Panduan Memilih dan Membeli Blender Tangan Yang Bagus

Memilih dan membeli blender tangan yang bagus

Blender tangan (hand blender) sering disebut pula dengan blender tongkat (stick blender) atau blender celup (immersion blender). Alat ini awal mulanya dibuat untuk memudahkan para koki restoran dalam mencampur dan menghaluskan sup, saus, atau kuah berdaging tanpa harus mengeluarkannya dari panci. Bentuk hand blender seperti tongkat (stick) dengan tombol kontrol pada satu ujung dan pisau mirip huruf S atau bintang yang terkurung, yang bisa berputar layaknya baling-baling helikopter pada ujung lainnya. Untuk mudahnya, lihat gambar dibawah.

hand blender bagus

Jika Anda berniat memilih atau membeli blender tangan yang bagus, berikut ini adalah panduan singkat yang perlu diketahui :

1. Tombol mudah dioperasikan
Blender tangan harus memiliki tombol kontrol yang dioperasikan, mudah untuk didorong dan tahan (push and hold). Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan fitur keselamatan yang mengharuskan tombol ditekan kebawah saat digunakan. Untuk alasan ini hand blender dengan tombol yang cukup besar dan ergonomis lebih direkomendasikan.

2. Mudah dibersihkan
Hand blender yang bagus harus mudah dibersihkan. Pisaunya mudah untuk dibongkar pasang serta tidak akan membuat makanan mudah menempel ataupun terjebak disela-sela pisau. Demikian pula asesorisnya harus aman untuk mesin pencuci piring (dishwasher safe).

mata pisau hand blender


3. Bobotnya ringan
Berapa bobot blender tangan yang ideal ? Para ahli menyatakan bahwa 3 pon atau kurang adalah bobot hand blender yang ideal. Jika lebih berat dari itu maka saat pengoperasian tangan akan cepat pegal. Perlu diketahui, alat dapur ini dirancang untuk pemakaian singkat (walaupun mungkin frekuensinya sering). Blender tongkat ini bukanlah peralatan yang dimaksudkan untuk dipakai terus-menerus selama berjam-jam.

4. Wadah untuk pencampuran
Dalam paket pembelian hand blender biasanya sudah termasuk wadah untuk pencampuran. Wadah tersebut biasanya berdiameter tidak terlalu lebar, dan dirancang khusus supaya bahan-bahan tetap berada di dekat mata pisau sehingga mudah diblender.

5. Tempat penyimpanan
Hand blender yang sederhana, yang hanya terdiri dari sebuah stick blender dan wadah pencampuran, sesungguhnya tidak memerlukan tempat penyimpanan khusus. Tetapi jika dalam paket pembelian sudah termasuk tempat penyimpanannya, maka itu adalah opsi yang lebih baik.

6. Garansi
Blender tangan yang bagus setidaknya berani memberikan garansi minimal satu tahun.

Mencari hand blender yang bagus dan sesuai kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk memilih atau membeli hand blender, ada beberapa hal yang perlu diperjelas lebih dulu.

(Bahan) makanan seperti apa yang ingin Anda blender ? Kebanyakan hand blender bekerja efektif untuk makanan lunak seperti milkshake, kacang buncis dan buah segar. Sebaliknya jangan mengandalkan blender tangan untuk menghancurkan makanan beku, untuk keperluan ini gunakan blender meja.

Bagaimana dengan fleksibilitas ? Ada beberapa blender tangan yang lebih fleksibel dari blender tangan lainnya. Blender yang fleksibel ini biasanya dilengkapi dengan mangkuk mini-chopper, sebuah kocokan atau alat campur lain yang bisa di gonta-ganti atau ditukar-tuker. Dengan demikian hand blender tersebut menjadi alat yang multi guna yang bisa dipakai untuk memotong-motong sayuran atau kacang-kacangan.

Seberapa sering Anda akan menggunakannya ? Jika Anda hanya berencana menggunakan alat blender ini sesekali saja untuk buah segar atau satu panci sup, maka model hand blender yang murah dan sederhana sudah cukup memadai. Tapi jika Anda berencana menggunakannya setiap hari maka carilah model hand blender yang tahan lama dan lebih kuat.

Blender tangan tanpa kabel atau pakai kabel ? Dari segi kenyamanan blender tangan nirkabel lebih unggul, tapi kelemahannya baterai cepat terkuras sehingga lebih boros anggaran dalam jangka panjang. Blender wireless biasanya hanya direkomendasikan untuk penggunaan outdoor, karena akses yang sulit menuju stop kontak listrik.

Sebaliknya hand blender dengan kabel listrik performanya lebih bagus dan lebih hemat dalam jangka panjang. Kekurangan blender tangan yang memakai kabel adalah kurang praktis.

Berapa panjang stick blender yang ideal ? Panjang stick blender yang ideal adalah stick tersebut harus bisa menjangkau bagian dasar dari wadah pencampuran.

Macam-macam hand blender

Hand blender sederhana. Sesuai namanya blender ini hanya terdiri dari tongkat blender dan wadah saja. Stick blender sederhana ini dimaksudkan untuk menangani tugas-tugas kecil di dapur seperti mencampur dan menghaluskan sup dan saus dalam jumlah terbatas. Meski demikian, blender sederhana ini akan banyak membantu tugas-tugas Anda di dapur.

Hand blender multi guna. Blender ini dilengkapi dengan berbagai peralatan dan aksesoris yang membuatnya bukan hanya mampu mencampur dan menghaluskan, melainkan juga untuk memotong-motong sayuran menjadi potongan-potongan kecil.

Selain itu juga terdapat stick blender nirkabel dan yang pakai kabel seperti sudah disinggung di muka.

Menggunakan blender tangan dengan benar dan aman

Blender tangan sangat aman jika digunakan secara benar. Kecelakaan yang diakibatkan oleh penggunaan hand blender pada dasarnya sangat jarang terjadi. Namun penggunaan yang tidak tepat seperti untuk mencampur adonan kue atau bahan makanan yang susah dihancurkan bisa memperpendek umur peralatan. Perlu digaris bawahi bahwa blender tangan tidak dimaksudkan untuk menangani tugas pencampuran yang berat.

Untuk keamanan saat membersihkan bahan makanan yang terjebak di sela-sela pisau, pastikan untuk mencabut kabel dari stop kontak terlebih dahulu. Serta gunakan alat bantu seperti spatula karet dan jangan langsung menggunakan jari tangan.

Video cara menggunakan blender tangan / hand blender di YouTube


Itulah panduan singkat memilih dan membeli blender tangan yang bagus dan terbaik. Happy blending !

0 Response to "Panduan Memilih dan Membeli Blender Tangan Yang Bagus"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *