Pertimbangan Sebelum Membeli Kompor Induksi Yang Bagus

Pengertian kompor induksi

Apa itu kompor induksi ? Dalam bahasa yang sederhana, induction cooktops atau kompor induksi adalah sejenis kompor canggih yang memanfaatkan reaksi elektromagnetik antara cookware atau alat masak dengan zona induksi untuk menciptakan panas. Alat masak yang terbuat dari logam besi atau baja akan menempel di permukaan magnetik sehingga tercipta reaksi yang menghasilkan panas. Uniknya, reaksi panas hanya akan terjadi pada alat masak, sedangkan kompor-nya sendiri tetap dingin.

Lihat video tentang kompor induksi berikut ini :



Kompor induksi merupakan buah dari kemajuan teknologi yang akan menghemat banyak waktu dan energi di dapur. Bukan hanya itu, induction cooktops juga menawarkan solusi keamanan yang lebih canggih dari kemungkinan luka bakar atau sejenisnya.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Kompor Induksi

Pertimbangan sebelum beli kompor induksi

Setiap keluarga memiliki kebutuhan kompor yang berbeda. Nah, sebelum kita membeli kompor induksi yang bagus dan sesuai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya : alat masak, ukuran, jumlah tungku (burner), desain dll.

kompor induksi bagus

Berikut beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum membeli kompor induksi yang bagus :

#1. Alat masak dari stainless steel / besi

Kompor ini hanya bekerja dengan alat masak (cookware) yang bersifat magnetik, misalnya yang terbuat dari stainless steel atau besi. Untuk mengetahui nya mudah, yaitu dengan melakukan test magnetik.

Dekatkan alat masak tersebut pada sebuah magnet, jika magnet menempel berarti alat masak tersebut bersifat magnetik, dan dapat digunakan pada kompor ini. Jika tidak menempel artinya tidak bersifat magnetik dan tidak dapat digunakan pada kompor tersebut.

Reaksi magnet terhadap alat masak dari stainless steel berbeda satu sama lain. Semakin kuat magnet menempel pada stainless steel, maka semakin bagus alat masak itu digunakan pada kompor ini.

Alat masak yang terbuat dari keramik, kaca, atau aluminium tidak dapat digunakan pada kompor induksi, karena tidak bereaksi terhadap magnet.

#2. Apakah kompor induksi aman digunakan ?

Pertanyaan ini sering diajukan oleh mereka yang masih ragu dengan aman-tidaknya kompor tersebut. Jawabannya, kompor induksi aman digunakan. Bahkan, karena panas ditransfer langsung ke alat masak, maka kompornya sendiri tetap dingin. Hal ini sangat mengurangi resiko luka bakar akibat menyentuh kompor. Jadi buat anak kecil, kompor induksi juga lebih aman.

Namun setelah digunakan terus-menerus, bisa saja kompor menjadi hangat.

#3. Booster

Induction cooktops tak kalah powerful dari kompor gas atau kompor listrik. Bahkan, beberapa diantaranya memiliki fitur booster yang memungkinkan alat masak mencapai suhu yang diinginkan dengan cepat dan tepat. Kompor induksi yang memiliki fitur booster punya banyak keuntungan daripada yang tidak memiliki booster.

#4. Instalasi

Instalasi kompor ini mudah. Kebanyakan kompor induksi dapat langsung ditaruh diatas meja. Pastikan pilih ukuran yang sesuai, jangan sampai kompornya kegedean atau mejanya kekecilan. Jika Anda tidak paham soal instalasi listrik, Anda dapat minta bantuan pada orang yang ahli.

#5. Desain

Kompor ini permukaannya datar atau flat, dan terbuat dari bahan kaca keramik. Kaca keramik sifatnya sangat keras, sehingga tidak akan tergores dalam pemakaian normal. Pengaturan suhu dilakukan dengan kontrol sentuh digital sehingga suhunya tepat.

Desain kompor dengan permukaan flat sangat menguntungkan karena mudah dibersihkan. Selain itu juga simple dan elegan.

#6. Ventilasi

Pada pemakaian kompor induksi, hawa panas dari kompor jauh berkurang. Namun bau masakan, asap dan lemak masih ada, sehingga ventilasi tetap diperlukan. Sebuah cooker hood, ventilation hood, ataupun exhaust fan, bisa menjadi pilihan.

Pada beberapa tipe ada yang dilengkapi dengan system ventilasi yang terintegrasi dengan perangkat. Namun Anda harus membeli system ventilasi ini secara terpisah.

Rekomendasi kompor induksi serta harganya

Merk kompor induksi yang dijual di pasaran sangat banyak, demikian pula harganya bervariasi. Jika Anda menemui kesulitan tentang mana yang akan dipilih, maka beberapa tipe berikut ini layak menjadi pertimbangan

1. Philips HD 4932 Harga Rp.950.000
2. Cosmos CIC 996 Harga Rp.840.000
3. Midea IC 1613 Harga Rp.750.000
4. Kenwood IH 470 Harga sekitar Rp.2.100.000
5. Mastoso MT-57 Harga sekitar Rp.3.770.000

Keterangan : Harga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan penjual

Itulah beberapa pertimbangan sebelum membeli kompor induksi yang bagus dan sesuai. Ada yang ingin menambahkan ?

0 Response to "Pertimbangan Sebelum Membeli Kompor Induksi Yang Bagus "

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *