Kelebihan dan Kekurangan Desain Dapur Outdoor

dapur outdoor - luar rumah

Setiap desain dapur punya kelebihan dan kekurangan. Nah, dapur outdoor merupakan alternatif bagi mereka yang menginginkan konsep dapur berbeda dari dapur konvensional di dalam ruangan. Dapur outdoor menawarkan pengalaman baru dalam memasak maupun menikmati hidangan.

Jika Anda adalah tipe orang yang suka menyatu dengan alam, atau ingin menjamu tamu Anda dalam suasana berbeda, maka dapur out door dapat menjadi pilihan. Beberapa contoh desain dapur outdoor bisa dilihat pada artikel sebelumnya. Baca : Inspirasi Dari Aneka Desain Dapur Outdoor Yang Cantik dan Keren.

Kelebihan dan kekurangan dapur outdoor

Sebelum membangun dapur idaman, sebaiknya perhatikan dulu beberapa kelebihan dan kekurangan dapur outdoor ini.

Kelebihan dapur outdoor :

1. Cocok untuk gaya hidup santai atau gaya hidup kelas atas
2. Memberi kesan lebih mewah dan lebih makmur
3. Memiliki daya entertain / menghibur bagi keluarga maupun tamu
4. Menunjukkan selera, bakat maupun pribadi yang unik
5. Bebas dari bau dan asap dapur. Baca juga : Tips Memilih Alat Penghisap Asap Dapur
6. Memungkinkan Anda bereksperimen dengan berbagai resep masakan maupun gaya memasak yang mungkin tidak cocok dilakukan di dalam ruangan
7. Menambah nilai jual rumah

Kekurangan dapur outdoor :

1. Penggunaannya sangat tergantung pada kondisi cuaca. Kekurangan ini sebagian bisa diatasi dengan memberi atap, menutup sebagian teras, atau struktur lain yang serupa. Namun jika terjadi hujan lebat atau angin kencang, dapur luar rumah rawan digunakan.
2. Biaya perawatan dan instalasinya bisa lebih mahal, jika dibandingkan dengan penggunaannya

Yang perlu diperhatikan sebelum membuat dapur outdoor

Dapur luar rumah dapat dibuat sesuai selera. Dari dapur outdoor sederhana atau minimalis, yang hanya terdiri dari sebuah meja, wastafel dan alat panggang barbeque, hingga dapur outdoor lengkap dan mewah. Anda juga dapat mendesain dan membuatnya sendiri ataupun mempercayakan pada seorang pemborong professional. Apapun pilihannya perhatikan beberapa hal berikut sebelum membuat dapur out door.

1. Perhatikan lokasi. 
Penempatan dapur tidak boleh menghalangi lalu lintas penghuni maupun pandangan koridor. Namun demikian lokasi dapur sebaiknya dekat dengan ruang keluarga atau ruang hiburan. Misalnya dengan memanfaatkan area patio rumah. Jika akses pendukung memungkinkan, seperti perangkat listrik, pipa air, lahan dll, maka dapur luar rumah dapat dibuat di area terpisah dari bangunan rumah utama. Misalnya seperti gambar dapur outdoor dibawah ini.

gambar dapur outdoor terpisah

2. Bahan dan material. 
Bahan dan material dapur luar rumah sebaiknya tahan api dan tahan cuaca, namun tetap sesuai dengan eksterior rumah. Meja counter misalnya dari batu alam atau beton, lantainya dari bebatuan atau semen dengan aksen batu bata dll.

3. Pencahayaan. 
Untuk malam hari, lighting atau pencahayaan sebaiknya terang untuk area memasak dan temaram untuk area hiburan.

Perawatan dan pemeliharaan dapur outdoor

Cara merawat dan memelihara dapur outdoor merupakan aspek penting jika anda ingin dapur idaman tetap awet dan tahan lama. Pastikan bahwa setiap komponen langsung dibersihkan setelah selesai digunakan. Dan meskipun peralatannya tahan cuaca namun harus disimpan atau ditutup jika tidak digunakan. Periksa jika ada bagian yang aus dan lapuk agar segera diganti atau diperbaiki.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Desain Dapur Outdoor"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *