Chef Asia Ini Beberkan 9 Peralatan Yang Diperlukan Untuk Masakan China

Alat masak untuk masakan China 

Restoran yang menghidangkan masakan China atau Chinese food mudah kita temukan. Penggemarnya pun ada dimana-mana. Termasuk barangkali kita sendiri. Hidangan khas China, memang terkenal dengan rasanya yang enak dan lezat. Jadi tidak heran, jika sajian Chinese food populer di seluruh dunia.

klakat - kukusan bambu untuk masakan Cina
Klakat - kukusan bambu

Karena satu dan lain hal, sekali waktu mungkin kita pernah mencoba bikin masakan China di rumah. Tapi hasilnya tak seenak buatan restoran. Apanya yang salah ya ? Nah, barangkali peralatan masak yang digunakan kurang tepat.

Membuat masakan China perlu alat masak khusus serta bahan dan bumbu yang berkualitas. Hal itu diungkap oleh Hana Chung, seorang chef masakan Asia kepada Chowhound (24/01/17).

Berikut 9 alat masak yang diperlukan untuk membuat masakan Cina, seperti yang biasa dipakai di restoran. Alat masak ini dapat membuat masakan cina yang kita buat makin enak.

1. Sumpit bambu panjang
Sumpit panjang gunanya untuk mengaduk makanan atau masakan China. Sumpit ini terbuat dari bambu dan punya ukuran yang lebih panjang dari sumpit biasa. Masakan China terkenal dengan potongan-potongan kecil yang jika diaduk dengan spatula akan cepat hancur.

2. Sumpit pendek
Sesuai namanya ukuran sumpit ini lebih pendek, dan digunakan untuk makan, bukan untuk memasak. Biasanya sumpit ini dipakai untuk menyantap hidangan mie, udang, dim-sum atau pun daging.

3. Wok atau wajan bundar 
Menurut Chef Chung, wok atau wajan bundar dibutuhkan dalam semua masakan China. Wok digunakan menggoreng, menumis, atau merebus. Wajan bundar memang memungkinkan untuk memusatkan aliran panas ke bagian bawah. Sedangkan pada bagian sisinya adalah untuk mendinginkan makanan. Pada saat mengaduk masakan, wok biasanya akan digoyang-goyangkan.

wok - wajan bundar
Wok - wajan bundar

Masih menurut Chef Chung, wok atau wajan bundar yang bagus adalah yang terbuat dari besi baja bukan yang anti lengket.

4. Parutan jahe
Akar jahe yang masih segar banyak dipakai pada masakan Cina, dan bukan menggunakan bubuk jahe kemasan. Dan rasa pedas khas jahe merupakan salah satu ciri masakan Cina. Nah, untuk memarut akar jahe tersebut gunakan parutan jahe agar air jahenya keluar.

5. Saringan
Saringan diperlukan untuk mempermudah proses memasak. Sebab, masakan China banyak yang harus digoreng atau direbus.

6. Pisau golok
Pisau golok merupakan peralatan wajib bagi para koki masakan China. Pisau golok digunakan untuk memotong daging ayam utuh atau daging bebek, serta memotong sayuran. Pisau multifungsi ini punya ukuran mata pisau yang besar. Lihat gambar pisau golok dibawah ini.

pisau golok
Pisau golok

7. Klakat atau kukusan bambu 
Gambar klakat atau kukusan bambu adalah seperti yang ada di awal tulisan ini. Daripada panci, kukusan bambu atau klakat mungkin lebih baik untuk mengukus masakan China. Klakat diperlukan untuk mengukus beberapa makanan China seperti dimsum, ikan, daging, kue, roti, serta sayuran. Klakat dipercaya dapat menghasilkan rasa makanan yang lebih baik. Biasanya klakat disusun bertumpuk, dengan beberapa makanan di dalamnya. Jadi bisa matang sekaligus bersamaan.

8. Wok spatula
Wok spatula adalah spatula khusus untuk dipakai pada wajan wok yang memiliki lengkungan. Wok spatula terbuat dari bahan stainless steel dan bentuknya panjang. Pada bagian bawahnya bundar seperti sendok sayur. Gunanya untuk mengaduk dan menaruh makanan.

9. Rice cooker atau magic com
Gunanya sudah jelas yaitu untuk memasak nasi. Karena orang China gemar makan nasi, khususnya di China bagian selatan. Memasak nasi dengan rice cooker atau magic com akan menghemat banyak waktu.

Baca juga : Tips Memilih Magic Com Yang Bagus dan Berkualitas

Itulah 9 peralatan masak yang diperlukan untuk mengolah hidangan Chinese food. Tentu saja, selain peralatan masak,  untuk menghasilkan masakan yang lezat juga dibutuhkan bahan makanan dan bumbu yang berkualitas.

0 Response to "Chef Asia Ini Beberkan 9 Peralatan Yang Diperlukan Untuk Masakan China "

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *