Tips Membeli Food Processor Yang Bagus dan Tepat

Apa itu food processor ? Food processor adalah alat multifungsi yang sering digunakan untuk membantu menyiapkan bahan makanan yang akan dimasak atau diolah. Seperti untuk memotong, menggiling, mencincang, mengiris dan lain-lain. Food processor yang bagus sangat membantu kegiatan di dapur manakala yang akan diolah jumlahnya banyak dan sering dilakukan tiap hari. Gambar food processor adalah seperti yang ada di awal tulisan ini.

gambar food processor

Bentuk food processor agak mirip dengan blender. Perbedaannya dengan blender adalah bahwa alat ini menggunakan mata pisau yang bisa ditukar atau diganti-ganti, wadah mangkuknya lebih pendek tapi diameternya lebih lebar, serta digunakan untuk bahan makanan padat atau semi padat. Berbeda dengan blender, dalam mengoperasikan food processor tidak memerlukan cairan, jikapun ada maka jumlahnya sangat sedikit.

Baca juga : Perbedaan Antara Blender dan Food Processor

Sejarah prosessor makanan ini belum terlalu lama. Dibandingkan dengan alat dapur yang lain maka pengolah makanan ini bisa dibilang termasuk “pendatang” baru. Alat ini pertama kali dikenal publik sekitar tahun 1960-an. Di pasaran Inggris tahun 1972 muncul merk Magimix, sementara di pasar Amerika Utara muncul food processor merk Cuisinart pada tahun 1973.  

Manfaat - Kegunaan food processor 

Kegunaan food processor adalah dapat mempermudah dan mempercepat proses mengolah bahan makanan seperti memotong, mengiris, merajang, menumbuk, menggiling, mencincang dll. Manfaat food processor sangat terasa terutama jika bahan makanan tersebut jumlahnya relatif banyak sedangkan di rumah tidak ada pembantu atau asisten rumah tangga. Selain itu juga jika proses pengolahan sering dilakukan.

Dengan menggunakan food processor maka konsumen akan menghemat banyak waktu dan tenaga. Itulah mengapa alat ini merupakan salah satu perangkat dapur yang paling berguna, baik untuk rumah tangga biasa maupun untuk dapur professional.

Untuk menggambarkan banyaknya kegunaan food processor, berikut bebera fungsi pengolahan yang dapat dilakukan dengan alat tersebut :

• mencampur bahan-bahan
• menguleni adonan dengan cepat
• mengiris / memotong buah dan sayuran dengan merata untuk salad
• menyerut keju
• menghaluskan gula pasir menjadi gula bubuk
• menggiling daging dan kacang-kacangan
• membuat tepung dari biji-bijian
• membuat puree
• emulsi untuk saus dan mayones dll

Video beberapa resep yang bisa dilakukan oleh food processor di YouTube

Berikut video Youtube yang menggambarkan beberapa resep dasar yang bisa dilakukan oleh food processor merk Magimix. Merk bisa berbeda, tapi fungsinya kurang lebih sama.


Yang perlu diperhatikan sebelum membeli food processor

Setidaknya ada 7 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli food processor yang bagus. Berikut uraian singkatnya :

#1. Body
Food processor yang bagus adalah yang powerful. Bagian chasis-nya cukup berat agar stabil dan tidak mudah bergetar saat dioperasikan, bagian motornya harus kuat karena akan menangani tugas-tugas berat dan terus-menerus. Motor dengan daya 600 watt sudah cukup bagus.

#2. Bagian kontrol
Pada bagian kontrol terdapat tombol On – Off, dan tombol fungsi yang lain. Bagian ini harus mudah dibersihkan. Bagian kontrol ada dua macam : pakai tombol tekan dan tombol sentuh. Tombol sentuh lebih disukai karena lebih praktis dan mudah dibersihkan, tinggal usap beres. Selain itu tidak ada bahan makanan atau kotoran yang terjebak disela-sela tombol.

#3. Wadah mangkuk
Wadah atau mangkuk pengolah makanan biasanya terbuat dari plastik polycarbonate, karena plastik ini kuat, tahan lama, mudah dibersihkan dan aman untuk mesin pencuci. Pilih mangkuk dengan kapasitas agak besar, agar dapat menampung kegiatan dapur harian. Kapasitas mangkuk 2 liter, cukup memadai untuk keperluan dapur sehari-hari.

#4. Tutup
Bagian tutup harus sesuai dan aman, tabung tempat mengisi bahan makanan harus cukup longgar karena akan menentukan ukuran maksimum bahan makanan yang bisa dimasukkan ke wadah / mangkuk.

#5. Mata pisau
Salah satu kelebihan food processor adalah pisaunya yang bisa ditukar atau digant-ganti sesuai keperluan. Misalnya pisau klasik untuk memotong, pisau roti pendek untuk menguleni adonan, pisau bermata ganda (double blades), pisau empat mata (quad blades) dll. Kebanyakan produsen sudah melengkapi produknya dengan sejumlah mata pisau, sebagian lagi menyediakan opsi aneka pisau dengan cara order. Apapun itu, Anda sebaiknya memiliki satu set pisau untuk alat ini agar dapat memanfaatkan semua potensi mesin pengolah makanan tersebut.

Baca juga : Satu Set Pisau Dapur Vicenza Isi 10 Harga Dibawah Rp110 Ribu Mau ?

#6. Ukuran - kapasitas
Ukuran atau kapasitas food processor bervariasi dari 1 sampai 4 liter. Atau malah lebih tergantung merk. Berapa ukuran yang tepat tergantung pada jumlah bahan makanan yang diolah atau berapa jumlah porsi harian.

Berikut sedikit tips tentang ukuran – kapasitas food processor :

• kapasitas yang dimaksud dalam food processor adalah untuk bahan makanan dalam kondisi kering.
• kapasitas ≤ 1 liter (5 cangkir) berguna untuk tugas-tugas ringan di dapur.
• kapasitas 1.3 sampai 2 liter (6 – 8 cangkir) cocok untuk keluarga kecil, ukurannya tidak menyita banyak tempat.
• kapasitas 2 liter (9 cangkir), mungkin adalah yang paling laris dan paling mudah digunakan (user friendly), dapat menampung lebih banyak bahan makanan yang diolah dan lebih kokoh.

#7. Garansi
Food processor yang berkualitas selalu punya garansi. Semakin panjang garansinya biasanya kualitasnya makin bagus. Perhatikan apakah garansinya mencakup motor, mata pisau dan aksesoris.

Berikut beberapa merk food processor bagus dan populer beserta harganya :

- Philips Food Processor HR7627- Putih  Harga Rp.880.000
- Cosmos FP-300 Food Processor - Biru Harga Rp.205.000
- Tokebi Food Processor - Merah Harga Rp.780.000
- Sigmatic Food Processor SFP 1000 - Putih Rp.1.400.000
- Panasonic Food Processor MK-5076M - Putih Rp.1.750.000
- Kenwood FPM250 Food Processor  Harga Rp.3.024.000

Harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu. Cek harga atau beli food processor terbaru silakan klik disini.

Itulah uraian singkat seputar tips membeli food processor yang bagus dan tepat. Pada akhirnya, “kenyamanan” merupakan pertimbangan utama seseorang memutuskan membeli atau tidak membeli food processor. Jika Anda menginginkan proses mengolah bahan makanan lebih praktis dan nyaman, maka food processor adalah salah satu jawabannya.

0 Response to "Tips Membeli Food Processor Yang Bagus dan Tepat"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *