Perbedaan Antara Blender dan Food Processor

Perbedaan blender dan food processor

Perbedaan utama blender dan food processor adalah blender digunakan untuk memproses bahan makanan yang lunak atau mengandung banyak cairan. Sementara food processor digunakan untuk memproses bahan makanan yang lebih padat. Biasanya food processor memiliki fitur dan fungsi yang lebih banyak dari pada blender.

perbedaan blender dan food processor

Baik blender maupun food processor merupakan perkakas dapur yang sering dipakai untuk memudahkan pengolahan bahan makanan. Tapi secara umum blender lebih sesuai digunakan untuk bahan makanan yang mengandung banyak cairan dan lunak. Karena itu blender sering disebut sebagai liquidizer atau liquefier. 

Berikut perbedaan blender dan food processor :

Blender

Blender cocok digunakan untuk mengolah bahan makanan yang lunak dan mengandung banyak cairan atau lebih liquid. Alat ini terdiri dari wadah berbentuk ramping dengan pisau pada bagian bawah yang bisa berputar dengan bantuan tenaga listrik. Bentuk wadah dan penempatan pisau akan membentuk pusaran manakala blender digunakan.

Blender standar biasanya memiliki wadah dan pisau tetap, namun blender yang lebih modern sering dilengkapi dengan perangkat lain ataupun pisau tambahan yang bisa dibongkar pasang.

Fungsi blender yang paling umum meliputi :

1.    Mencampur dan menghancurkan es dalam koktail.
2.    Menghancurkan es dan bahan makanan lain dalam minuman non-alkohol.
3.    Membuat smoothie
4.    Mengolah makanan yang encer seperti sup, pasta, saus dan menghaluskan sayuran dan daging.
5.    Membantu melarutkan bahan padat menjadi cairan / lebih encer.

Food processor

Istilah food processor sering merujuk pada perkakas dapur elektronik yang multi fungsi. Meskipun istilah tersebut bisa juga merujuk pada perkakas manual yang dioperasikan dengan tangan, tapi dalam konteks modern, istilah food processor lebih sering ditujukan pada perkakas dapur yang elektronik.

Food processor biasanya memiliki wadah yang bentuknya pendek tapi lebar. Bentuk ini dianggap lebih sesuai untuk mengolah makanan padat atau semi padat. Selain itu juga memiliki beberapa pisau yang bisa di bongkar pasang sesuai fungsinya. Pisau pada food processor biasanya lebih tajam dari pisau blender.

Fungsi food processor yang paling umum misalnya :

1.    Merajang dan mengiris sayuran
2.    Menumbuk kacang-kacangan, biji-bijian, rempah-rempah, daging dan buah kering.
3.    Memotong-motong keju atau sayuran,
4.    Pureeing.
5.    Untuk pencampuran dan menguleni adonan.

Cara kerja food processor dalam mengolah bahan makanan tidak memerlukan bantuan air atau cairan. Ini berbeda dengan cara kerja blender yang memerlukan bantuan air atau cairan untuk “menggerakkan atau mengaduk” bahan makanan di sekitar pisau blender.

pilih blender atau food processor

Bagaimana cara memutuskan menggunakan blender atau food processor ?

Setiap orang memiliki kebutuhan pengolahan makanan berbeda-beda. Dan tidak sedikit diantara kita yang bingung untuk memutuskan apakah akan menggunakan blender ataukah food processor. Diantara keduanya, bagaimana cara kita memilih mana yang lebih cocok untuk digunakan ? Nah, berikut adalah jawabannya :

1.    Pahami dengan baik perbedaan blender dan food processor. Walaupun dalam praktek fungsi keduanya bisa tumpang tindih (overlap), tapi blender lebih sesuai untuk mengolah makanan encer sementara food processor untuk yang lebih padat.

2.    Pertimbangkan jumlah makanan yang akan diolah. Food processor lebih sesuai untuk mengolah makanan dalam jumlah besar. Sedangkan blender untuk jumlah bahan makanan yang lebih kecil atau sedikit.

3.    Pertimbangkan harga dan fungsi. Harga blender biasanya lebih murah sedangkan harga food processor biasanya lebih mahal. Namun demikian fungsi dan fitur blender lebih sedikit sedangkan fungsi dan fitur food processor lebih banyak.

4.    Pertimbangkan siapa diri Anda. Maksudnya jika Anda tipe orang yang serius ingin menggeluti dunia masak-memasak dan suka bereksperimen dengan resep-resep makanan, menjadi seorang koki misalnya, maka food processor layak Anda miliki. Sebaliknya jika Anda “sekedar” ibu rumah tangga yang berniat menyiapkan makanan sehat untuk bayi di rumah, maka blender lebih sesuai. (Baca tulisan sebelumnya tentang : Blender tangan yang bagus).

Itulah perbedaan blender dan food processor, serta bagaimana cara memilih yang lebih cocok diantara keduanya. 

0 Response to "Perbedaan Antara Blender dan Food Processor"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *