Keuntungan - Kerugian Menggunakan Robot Vacuum Cleaner

Apa itu robot vacuum cleaner dan apa pula keuntungan bila kita menggunakannya ? Robot vacuum cleaner adalah alat pembersih debu ukuran kecil berbentuk cakram yang dilengkapi dengan sensor otomatis. Vacuum cleaner robotic dapat diprogram kapan waktunya untuk membersihkan lantai atau karpet di rumah, sementara kita dapat bersantai atau melakukan hal lain. Robot pembersih lantai ini cocok untuk orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk membersihkan lantai atau karpet.

robot vacuum cleaner

Harga robot vacuum cleaner cukup murah. Cara menggunakannya pun lumayan simple. Berikut ini beberapa kelebihan atau keuntungan menggunakan vacuum cleaner robotic :

#1. Hemat waktu dan tenaga
Membersihkan lantai atau karpet menguras banyak waktu dan tenaga. Jika kita adalah karyawan kantor yang bekerja seharian dari pagi hingga petang, kegiatan bersih-bersih lantai bisa sangat melelahkan. Kita mungkin dapat menggaji pembantu atau asisten rumah tangga untuk urusan ini, tapi itu artinya harus ada dana tambahan untuk menggaji mereka setiap bulan.

Menggunakan vacuum cleaner robotic merupakan solusi bijak untuk mengatasi hal ini. Karena alat ini dapat melakukan pekerjaan membersihkan lantai secara otomatis dan tanpa pengawasan. Kita bahkan bisa mengatur kapan robot pembersih debu ini bekerja. Dengan memilih robot vacuum cleaner yang bagus dan tepat, kita akan menghemat banyak waktu dan tenaga.

#2. Cocok untuk orang yang sibuk atau penyandang disabilitas
Orang yang super sibuk atau orang yang memiliki keterbatasan fisik tertentu (disabilitas) lebih cocok menggunakan vacuum cleaner robotik. Karena alat ini dapat diseting untuk membersihkan lantai kapan saja. Perawatan alat ini juga cukup murah sehingga lebih hemat dari pada menyewa jasa pembantu atau asisten rumah tangga.  

#3. Dapat mendeteksi permukaan lantai
Sebuah robot vacuum cleaner dapat mendeteksi perbedaan permukaan lantai antara bidang yang satu dengan yang lainnya, sekaligus menyesuaikan pengaturan untuk masing-masing bidang lantai. Alat ini juga dapat mengenali dinding dan turunan tangga, dan akan berbalik manakala menjumpainya.

#4. Fiturnya lengkap dan canggih
Penghisap debu robotik model terbaru memiliki fitur yang lengkap dan canggih, sehingga membersihkan debu lebih maksimal. Misalnya kantong debu yang lebih besar sehingga dapat menampung debu dari beberapa kali pembersihan. Sensor canggih yang dapat membedakan antara permukaan lantai biasa dan karpet, sekaligus menyesuaikan transisi pengaturannya, dll.

Kecanggihan robot vacuum cleaner bisa digambarkan dalam video berikut ini :


#5. Dapat mengisi ulang (recharge) baterai secara otomatis
Vacuum cleaner robotic bekerja dengan baterai listrik yang bisa diisi ulang. Hebatnya robot ini dapat mengisi ulang baterainya secara otomatis. Jadi jangan khawatir ia akan mogok ditengah jalan gara-gara kehabisan baterai. Sebelum baterainya benar-benar habis, robot pembersih debu ini akan menuju docking untuk isi ulang.

Alat ini juga akan kembali ke docking jika tugasnya sudah selesai.

#6. Dapat dibatasi area kerjanya dengan dinding virtual
Dinding virtual adalah dinding maya yang dibuat sebagai batas agar robot vacuum cleaner ini tidak menyeberang melewati batas tersebut. Fitur ini sangat bermanfaat misalnya agar alat ini tidak nyelonong ke teras atau keluar rumah pada saat pintu rumah dibuka.

#7. Mampu mendeteksi banyak-sedikitnya debu di suatu tempat
Robot vacuum cleaner terbaru memiliki sensor canggih yang dapat “menghitung” jumlah debu atau kotoran di suatu tempat. Jika jumlah debunya kira-kira banyak maka ia akan berputar-putar ditempat tersebut sampai bersih. Lihat video diatas.

#8. Mudah dirawat dan dibersihkan
Cara merawat vacuum cleaner robotik sangat mudah. Jika dirawat dengan benar, penghisap debu dan kotoran ini bisa awet bertahun-tahun. Misalnya dengan menyingkirkan lebih dulu partikel tajam yang ada dilantai agar tidak tersedot, mengganti kantong debu, rajin membersihkan filter dll.

#9. Ukurannya kecil, kompak dan mudah disimpan
Dibandingkan dengan model upright ataupun canister, maka penghisap debu robotic ukurannya jauh lebih kecil. Bentuknya pun kompak sehingga mudah disimpan dimana saja, dan juga mudah dibawa kemana saja.

#10. Ideal untuk kaum difabel dan lansia
Untuk orang yang punya masalah mobilitas, seperti lansia dan difabel, maka penggunaan robot vacuum cleaner sangat menguntungkan. Kita tidak perlu memegangnya kesana-kemari. Tinggal pencet remote, selesai. Alat ini akan menghisap debu dan kotoran di lantai secara otomatis.

Kerugian atau kelemahan vacuum cleaner robotic

Robot vacuum cleaner relatif baru dijual di pasaran.  Di satu sisi robot pembersih ini punya banyak manfaat atau keuntungan karena dapat membersihkan lantai rumah secara otomatis. Namun pada sisi lain, robot vacuum juga punya beberapa kelemahan.

Kerugian atau kelemahan vakum robotic misalnya seperti di bawah ini.

#1. Kapasitas robot vacuum termasuk kecil dibandingkan dengan vakum standar. Itu berarti alat pembersih ini kapasitasnya tidak dapat banyak menampung kotoran. Jadi Anda harus lebih sering mengosongkan atau mengganti kantung debu agar dapat terus bekerja.

#2. Kerugian lain adalah pada daya baterai. Tapi ini tergantung pada merk vakum dan modelnya. Ada yang daya baterainya cepat terkuras ada juga yang hemat baterai.

Banyak juga model robot vakum yang dapat mengisi ulang baterai secara otomatis setelah mereka selesai membersihkan.

#3. Harga robot vakum cleaner cenderung lebih mahal dari vacuum standar. Maklum teknologinya juga lebih maju. Namun harga vacuum robotic terus menurun dalam beberapa tahun terakhir.

#4. Biaya pemeliharaan relatif lebih tinggi dibandingkan vakum biasa.

Baca juga : Tips Memilih Vacuum Cleaner Yang bagus dan Terbaik

Itulah kelebihan dan kekurangan robot vacuum cleaner. Silakan dipertimbangkan untung ruginya menggunakan robot ini. Bagaimana, tertarik ?

2 Responses to "Keuntungan - Kerugian Menggunakan Robot Vacuum Cleaner"

Muhammad Qhodi Akbar said...

Tapi kayaknya belum ada di indonesia ya sob hehe

Slamet Riyadi said...

@Muhammad Qhodi Akbar : Di Indonesia vakum robot sdh banyak mas, cek disini http://ho.lazada.co.id/SHJG80

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *