9 Solusi Dapur Jika Tidak Punya Cooker Hood

Idealnya setiap dapur memiliki sebuah cooker hood atau penghisap asap agar udara di dapur tetap terjaga kebersihannya. Apalagi jika kita tinggal di perumahan, dimana jarak antara rumah yang satu dengan yang lain sangat rapat, bahkan berdempetan, sehingga dapur tidak memiliki jendela. Padahal asap kompor, uap dan bau masakan, hawa panas, serta partikel udara kotor lainnya harus dibuang agar udara di dapur bersih dan sehat.

Namun karena satu dan lain hal, mungkin ada diantara kita yang belum sempat membeli penghisap asap dapur. Jika demikian halnya, apa solusi atau apa yang harus dilakukan agar udara kotor di dapur dapat sedikit lebih bersih, meskipun tanpa alat penyedot asap ?

cooker hood solusi dapur kotor dan bau

Nah, berikut dibawah ini adalah 9 solusi atau yang perlu dilakukan jika udara dapur berpotensi kotor tapi kita tidak memiliki cooker hood.

1. Pasang exhaust fan di jendela. Cara ini hanya dapat dilakukan jika dinding dapur Anda punya jendela. Pasang exhaust fan ukuran kecil dan jalankan setiap kali Anda memasak. Fan akan menarik udara kotor keluar, walaupun mungkin tidak maksimal, tapi bau dan hawa panas dapat berkurang.

2. Gunakan portable air filter. Jika Anda tidak punya jendela, opsi lainnya adalah dengan menggunakan saringan udara portable. Alat ini akan mengusir bau masakan seperti daging / ikan yang dibakar atau digoreng.

3. Gunakan kipas angin di ruangan lain. Bau masakan, asap kompor, maupun hawa panas itu seperti benda “gaib” yang tidak terlihat namun bisa kita rasakan. Kadang-kadang bukan hanya ada di dapur, tapi juga menyebar ke kamar dan ruangan lain yang terdekat. Untuk mengusirnya, kita perlu menyalakan kipas angin agar kamar dan ruangan tersebut nyaman kembali.

4. Lebih rajin bersihkan kitchen cabinet. Kitchen set atau kitchen cabinet biasanya ada di bagian atas dinding dapur (menempel). Area ini biasanya mudah sekali kotor, sebab asap dapur yang panas selalu bergerak keatas. Oleh karena itu kitchen set harus lebih sering dibersihkan dari partikel lemak atau debu yang menempel. Untuk membersihkan kitchen cabinet dapat menggunakan tisu Lysol dan larutan cuka.    

5. Gunakan cat scrubbable atau finishing semi-gloss. Jika Anda berencana akan mengecat dapur, sebaiknya gunakan tipe cat yang mudah dibersihkan (scrubbable) atau cat dengan finishing semi-gloss. Tujuannya agar dinding dapur lebih mudah dibersihkan jika ada kotoran yang menempel.  

6. Lebih rajin membersihkan filter - kipas. Kipas angin dan filter pendingin harus lebih sering dibersihkan, karena jika kotor malah menjadi sarana penyebaran penyakit.

7. Pasang CO meter bila perlu. Jika memasak menggunakan kompor gas, maka akan ada karbon monoksida yang terlepas ke udara. CO meter atau carbon monoxide meter adalah alat untuk mengukur kadar karbon monoksida di satu tempat. Alat ini sangat berguna jika dapur kita tidak memiliki jendela. Jika angka yang tertera menunjukkan lebih tinggi dari CO level yang direkomendasikan, perlu segera menyalakan kipas untuk mengusir udara yang terkena polusi tersebut.

8. Cari alternative cara memasak lainnya. Sepertinya ini mudah tapi mungkin sulit dipraktekan. Kebanyakan orang punya ketrampilan memasak yang terbatas dan tidak menguasai cara mengolah makanan dalam berbagai resep. Selain itu resep berbeda sering kali membutuhkan alat masak yang berbeda pula, yang harganya mungkin tidak murah.

9. Lawan bau tak sedap dengan pengharum ruangan. Bau tak sedap karena proses memasak dapat dikurangi dengan menggunakan pengharum ruangan, baik yang alami maupun buatan. Beberapa tanaman bunga juga dapat digunakan untuk mengharumkan dan mempercantik dapur.

Baca juga : Ini 5 Manfaat dan Kegunaan Cooker Hood 
Serta baca : 3 Penghisap Asap Dapur Murah Yang Layak Anda Miliki

Itulah 9 solusi atau hal yang perlu dilakukan jika udara dapur mungkin kotor, tapi kita tidak memiliki cooker hood. Jadi kira-kira kesimpulannya lebih praktis mana ya, antara pakai cooker hood dengan tidak pakai ?

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *