Perbandingan Kompor Induksi VS Kompor Gas

Baik kompor induksi maupun kompor gas masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Demikian pula di masyarakat ada yang lebih menyukai kompor dengan teknologi induksi dan ada juga yang lebih menyukai kompor gas. Tulisan ini akan menguraikan secara singkat tentang perbandingan antara kompor gas vs kompor induksi.

Kompor induksi vs kompor gas

Perbandingan antara kompor induksi dan kompor gas dibawah ini dibuat secara garis besar. Selebihnya, Anda lah yang memutuskan manakah dari keduanya yang lebih sesuai untuk Anda.


Kompor gas    

Mari kita bahas tentang kelebihan kompor gas terlebih dahulu :

#1. Jika dinyalakan, kompor gas dapat langsung panas. Tidak ada waktu menunggu seperti halnya kompor listrik. Untuk mengetahui panas yang dihasilkan, dilakukan dengan cara melihat langsung pada besar kecilnya api.
#2. Hampir semua jenis peralatan masak dapat digunakan pada kompor gas.
#3. Hampir semua kompor gas menggunakan tombol kontrol manual dan bukan panel kontrol digital. Dan banyak juga orang yang lebih suka tombol manual dibanding panel digital.
#4. Harga kompor gas lebih murah dari kompor induksi.

Kekurangan kompor gas :

#1. Nyala api pada kompor gas adalah sumber panas, itu betul, tapi juga bisa menyebabkan terjadinya luka bakar.
#2. Jika terjadi kebocoran gas maka sangat berbahaya. Padahal tidak semua kompor gas dilengkapi sistem peringatan untuk mendeteksi adanya kebocoran gas.
#3. Lebih sulit dibersihkan, menimbulkan kerak hitam pada tungku dan alat masak. Kadang-kadang kotoran terselip dibawah kompor gas.

perbandingan kompor gas vs induksi

#4. Desain kurang elegan. Jika Anda menyukai konsep dapur yang minimalis namun estetik, maka kompor gas kurang sesuai. Gambar diatas menunjukkan bahwa desain kompor induksi bisa sangat keren.
#5. Tidak semua energi panas disalurkan ke alat masak, tapi banyak juga yang terbuang dan menyebabkan udara di dapur terasa panas. Jadi lebih boros energi.

Kompor induksi

Tentang kelebihan dan kekurangan kompor induksi telah dibahas di artikel terdahulu, silakan baca disini. Namun sekedar untuk me-refresh lagi, maka kami kutipkan ringkasannya.

Kelebihan kompor induksi : pengaturan suhu lebih cepat dan tepat, tidak ada energi panas yang terbuang, lebih aman, dapur lebih sehat dan nyaman, sumber daya (listrik) tersedia lebih banyak, mudah dibersihkan, tampilan lebih menarik.

Kekurangan kompor induksi : alat masak lebih terbatas, harga lebih mahal.

Video berikut ini akan menunjukkan perbandingan kinerja antara kompor induksi dan kompor gas. Kompor dengan teknologi induksi memasak air lebih cepat dari kompor gas.


Itulah perbandingan singkat antara kompor induksi vs kompor gas. Semoga Anda sudah dapat memutuskan mana yang lebih sesuai untuk dapur idaman Anda.

Baca juga : Pertimbangan Sebelum Beli Kompor Induksi Yang Bagus

0 Response to "Perbandingan Kompor Induksi VS Kompor Gas"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *