Cara Membersihkan Panci Presto Listrik

Berapa jumlah uang yang Anda bayarkan untuk membeli sebuah panci presto listrik (electric pressure cooker) ? Jawabannya bisa berbeda antara orang yang satu dengan yang lain. Tapi berapapun itu, Anda tentu ingin uang yang Anda belanjakan bermanfaat dalam jangka panjang. serta ingin agar panci presto baru tersebut awet dan tahan lama.

panci presto listrik
Berbeda dengan pressure cooker biasa, maka panci presto listrik memerlukan sedikit perhatian khusus menyangkut cara merawat dan membersihkannya. Karena, jika Anda abai terhadap perawatan dan kebersihannya maka alat masak presto tersebut akan mudah rusak atau tidak berfungsi. Nah dibawah ini adalah cara merawat dan membersihkan panci presto listrik.

Tapi sebelum membersihkannya, perhatikan beberapa hal penting berikut ini :

1. Jangan sekali-kali memasukkan panci presto elektrik ke dalam mesin pencuci piring.
2. Setelah menggunakan panci presto listrik, langsung bersihkan.
3. Jika sudah tersimpan dalam jangka waktu lama, maka bersihkan sebelum digunakan.
4. Jangan menggunakan pembersih abrasive dalam membersihkan panci presto elektrik.

Step by step membersihkan panci presto listrik

Langkah-langkah membersihkan panci presto listrik yang tertulis disini sifatnya umum. Untuk membersihkan bagian tertentu yang spesifik, Anda harus merujuk pada panduan cara merawat dan membersihkan panci presto masing-masing, yang biasanya disertakan dalam brosur pada waktu pembelian.

#1. Sebelum memulai 

- Cabut kabel listrik yang menghubungkan pressure cooker tersebut dari stop kontak. Jika masih panas biarkan dulu sampai dingin.
- Buka tutup dan keluarkan panci masak (cooking pot) dari perangkat utama (main body).

#2. Membersihkan perangkat utama

- Ambil kain bersih, basahi secukupnya lalu lap bagian tubuh utama. Bagian main body jangan disiram air dan jangan dimasukkan pada mesin pencuci piring. Beberapa panci presto listrik memiliki unit-unit kecil berupa reservoir untuk menampung kelebihan kondensasi. Bagian ini bisa dilepaskan dan dicuci dengan air hangat dengan sedikit sabun. Jangan lupa untuk mengeringkannya sampai benar-benar kering sebelum memasangnya kembali.

#3. Bagian panci masak (cooking pot)

- Biasanya bagian panci masak ini dapat dimasukkan pada mesin pencuci piring, untuk pastinya baca buku panduan masing-masing sebagai rujukan. Namun sesungguhnya mencuci bagian cooking pot dengan tangan juga cukup simple yaitu dengan air sabun dan bilas dengan air bersih.
- Karena bagian ini biasanya dilapisi dengan lapisan anti lengket (non stick), maka gunakan spons yang lembut agar tidak tergores.
- Sebelum dipasang pada perangkat utama, panci masak tersebut harus benar benar kering.

#4. Bagian tutup 

- Gunakan sabun dan air hangat untuk membersihkan tutup.
- Pada bagian tutup biasanya terdapat beberapa tombol fungsi, jadi harus hati-hati.
- Untuk membersihkan karet paking (gasket), lepaskan karet dari tutupnya, cuci dengan air bersih, keringkan, lalu pasang lagi.
- Jika karet paking retak-retak atau mengeras, ganti dengan karet baru.

#5. Mengeringkan bagian per bagian 

- Setiap bagian harus dalam keadaan benar-benar kering sebelum dipasangkan kembali. Jika basah atau ada air yang terperangkap, maka lambat laun akan merusak logam.
- Gunakan lap atau kain lembut untuk mempercepat pengeringan.

Jika Anda malas membersihkan panci presto elektrik, maka alat presto tersebut akan mudah rusak, tidak berfungsi atau menyebabkan timbulnya bau basi pada makanan. Dalam kasus ekstrim malahan mungkin bisa merusak makanan.

Nah, bagaimana cara Anda membersihkan panci presto listrik ? Jika Anda memiliki cara yang berbeda silakan tuliskan di kolom komentar, agar kami dan pembaca lain mengetahuinya.

0 Response to "Cara Membersihkan Panci Presto Listrik "

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *