Tips Menata Tanaman di Dapur Agar Udara Lebih Segar

Menata tanaman di dapur agar udara lebih segar

Dapur di era modern tidak seperti dapur tempo dulu yang sumpek dan panas. Isinya hanya perabot dapur dan perlengkapan makan semata. Letaknya pun dibelakang dan tersembunyi. Di jaman modern, dapur merupakan bagian rumah yang juga sering sengaja “diperlihatkan” pada para tamu yang berkunjung ke rumah.

Jaman sudah berubah. Demikian pula selera dan pandangan orang tentang dapur. Dapur yang nyaman dengan udara yang segar sudah bukan hal yang aneh. Salah satu cara untuk menciptakan dapur yang nyaman dan udaranya segar adalah dengan meletakkan tanaman di dapur.

Menurut penelitian terbaru, meletakkan tanaman di dapur dapat membuat udara lebih segar serta mengusir bau tak sedap.

Jika dapur di rumah Anda cukup luas, hmm .., tidak ada salahnya menata beberapa tanaman di dapur. Bagaimana caranya ? Berikut 5 tips menata tanaman di dapur rumah.  

#1. Gunakan pot kecil
Kenapa pot kecil ? Karena ringan he he ..

Begini, bila ingin meletakkan tanaman di sekitar dapur, sebaiknya masukkan ke dalam pot kecil. Carilah pot yang ukurannya paling kecil terutama jika area dapur terasa sempit. Cukup satu atau dua pot, jangan banyak-banyak.

Bisa juga menggunakan mug yang unik dan bermotif lucu. Jika kita punya mug yang sedikit gopal, tapi masih sayang jika di buang, gunakan untuk wadah tanaman. Tapi jangan lupa melubangi bagian bawahnya untuk sirkulasi air.

Selain tanaman yang ditanam di tanah atau dalam pot, kita juga bisa menggunakan media tanam air atau hidroponik.

#2. Letakkan di sudut ruangan
Salah satu tempat terbaik untuk meletakkan tanaman di dapur adalah di bagian sudutnya. Di situ, kita bisa meletakkan tanaman yang ada di pot kecil tadi agar tidak menghabiskan tempat.

Tumbuhan lemon cocok untuk dapur karena dapat memancarkan aroma segar serta mampu menangkal bau yang khas dari proses masakan.

3. Letakkan dekat jendela
Jika dapur di rumah memiliki jendela, kita bisa meletakkan tanaman tersebut di dekat jendela. Siram dengan rutin agar tetap segar. Jangan lupa buka jendela setiap pagi agar tanaman terkena sinar matahari. Tanaman yang berada di dekat jendela mampu menyaring keluar-masuknya oksigen dalam ruangan.

Alternative lainnya adalah pot tanaman tersebut ditaruh dalam rak dapur.

#4. Jangan taruh dekat wastafel
Ketika Anda ingin menghias dapur dengan tanaman yang memiliki bunga warna-warni sebaiknya hindari meletakkannya dekat wastfel. Mengapa? Karena kelembaban dan semprotan air yang dicampur dicampur sabun cuci piring bisa membuat bunga cepat mati atau layu.

#5. Pilih tanaman yang sesuai 
Pilih tanaman favorite kita untuk diletakkan di dapur rumah. Menurut Bold Sky, tanaman yang cocok untuk dapur memiliki daun terlihat mengkilap. Karena daun yang mengkilap akan memudahkan saat membersihkan atau menghilangkan lemaknya.

Yang pasti, meletakkan tanaman di dapur selain membantu menyerap polusi udara atau asap yang dihasilkan kegiatan memasak, juga akan menambah asri saat kita mengajak tamu atau saudara makan di dapur kesayangan.

0 Response to "Tips Menata Tanaman di Dapur Agar Udara Lebih Segar"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *