Tips Memasak Tanpa Minyak Dengan Airfryer

Memasak tanpa minyak menggunakan airfryer

Memasak tanpa minyak dengan airfryer lambat laun menjadi trend yang makin digemari masyarakat di dalam negeri ataupun masyarakat internasional. Trend ini memiliki makna positif baik dari segi kesehatan maupun ekonomi. Tentang kelebihan memasak dengan airfryer bisa dibaca pada tulisan sebelumnya (baca : Tips Membeli Alat Menggoreng Tanpa Minyak – Airfryer).

alat masak tanpa minyak

Airfryer adalah alat masak yang menggunakan teknologi perputaran hawa panas (rapid air technology) untuk menggantikan penggunaan minyak goreng. Dengan sirkulasi udara hingga 200°C airfyer mampu memasak bahan makanan seperti ayam, ikan, daging ataupun kue-kue. Teknologi airfrying membuat makanan jadi lezat, renyah diluar namun lembut di dalam. Memasak dengan alat masak tanpa minyak diklaim 80 % lebih sehat dari pada makanan yang dimasak menggunakan minyak goreng.  

Apa saja makanan yang bisa dimasak dengan airfryer ?

Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan adalah makanan apa saja yang bisa di masak dengan airfryer. Jawabannya : pada dasarnya alat masak air fryer bisa digunakan untuk memasak berbagai makanan lezat seperti kentang goreng, snack, daging, ikan, daging unggas, brownies dan berbagai macam kue.

Daging : daging ayam, daging sapi dan sebagian besar makanan yang biasa digoreng atau dipanggang bisa dimasak menggunakan airfryer.

Sayur-sayuran : sayuran yang bisa dipanggang seperti jagung, kentang, paprika, zucchini, bisa dimasak dengan airfryer. Sedangkan sayuran yang biasa dikukus seperti wortel, brokoli, dan kacang-kacangan tidak bisa disiapkan dengan air fryer.

Makanan beku : snack beku atau bahan makanan berbasis kentang beku bisa dimasak menggunakan airfryer. Anda tidak perlu men-defrost makanan tersebut sebelum memasukannya ke dalam airfryer. Makanan beku memang membutuhkan waktu masak sedikit lebih lama, namun tidak akan mempengaruhi hasil akhir. Alat masak tanpa minyak ini memiliki tombol pengaturan suhu yang memungkinkan Anda memilih pengaturan yang terbaik untuk masing-masing bahan makanan.

Kelebihan airfryer : memasak dua hidangan secara bersamaan

Salah satu kelebihan airfryer adalah bisa memasak dua macam bahan makanan secara bersamaan tanpa mempengaruhi aroma dan rasa masing-masing. Anda hanya perlu menempatkan pemisah atau separator ke dalam keranjang lalu mengisinya dengan dua bahan makanan berbeda. Misalnya chicken nugget pada satu sisi dan kentang goreng pada sisi yang lain.

Meski dimasak secara bersamaan, Anda tidak perlu khawatir karena kentang gorengnya tidak akan beraroma nugget. Pastikan Anda mengatur suhunya secara tepat.

Fitur ini membuat airfryer lebih hemat energi listrik.

Penggunaan minyak pada airfryer

Pada dasarnya air fryer tidak memerlukan minyak goreng untuk proses mematangkan makanan. Namun minyak tradisional seperti minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak kacang-kacangan dan minyak yang telah dibumbui rempah-rempah sering digunakan untuk memperkaya rasa masakan. Caranya adalah dengan mengolesi bahan makanan dengan minyak tersebut.

Dalam hal ini, biasanya, menambahkan minyak hanya diperlukan jika Anda mempersiapkan bahan makanan buatan sendiri atau bahan makanan segar yang belum diolah sebelumnya, seperti kentang segar yang baru dikupas, atau daging ayam segar yang belum dibumbui dll.

Video memasak tanpa minyak dengan airfryer (rapid air technology)


Itulah beberapa tips memasak dengan menggunakan alat masak tanpa minyak atau airfryer. Jika Anda memiliki tips yang lain, jangan ragu untuk menambahkan.

0 Response to "Tips Memasak Tanpa Minyak Dengan Airfryer"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *