Kelebihan dan Kekurangan Kompor Induksi

Penggunaan kompor induksi semakin hari semakin dikenal, terutama di perkotaan. Mereka yang memiliki dapur kecil serta dana terbatas memilih menggunakan kompor induksi ukuran kecil. Sedangkan mereka yang punya dapur luas dan dana berlebih, menggunakan kompor induksi ukuran besar.

Kompor induksi atau induction cooktops memang punya beberapa kelebihan dibandingkan kompor jenis lain. Namun pada sisi lain kompor ini juga punya kekurangan.

kelebihan dan kekurangan kompor induksi

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan kompor induksi.

Kelebihan kompor induksi :

#1. Pengaturan suhu cepat
Kelebihan kompor induksi yang utama adalah Anda dapat mengatur level suhu / temperatur yang diinginkan dengan cepat dan tepat. Sebelum kompor berteknologi induksi muncul, orang sangat menyukai kompor gas, karena kompor ini juga dapat menyalurkan suhu dengan cepat. Namun, untuk mengatur level suhu, kompor gas tidak memungkinkan. Sedangkan pada kompor listrik, untuk menaikkan atau menurunkan suhu / temperatur dilakukan secara perlahan.

Induction cooktops mampu mengatur level suhu dengan cepat dan presisi (exact). Suhunya juga lebih konsisten. Untuk mereka yang menekuni hobi masak dengan serius, pengaturan suhu yang tepat antara suhu tinggi, sedang atau rendah sangat diperlukan.

Dengan makin berkembangnya kompor induksi, boleh jadi suatu saat kelak, kita akan menyaksikan kompor gas menjadi “sejarah masa lalu” seperti halnya apa yang kita saksikan dengan “nasib” kompor / tungku batubara saat ini.

#2. Tidak ada panas yang terbuang
Pada kompor induksi, energi langsung disalurkan ke alat masak oleh medan magnet, dan lalu diubah menjadi panas. Hanya alat masak saja yang panas, sedangkan kompornya tetap dingin. Jadi, tidak ada energi yang terbuang.

Pada kompor gas atau kompor listrik, pertama-tama energi diubah menjadi panas melalui proses pembakaran, setelah itu disalurkan ke alat masak. Sehingga banyak energi panas yang terbuang percuma. Bahkan suhu udara didapur pun bisa terasa panas.

kelebihan kompor induksi

Gambar diatas ini dapat menggambar secara tepat, bahwa hanya area alat masak saja yang panas. Area lainnya tetap dingin. (coklat hanya meleleh diatas "alat masak" sedangkan yang ada diatas kompor induksi tetap padat).

#3. Keamanan
Kelebihan kompor induksi yang lainnya adalah lebih aman. Karena tanpa api dan kompornya sendiri tetap dingin, maka tidak akan ada tangan atau jari yang terbakar. Pada kompor ini, energi disalurkan lewat medan magnet ke pot atau alat masak saja. Sehingga, walaupun pada maksimum level, tangan Anda tidak merasa panas jika diletakkan di atas kompor. Namun hati-hati, karena alat masak bisa sangat panas. Jadi alat masak jangan disentuh.

Sumber daya kompor induksi adalah listrik, bukan gas. Jadi tidak ada istilah kebocoran gas yang dapat menimbulkan ledakan atau kebakaran.

Secara umum, kompor ini juga lebih aman terutama untuk anak kecil.

#4. Sehat dan nyaman.
Dengan tidak adanya proses pembakaran maka tidak akan terjadi kekurangan oksigen di dapur. Bau asap dapur juga bisa diminimalisir. Sehingga dapur pun lebih sehat dan nyaman.

Baca juga : Tips Memilih Alat Penghisap Asap Dapur / Cooker Hood

#5. Ketersediaan sumber daya
Energi listrik adalah sumber tenaga kompor ini. Sekarang ini listrik ada dimana-mana. Pada sisi lain tidak semua rumah memiliki instalasi pipa gas. Penyebaran listrik lebih luas dan lebih merata dibandingkan dengan penyebaran gas, misalnya.

#6. Mudah dibersihkan
Permukaan kompor ini sangat datar tanpa pernak-pernik yang rumit, sehingga mudah dibersihkan.

#7. Tampilan lebih menarik
Jika Anda suka dengan tampilan dapur yang rapi, estetik dan minimalis, maka kompor induksi adalah jawabannya.

#8. Praktis dan mudah dibawa
Kompor induksi jenis portable bentuknya kecil dan tidak perlu reservoir untuk menampung bahan bakar sehingga sangat praktis dan mudah dibawa.

Kekurangan kompor induksi :

Setiap produk teknologi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk kompor dengan teknologi induksi. Dan berikut ini adalah kekurangan kompor induksi.

#1. Alat masak terbatas
Kekurangan kompor induksi yang utama adalah hanya dapat bekerja dengan alat masak yang bereaksi terhadap magnet seperti stainless steel atau mengandung unsur besi. Sedangkan pada alat masak yang terbuat dari tembaga, kaca, atau keramik tidak dapat bekerja dengan baik.

Cara untuk mengetahui alat masak yang kompatibel dengan kompor induksi adalah dengan mengetesnya menggunakan magnet dekorasi yang sering ditempel anak-anak di pintu kulkas. Jika magnet mainan itu menempel kuat berarti alat masak itu cocok. Jika magnet menempel lemah atau tidak menempel berarti tidak cocok.

Cara memilih peralatan masak yang cocok untuk kompor induksi adalah seperti pada video berikut ini.



Jika anda bermaksud membeli alat masak untuk kompor induksi, pastikan ada keterangan kompatibel pada alat masak tersebut (pada video diatas ada tulisan "true induction" atau sejenisnya). Atau tes langsung dengan magnet seperti diatas.

#2. Supply listrik
Penggunaan kompor induksi sangat bergantung pada pasokan listrik. Jika pasokan terganggu Anda otomatis tidak dapat memasak. Pasokan gas bisa juga terganggu tapi biasanya dapat diantisipasi jauh-jauh hari.

Kelebihan dan kekurangan kompor induksi yang debatable

“Debatable” artinya bisa diperdebatkan, benar tidaknya tergantung kondisi riil di lapangan.

#1. Biaya lebih mahal
Harga kompor induksi sering dianggap lebih mahal dari kompor gas, sebab teknologinya juga lebih baru dan modern. Tapi jangan lupa, kompor adalah alat yang digunakan untuk tujuan jangka panjang, bukan sekali pakai. Jadi biaya pengoperasian mesti dihitung. Selain itu kelebihan kompor induksi dapat memasak lebih cepat dari kompor gas, sehingga dalam jangka panjang kompor induksi bisa lebih hemat.

#2. Harga listrik vs harga gas
Kompor induksi tergantung pada listrik, kompor gas tergantung pada gas. Mana yang lebih murah antara listrik vs gas ? Mungkin tak ada seorangpun yang bisa menjawabnya. Harga keduanya bisa fluktuatif dan sangat tergantung wilayah. Yang jelas, harga listrik dan harga gas hampir setiap tahun naik.

#3. Seputar pengaruhnya pada alat pacu jantung
Ada cukup perdebatan akhir-akhir ini tentang apakah induksi elektromagnetik dapat menimbulkan bahaya kepada orang-orang dengan alat pacu jantung, atau tidak.

Sementara para ahli tidak bulat tentang hal ini, maka situs ini merekomendasikan Anda untuk mengambil sikap yang paling aman yaitu tidak menggunakan kompor induksi jika Anda memiliki alat pacu jantung

Itulah kelebihan dan kekurangan kompor induksi, terutama jika dikomparasi dengan kompor gas ataupun kompor listrik. Jika Anda punya pendapat lain, jangan sungkan untuk berbagi pada kami.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Kompor Induksi"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *