Meskipun soal harga sifatnya relative dan terkait dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

3. Jika terkena suhu yang sangat panas, bagian luarnya bisa menghitam.

4. Paparan air garam yang terus menerus dapat merusak wajan atau panci stainless steel dan menyebabkan pitting.

Haruskah Anda memiliki peralatan masak stainless steel ? Jawabannya tergantung selera dan kebutuhan memasak masing-masing. Bagi sebagian orang, peralatan stainless steel adalah pilihan sempurna untuk kebutuhan dapur mereka. Tapi buat sebagian yang lain alat masak Teflon, atau aluminium bisa jadi lebih baik.

Apapun perkakas masak yang digunakan, saat memilih atau membelinya haruslah dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan alat tersebut.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Alat Masak Stainless Steel"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *