Tips Memilih Magic Com Yang Bagus dan Berkualitas

Magic com merupakan salah satu alat dapur yang paling bermanfaat dan hampir setiap keluarga di Indonesia memilikinya. Tapi tunggu, apa itu magic com ?

Bedanya magic com, magic jar dan rice cooker

Magic com adalah alat penanak nasi yang sekaligus juga dapat dipakai untuk menghangatkannya. Alat masak ini merupakan “gabungan” dari rice cooker (penanak nasi) dan magic jar (penghangat nasi). Meskipun bentuk ketiganya mirip, namun penggunaan magic com lebih mudah dan praktis, dibandingkan dengan rice cooker ataupun magic jar.

gambar magic com yang bagus

Pada mulanya rice cooker fungsinya untuk menanak nasi saja, tidak dapat untuk menghangatkan. Magic jar fungsinya untuk menghangatkan nasi saja, tidak dapat untuk menanak. Nah, magic com bisa digunakan untuk menanak dan menghangatkan nasi.

Di jaman yang makin canggih ini, magic com sering juga disebut multi cooker, atau rice cooker 3 in 1. Yaitu mencakup fungsi menanak, menghangatkan dan mengukus. Di luar negeri magic com sering disebut dengan combo rice cooker, karena menggabungkan fungsi cooker dengan fungsi steamer.

Rice cooker dengan fungsi terbatas seperti pada pengertian awalnya, sekarang ini hampir tidak ada lagi.

Tips memilih magic com yang bagus : 

Memiliki sebuah magic com yang bagus, berkualitas dan tahan lama merupakan idaman kita semua. Nah, dibawah ini adalah tips singkat memilih magic com bagus, yang berkualitas dan tahan lama.

#1. Ukuran. Pilih magic com yang ukurannya tepat sesuai dengan kebutuhan. Ukuran magic com bervariasi mulai dari ukuran kecil, sedang, besar sampai super jumbo. Keluarga dengan anggota ayah, ibu dan dua anak, punya yang berukuran sedang sudah memadai. Pemilik warung makan dan resto perlu ukuran besar bahkan jumbo atau super jumbo.

#2. Harga. Orang bilang beda kualitas beda harga. Nah, harga magic com biasanya tergantung pada ukuran, fitur, dan merk. Semakin besar ukurannya, semakin lengkap fiturnya atau semakin terkenal merknya maka harga magic com juga semakin mahal.

#3. Mudah digunakan. Pilih magic com yang mudah digunakan. Sebab, tujuan orang memilih dan membeli magic com intinya adalah untuk memudahkan kegiatan memasak dan menghangatkan nasi.  Biasanya semakin sederhana desainnya maka semakin mudah digunakan.

Misalnya magic com model basic dengan satu tombol. Pada model ini, tombol akan berubah secara otomatis dari fungsi cooker ke fungsi steamer manakala nasi yang ada di dalamnya sudah matang. Sangat mudah digunakan, bukan ?

#4. Daya tahan. Sebagian dari kita mungkin sudah cukup senang mendapatkan magic com yang harganya murah, sebagian lagi menginginkan magic com yang awet dan tahan lama. Cari informasi sebanyak mungkin dari teman atau saudara, tentang magic com harga murah tapi awet dan tahan lama.

rise cooker - magic com bagus
#5. Merk magic com populer. Magic com yang bagus biasanya berasal dari merk yang terkenal. Meskipun tidak selalu seperti itu. Beberapa merk magic com yang bagus dan terkenal di dalam negeri misalnya : Yong Ma, Cosmos, Sharp, Sanken, Kirin, Miyako, Philips, Panasonic dll.

Tips agar nasi di magic com tidak cepat basi 

Pada beberapa kasus kita sering mendengar bahwa nasi di magic com cepat bau atau basi. Nah, lakukan hal berikut ini agar nasi di magic com tidak cepat basi : cuci beras hingga bersih (dua kali bilasan sudah cukup), gunakan takaran air yang sesuai saat menanak (misalnya dua ruas ibu jari), bersihkan perangkat dari sisa nasi yang menempel, dan jangan memanaskan nasi sepanjang malam.

Tips agar magic com awet dan tahan lama

Perhatikan hal berikut ini agar magic com yang sudah Anda beli awet dan tahan lama :
- Jangan memasak air dengan magic com, karena umumnya alat ini hanya dirancang untuk menanak dan menghangatkan nasi.
- Jangan mencuci unit pan (tempat penanak) dengan sikat kawat, karena akan merusak permukaan teflon yang anti lengket. Untuk mencucinya pakai spons yang lembut.
- Jangan mencuci beras langsung dengan pan, karena butiran beras yang kasar dapat merusak permukaan teflonnya. Gunakan wadah lain untuk mencuci beras, kemudian pindahkan ke pan setelah beras bersih.
- Bagian luar dapat dibersihkan dengan lap basah, lalu keringkan dengan lap kering dan bersih.
- Lepaskan kabel dari stop kontak jika tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Beberapa merk magic com bagus tahun 2016 dan harganya

Berikut kisaran harga magic com dengan kualitas baik yang dijual di pasaran :
- Sanken SJ120SP, kapasitas 1 liter, kisaran harga Rp.414.000
- Sharp KSR18MPSK, kapasitas 1,8 liter, kisaran harga Rp.316.000
- Yong Ma YMC111, kapasitas 2 liter, kisaran harga Rp.840.000
- Miyako MCM-528, kapasitas 1,8 liter, harga sekitar Rp.272.000
- Polytron PRC-1807, kapasitas 1,8 liter, harga sekitar Rp.325.000
- Kirin KRC 389, kapasitas 1,8 liter, harga sekitar Rp.410.000
- Cosmos CRJ-6023 Harmond Angry Bird, kapasitas 1,8 L,
- Panasonic SR-CEZ18SSR Silver, harga sekitar Rp.548.000
- Philips HD-3018, kapasitas 1,8 liter, kisaran harga Rp.499.000
- Yong Ma YMC 109 Colored Stainless Red, kapasitas 2 liter, kisaran harga Rp.575.000

Harga magic com diatas mungkin disa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan penjual
.

Beli magic com yang bagus dan berkualitas dimana ?

Magic com yang kualitasnya bagus pada dasarnya dapat dibeli dimana saja. Baik di toko alat dapur langganan terdekat maupun di toko online. Jika Anda berniat membelinya secara online, maka belilah dari toko online yang terpercaya atau Silakan klik disini. Mudah-mudahan Anda mendapatkan magic com terbaik dan berkualitas sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Itulah tips singkat memilih magic com yang bagus dan tahan lama. Baca juga : Panduan Memilih dan Membeli Panci Presto Yang Bagus. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Tips Memilih Magic Com Yang Bagus dan Berkualitas"

Download Game Andorid Apk said...

Mantab nih buat ganti Magic Com yang udah rusak

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *