Ini Dia 5 Macam Kulkas Yang Wajib Anda Ketahui

Kulkas atau lemari es sekarang ini sudah menjadi bagian penting dari dapur kita. Dengan suhunya yang dingin, perangkat ini sangat berguna untuk menjaga kesegaran dan kualitas makanan yang kita miliki. Namun karena setiap rumah tangga memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda, maka harus dipikirkan seperti apa model kulkas yang cocok untuk keluarga di rumah. Ketersediaan ruang, gaya hidup, serta anggaran adalah beberapa pertimbangan penting sebelum kita memilih atau membeli kulkas.

Biasanya yang pertama kali kita miliki adalah kulkas 1 pintu, karena harganya cukup murah dan dapat menyimpan makanan lumayan banyak. Setelah keluarga semakin besar, baru memerlukan kulkas lain sesuai kebutuhan.

Berikut dibawah ini adalah 5 macam kulkas lainnya yang tersedia di pasaran serta bagaimana cara memanfaatkan lemari es tersebut secara maksimal.

#1. Kulkas Top Freezer

kulkas top freezer
Kulkas top freezer atau freezer atas, merupakan salah satu jenis kulkas yang banyak dipilih oleh masyarakat. Alasannya karena harga kulkas top freezer tergolong murah dan terjangkau. Hmm, faktor harga memang selalu menjadi tolok ukur pertama sebelum memilih atau membeli sesuatu.

Sesuai namanya unit freezer (pembeku) ada di bagian atas, dan unit pendingin (fridge) ada di bagian bawah. Kerugian kulkas top freezer adalah pengguna harus membungkukan badan untuk mengambil sesuatu dari unit fridge di bagian bawah. Padahal mungkin sebagian besar makanan akan disimpan di unit fridge, dan bukan di unit freezer.

Bagi orang yang sudah berumur, mungkin akan sulit untuk mengambil makanan dari dasar kulkas bagian belakang.

Walaupun demikian, kulkas top freezer merupakan model lemari es yang populer, baik untuk di dapur maupun ditaruh di garasi sebagai kulkas ekstra.

#2. Kulkas Freezer bawah (bottom freezer)

lemari es bottom freezer
Kulkas freezer bawah merupakan pilihan yang cocok untuk mereka yang memiliki dapur tradisional. Lemari es bottom freezer ini sama populernya dengan top freezer. Demikian pula harga kulkas freezer bawah tidak beda jauh dengan harga top freezer.

Di Indonesia, baik top freezer maupun bottom freezer sering disebut dengan kulkas 2 pintu. Baca juga : Memilih Kulkas Freezer Atas atau Freezer Bawah

Beberapa kelebihan kulkas bottom freezer :

- Bentuk pintu freezer ada dua opsi : bentuk pintu biasa atau bentuk laci yang dapat ditarik.
- Lebih mudah jika mengambil makanan yang ditaruh di bagian bawah.
- Desainnya sederhana.


#3. Kulkas side by side

lemari es side by side
Model kulkas side by side semakin hari semakin banyak disukai masyarakat. Itu karena model side by side punya banyak kelebihan serta akses masuk yang sama mudahnya antara unit freezer (pembeku) dan unit fridge (pendingin).

Kulkas side by side ada yang pintunya tepat dibagi di tengah, sehingga kapasitas pembeku dan pendingin sama. Tapi ada juga model side by side yang memberi ruang lebih banyak pada unit pendingin daripada pembeku. Alasannya karena makanan segar sering menyita lebih banyak tempat dari pada makanan beku.

Kelebihan kulkas side by side lainnya adalah bukaan pintunya tidak menyita banyak ruang, sehingga cocok untuk model dapur sempit tapi memanjang.

Baca : Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Side by Side


#4. Kulkas French door

lemari es french door
Mengapa dinamakan kulkas French door, mengapa bukan model American door ? Wallahu’alam. Jika Anda mencari kulkas dengan banyak fitur dan variasi mewah, maka model French door adalah jawabannya. Bisa dikatakan, lemari es ini merupakan kombinasi antara kenyamanan model bottom freezer dengan fleksibilitas model side by side.

Kulkas model French door merupakan jawaban bagi mereka yang memiliki dapur luas dan perlu kulkas berkapasitas besar.

Kelebihan kulkas French door :

- Punya beberapa laci freezer
- Mudah berpadu (match) dengan model kitchen cabinet.
- Model pintu ganda lebih efisien.

Kelemahan model French door adalah harganya yang mahal sehingga tidak terjangkau oleh kalangan tertentu.

#5. Kulkas mini / portable

kulkas mini / portable
Bila Anda tinggal di sebuah apartemen kecil, atau ingin lemari es yang cocok diletakkan di kantor atau kamar tidur, maka kulkas mini atau kulkas portable adalah jawabannya. Ini adalah lemari es kecil yang bentuknya kompak dan hemat ruang.

Baca : Panduan Memilih dan Membeli Kulkas Portable

Biasanya kulkas mini / portable juga sudah dilengkapi dengan unit freezer di dalamnya, tapi itu tergantung model atau merk. Yang jelas manfaat dan kegunaannya sama dengan kulkas lain yang ukurannya lebis besar.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *