Ini 5 Manfaat dan Kegunaan Cooker Hood

Di masyarakat kita, cooker hood sering disebut juga dengan penghisap atau penyedot asap dapur. Ada juga yang menyebutnya dengan cerobong asap dapur. Sedangkan di Barat, cooker hood sering sebut juga dengan range hood, kitchen hood, ventilation hood dll.

Cooker hood merupakan salah satu peralatan dapur yang paling berharga dan bermanfaat. Fungsinya adalah untuk mengusir asap, bau, serta udara panas dan kotor dengan cara menyedot, menghisap dan kemudian membuangnya ke tempat lain. Ada juga yang menyedot asap kotor tersebut, kemudian memprosesnya hingga bersih. Dan setelah bersih lalu disalurkan kembali ke dapur.

manfaat cooker hood dan kegunaannya

Baca juga : 6 Hal Sebelum Membeli Penyedot Asap Dapur

Manfaat dan kegunaan cooker hood

Mereka yang sudah menggunakannya pasti paham betul dengan manfaat cooker hood. Dan berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat dan kegunaan cooker hood buat dapur atau rumah Anda.

1. Menjaga udara di dapur tetap bersih dan sehat. Ini merupakan manfaat dan kegunaan cooker hood yang paling penting, terlepas dari apapun model dan cara kerjanya. Cerobong asap dapur tersebut akan menghisap udara kotor, yang jika terhirup akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Dengan hanya menekan sebuah tombol, cooker hood akan menghisap udara kotor yang tidak diinginkan dari dapur Anda. Dan ini juga berarti menekan pertumbuhan bakteri, kuman serta mengurangi jumlah karbon monoksida.

2. Mengurangi hawa panas. Semakin lama kita memasak di dapur, maka udara akan semakin terasa panas. Hawa panas tersebut bisa berasal dari kompor maupun dari uap masakan. Jika menggunakan cooker hood maka hawa panas tersebut akan ikut terhisap, sehingga suhu bisa turun. Dengan demikian kita dapat lebih fokus dalam memasak dan tidak direpotkan dengan keringat yang muncul di kening atau di leher.

Tentu saja, udaranya tidak akan sedingin jika kita menggunakan AC. Namun, itu sudah sangat membantu dalam menciptakan suasana nyaman di dapur.

3. Manfaat dari system pencahayaan. Setiap penghisap asap dapur selalu dilengkapi dengan lampu tersendiri untuk pencahayaan. Fungsinya adalah untuk menerangi apa yang kita lakukan selama memasak diatas kompor. Lampu tersebut sangat memadai agar kita tidak memasak dalam kondisi samar atau temaram.

System pencahayaan tersebut selain dapat mempercantik dapur, juga bisa lebih hemat listrik. Karena, kita tidak perlu menyalakan semua lampu dapur yang lain.  

4. Menambah nilai jual – nilai properti. Sekarang ini gaya hidup sehat semakin banyak diminati oleh masyarakat kita. Dengan memiliki dan menginstal cooker hood berarti kita peduli dengan kesehatan dan tampilan dapur kita. Tentu saja ini dapat menambah nilai properti yang kita miliki. Kita dapat menonjolkan sisi kelebihan cooker hood tersebut manakala suatu saat kita akan menjual rumah yang kita miliki.

5. Dapur lebih sehat, hidup lebih nyaman. Tak dapat dipungkiri bahwa keberadaan penyedot asap dapur membawa banyak manfaat bagi terciptanya udara yang lebih bersih serta dapur yang lebih sehat. Secara khusus, ini merupakan modal yang bagus bagi munculnya kreatifitas memasak yang lebih baik. Dan secara umum ini juga merupakan aset berharga bagi kesehatan seluruh anggota keluarga.

Baca juga : Tips Memilih Alat Penghisap Asap Dapur

Itulah 5 manfaat dan kegunaan alat penghisap asap dapur. Jika Anda ingin menambahkan silakan tulis di kolom komentar.

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *