Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Microwave

Saat ini microwave telah menjadi alat dapur pilihan bagi kebanyakan keluarga modern, karena sangat nyaman digunakan, praktis, efisien, hemat waktu, hemat uang dll. Mereka yang telah menggunakan pasti paham betul dengan kelebihan microwave.
kelebihan dan kekurangan microwave

Kelebihan microwave dan kekurangannya

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa ada juga masyarakat yang belum tau atau ragu dengan manfaat microwave. Atau sudah tau manfaatnya, tapi belum punya budget, sehingga belum bisa menggunakan alat ini. Karena itu, agar obyektif, dibawah ini akan dijelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan microwave.

Namanya juga buatan manusia, maka micro wave pun punya sisi plus dan minus-nya. Kami berharap, uraian singkat tentang kelebihan dan kekurangan microwave ini dapat menjadi masukan sebelum pembaca memutuskan apakah akan menggunakan, atau tidak menggunakan microwave.  

Kelebihan microwave   

1. Kelebihan microwave yang utama adalah waktu memasak bisa berkurang menjadi seperempat dari waktu yang dibutuhkan jika memasak dengan kompor gas. Jadi lebih hemat energy dan hemat waktu.
2. Hanya makanan yang dipanaskan, peralatan microwavenya sendiri tidak mendapatkan panas.
3. Memanaskan makanan beku hanya butuh waktu singkat.
4. Dapat memasak makanan dengan seragam, dalam arti rasa dan tekstur makanan tidak berubah.
5. Dapat meminimalkan hilangnya nutrisi makanan jika dibandingkan dengan memasak pakai pressure cooker.
6. Mengurangi penggunaan minyak, sehingga makanan lebih sehat dan rendah lemak.
7. Memasak lebih nyaman karena tidak perlu memeriksa masakan terus-menerus (takut gosong misalnya). Jika timer terpenuhi maka proses memasak akan berhenti secara otomatis.

Kekurangan microwave 

1. Jika dimasak terlalu lama, maka warna, tekstur, dan rasa makanan dapat berubah.
2. Tidak dapat membuat permukaan daging tampak kecoklatan, karena waktu masak yang singkat. Ini berbeda dengan jika memasak pakai cara lain.
3. Jika menggunakan wadah plastik, harus memakai wadah yang microwave safe.
4. Bisa berbahaya jika kita berdiri langsung didepannya, sementara microwave dalam posisi ON atau menyala.
5. Jika bentuk bahan makanannya tebal, pematangannya mungkin tidak merata karena penetrasi panas microwave terbatas. Sehingga bahan makanan perlu dipotong-potong dalam bentuk yang lebih kecil.
6. Kapasitas terbatas. Jika Anda suka pesta atau memasak dalam jumlah besar, maka akan kerepotan jika menggunakan microwave karena kapasitasnya terbatas.

Baca juga : Tips Memilih Microwave Oven Yang Bagus dan Tepat

Jika pembaca punya masukan, pengalaman dll tentang topik ini silakan menuliskannya dikolom komentar.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *