Daftar Makanan Yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Manfaat dan kegunaan kulkas atau lemari es sudah tidak diragukan lagi. Sejak abad 19, kulkas telah membuat apa yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan menjadi mungkin. Misalnya membuat es krim, memudahkan aneka resep minuman, sampai mengawetkan daging dan ikan agar tidak cepat membusuk.

Namun taukah pembaca, bahwa tidak semua makanan boleh disimpan di kulkas. Ada beberapa makanan yang sebaiknya justru tidak disimpan di kulkas.

makanan tidak disimpan di kulkas

Berikut daftar makanan yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas.

1. Kopi. Alasannya jika dingin biji kopi akan terasa kering dan hambar. Jadi jangan simpan kopi di dalam kulkas.

2. Madu. Lebih baik madu disimpan di rak saja, bukan di lemari es. Karena jika dalam suhu rendah madu akan lebih kental, mengkristal dan kasar.

3. Selai. Jenis makanan yang diawetkan seperti selai atau jeli, lebih baik disimpan di rak dapur daripada di kulkas.

4. Pisang. Suhu lemari es yang dingin akan menyebabkan pisang berwarna kecoklatan. Dan jika menyimpan pisang yang masih belum matang, maka pisang tak akan menjadi matang di dalam kulkas. Bahkan sekalipun anda mengeluarkannya dari kulkas.

5. Kecap. Kecap merupakan makanan hasil olahan fermentasi, yang dari komposisi kimianya membuat udara hangat dapat menjaga kualitas kecap.

6. Mentega. Sekalipun mentega hanya dapat bertahan selama sekitar satu minggu sebelum mengalami pembusukan, tapi metega lebih baik disimpan dalam suhu ruangan dari pada di kulkas.

7. Kue dan roti. Jika disimpan di lemari es, roti dan kue akan keras, kering dan berkerak. Dimakan juga tidak enak. Jadi cukup simpan di kotak penyimpanan roti yang ada di meja makan.

8. Buah melon. Daging buah melon yang lembut dan lezat dilindungi oleh kulitnya yang tebal dan kuat. Jika disimpan di kulkas sebelum dipotong, akan membuatnya warnanya pucat dan teksturnya kasar.

9. Kentang. Simpan kentang di tempat kering, misalnya dengan dibungkus kertas. Jika di kulkas, suhu dingin akan mengubah sari pati kentang menjadi gula. Sehingga rasanya cenderung manis, tekstur dan rasanya juga berubah.

10. Bawang merah dan bawang putih. Bawang-bawangan perlu udara terbuka, jadi jangan taruh di kulkas. Bawang hanya boleh masuk kulkas jika sudah dikuliti atau untuk keperluan resep tertentu.

11. Sambal pedas. Tingkat keasaman adalah faktor kunci bagi daya tahan sambal pedas. Kualitas sambal akan turun jika disimpan di kulkas.

12. Tomat. Jika disimpan di lemari es kematangan tomat akan berhenti dan rasanya hilang, karena struktur kimia yang terkandung di dalamnya berubah.

13. Apel, pir dan ceri. Menyimpan buah pada suhu kamar lebih baik, karena strukturnya yang lembek dan mudah dikunyah. Jika di kulkas akan membuatnya keras dan berbintik-bintik.

Baca juga : Agar Makanan di Kulkas Tetap Segar Tahan Lama
Serta : Panduan Memilih dan Membeli Kulkas Portable

Itulah daftar makanan yang sebaiknya tidak disimpan di lemari es atau kulkas. Jika pembaca ingin menambahkan, silakan tulis di kolom komentar.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *