Cara Menghilangkan Bunga Es di Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Cara menghilangkan bunga es di kulkas 

Bunga Es merupakan fenomena membekunya uap air di dalam kulkas atau lemari es. Fenomena ini biasa terjadi pada kulkas dengan satu pintu. Lemari es jenis ini tidak memiliki fungsi defrost seperti halnya kulkas dua pintu. Fungsi defrost ialah kemampuan kulkas secara otomotis dalam membersihkan bunga es di kulkas.

cara menghilangkan bunga es di kulkas
Penyebab timbulnya bunga es ialah karena adanya uap air di udara yang membeku dalam freezer. Sering kita jumpai kulkas sudah penuh dengan bunga es yang menumpuk. Namun kita sering membiarkan tumpukan bunga es tersebut hingga menutupi  semua bahan makanan.

Penumpukan bunga es akan menimbulkan dampak negatif bagi kinerja kulkas dalam fungsinya menyimpan bahan makanan agar tetap dalam kondisi segar.

Nah, sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkan bunga es di kulkas, alangkah baiknya jika kita bahas dulu mengenai dampak negatif apa saja yang di akibatkan oleh bunga es tersebut?

Dampak negatif bunga es di kulkas 

Kerak es akibat tumpukan bunga es akan mengurangi kapasitas kulkas. Hal tersebut berdampak pada kapasitas bahan makanan yang dimasukkan. Bahan makanan yang bisa dimasukkan hanya dalam jumlah yang sedikit.
Oleh karena tumpukan bunga es di dalam kulkas, kita akan mengalami kesulitas mengambil bahan makanan yang disimpan di kulkas.
Akibat penumpukan bunga es, bahan makanan yang kita simpan di dalam lemari pendingin tersebut akan cepat membusuk.  Hal itu dikarenakan tumpukan bunga es menutupi selang yang berfungsi mengeluarkan udara dingin di dalam kulkas, bahan makanan pun akhirnya jadi cepat membusuk.

Rajin membersihkan kulkas secara teratur merupakan solusi tepat menghindari dampak negatif timbunan bunga es di kulkas. Namun, bagaimana jika kulkas kita sudah dipenuhi dengan timbunan bunga es? Tak perlu khawatir, Anda dapat menghilangkan bunga es tersebut dengan beberapa cara.

Cara menghilangkan bunga es di kulkas satu pintu 

Langkah pertama yang dilakukan ialah mempersiapkan handuk bersih / kain bersih, lap kering, air bersih,  sarung tangan karet, koran bekas, air panas, spons rumah tangga, penggosok dari logam, deterjen pencuci, bak air atau ember, semprotan air, kertas tisu dan kantong pendingin (cooler bag).

Keluarkan terlebih dahulu benda-benda di dalam kulkas seperti laci, tatakan, dan rak. Bersihkanlah benda-benda tersebut. Namun, apabila benda-benda tersebut sulit dikeluarkan akibat dipenuhi oleh tumpukan bunga es, sebaiknya tunggulah hingga bunga es mencair.

Selanjutnya aturlah suhu kulkas sehingga berada dalam suhu terendah. Hal ini dilakukan  supaya timbunan bunga es dapat mencair. Apabila kulkas Anda tidak banyak isinya lebih baik matikan saja kulkasnya agar Anda dapat menghemat listrik.

Bukalah pintu kulkas selama proses pencairan bunga es berlangsung.

Setelah sekitar 30 menit, bunga es akan sedikit demi sedikit mencair. Apabila bunga es sudah mencair, semua bahan makanan di dalam kulkas dapat dikeluarkan.

Tariklah selang pembuangan dalam kulkas hingga keluar kemudian carikan jalan agar air di dalam kulkas dapat keluar. Hal ini dapat dilakukan dengan menghubungkan selang pembuangan dengan selang yang lebih panjang. Anda juga  bisa meletakkan pengganjaldi bawah kaki depan lemari pendingin untuk mempermudah keluarnya air agar mengalir ke saluran pembuangan.

Agar bunga es yang sudah mencair tidak menyebar kemana-mana, celupkanlah handuk yang sudah disiapkan ke dalam air panas. Selanjutnya letakkan handuk tersebut ke dalam kulkas.

Tunggulah sekitar 5-10 menit  hingga handuk mulai dingin. Setelah handuk dingin, ambilah handuk tersebut dan masukkan kembali ke air hangat. Gosokkan handuk hangat secara merata ke dinding-dinding kulkas. Lakukan berulangkali hingga bunga es di dinding-dinding kulkas mencair.

Langkah terakhir ialah menghilangkan bunga es di kulkas dengan menggunakan lap kering. Digunakan untuk mengilangkan bunga es yang berada di sela-sela kulkas, penggunaan lap kering juga juga untuk mengelap seluruh bagian kulkas menjadi lebih bersih.

Apabila Anda merasakan ada bau tidak enak dalam freezer, gunakanlah campuran air dan soda kue untuk membersihkan bagian freezer. Soda kue dipercaya ampuh menghilangkan bau tidak sedap. Tentunya penggunaanya aman bagi kesehatan Anda.

Dalam upaya menghilangkan bunga es di kulkas satu pintu, hindarilah menggunakan barang tajam. Sebaiknya bersabarlah hingga bunga es mencair. Apabila lapisan evaporator dalam lemari es rusak maka lemari es tersebut tidak bisa menghasilkan suhu dingin. Hal ini disebabkan oleh gas refrigerant menjadi terbuang begitu saja dan tidak menghasilkan suhu dingin.

Dalam penggunaannya, kita mesti mengatur suhu kulkas tersebut. Suhu yang dipilih sangat mempengaruhi kecepatan pertumbuhan bunga es di dalam kulkas. Pertumbuhan bunga es akan semakin cepat apabila kita memilih suhu yang rendah. Sebaiknya pilihlah suhu kulkas di bawah titik beku air.

Pilihan yang paling tepat ialah pada kisaran -1 sampai -5 Celcius. Pada kisaran suhu tersebut pertumbuhan bunga es di dalam kulkas melalui proses yang panjang. Tentunya kita dapat mengatur kapan waktu untuk mulai membersihkan lemari es tersebut. Secara teratur membersihkan kulkas akan membantu kita mengurangi timbulnya bunga es yang menumpuk di dalam kulkas.

Cara menghilangkan bunga es di kulkas dua pintu 

Selain jenis kulkas satu pintu, penggunaan kulkas dua pintu juga memiliki cara tersendiri dalam upaya pembersihan bunga es. Kulkas dua pintu biasanya memiliki fungsi defrost.  Untuk membersihkan bunga es di kulkas dua pintu, Anda cukup menekan tombol defrost. Tunggulah hingga beberapa jam kemudian. Defrost memiliki heater yang berfungsi mencairkan bunga es secara cepat. Pada beberapa jenis kulkas dua pintu, fungsi defrost berperan mengeluarkan refrigerant dan mengalirkannya ke evaporator.

Baca juga : Tips Maintenance Agar Kulkas Awet dan Tahan Lama

Demikianlah ulasan mengenai bagaimana cara menghilangkan bunga es di kulkas. Semoga bermanfaat buat pembaca.

0 Response to "Cara Menghilangkan Bunga Es di Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu "

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *