Cara Merawat dan Membersihkan Alat Masak Stainless Steel

Merawat dan membersihkan peralatan stainless steel

Peralatan stainless steel dikenal karena kemampuannya menjaga permukaan untuk tetap bersih kemilau serta tahan tehadap korosi dan karat. Karena itu stainless steel banyak digunakan untuk peralatan masak / dapur, kamar mandi sampai alat kedokteran. Khusus untuk peralatan dapur, sampai saat ini alat dapur yang terbuat dari metal tahan karat itu masih menjadi favorite bagi sebagian besar koki dan ibu rumah tangga di seluruh dunia.  

merawat dan membersihkan alat masak stainless steel

Jika kita sudah lama memiliki alat masak stainless steel maka kita akan memahami kelebihan dan kekurangan stainless steel ini. Bila perkakas lain bisa terancam korosi dan karat karena debu dan kotoran, maka tidak demikian halnya dengan peralatan dari stainless steel. Walau demikian itu bukan berarti kita tidak perlu merawatnya. Perkakas dapur tahan karat tersebut tetap harus dirawat dan dibersihkan agar peralatan tersebut tetap dapat digunakan selama bertahun-tahun kedepan.  

Nah, dibawah ini adalah cara merawat dan membersihkan alat dapur atau alat masak dari stainless steel. Kami mengurutkannya dari perawatan yang paling mudah ke yang lebih kompleks.

1. Menggunakan air dan kain. Ini adalah cara yang paling sederhana dan paling tidak beresiko, yaitu dengan menggunakan air hangat dan kain. Guyur peralatan dibawah air yang mengalir sambil digosok-gosok dan dibilas. Setelah itu keringkan dengan kain atau handuk kering untuk mencegah munculnya bintik-bintik air. Penting untuk diperhatikan bahwa mineral yang terkandung dalam air dapat meninggalkan bekas pada peralatan stainless steel. Usapkan kain searah dengan alur garis pada perkakas masak tersebut. Untuk hasil yang lebih baik, bisa menggunakan kain microfiber karena kain microfiber dapat menyerap semua sisa air dengan sekali usap.

2. Detergent lembut, air dan kain. Untuk membersihkan alat masak stainless steel dari noda atau kotoran yang lebih berat, bisa menggunakan campuran detergen lembut dan air. Setetes detergent lembut plus air secukupnya dapat digunakan untuk melepaskan kotoran dan noda dari alat masak stainless steel. Setelah kotoran dilepaskan, pastikan Anda membilasnya pada seluruh permukaan dengan merata untuk mencegah pewarnaan dan bercak. Lalu lap dengan kain atau handuk kering untuk mencegah bintik-bintik air.

3. Pembersih kaca untuk sidik jari. Permukaan stainless steel yang licin dan kemilau sering “dikotori” oleh sidik jari dari orang yang memegangnya. Untuk membersihkannya bisa menggunakan cairan pembersih kaca atau ammonia rumah tangga. Semprotkan cairan pembersih kaca pada kain microfiber secukupnya. Lap pada bagian yang ada sidik jarinya dengan gerakan usapan melingkar layaknya orang yang mencuci mobil. Ulangi sesuai kebutuhan, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap.

4. Menggunakan stainless steel cleaner. Jika pada peralatan masak anti karat tersebut terlanjur ada noda berat dan goresan, serta perlu sesuatu untuk memolesnya, maka menggunakan pembersih khusus stainless steel mungkin merupakan pilihan yang bagus. Beberapa dari pembersih dan pemoles ini dapat meminimalkan goresan dan menghilangkan noda. Baca petunjuk aturan pakai stainless steel cleaner tersebut dan uji di tempat yang ada noda / goresan. Jangan lupa setelah itu bilas dengan air bersih dan lap dengan kain yang kering.

Kunci untuk menjaga alat masak stainless steel tersebut adalah perawatan dan pemeliharaan yang tepat. Dengan sedikit upaya, maka peralatan tahan karat tersebut akan tetap terlihat bersih kemilau selama beberapa tahun ke depan. 


0 Response to "Cara Merawat dan Membersihkan Alat Masak Stainless Steel"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *