Mau Beli Pemanas Air Listrik (Electric Kettle) Yang Bagus, Ini Tipsnya

ketel listrik yang bagus
Tips membeli pemanas air listrik (electric kettle) 

Saat cuaca dingin, minum secangkir kopi atau teh panas pasti sangat nikmat. Apalagi jika Anda terbiasa begadang mengejar deadline sampai larut malam. Sayangnya keinginan minum secangkir teh atau kopi bisa batal jika tidak ada air panas.

Nah, sebuah pemanas air seperti ketel elektrik (electric kettle) pasti sangat dibutuhkan pada saat-saat seperti diatas. Dalam bahasa sehari-hari ketel sering disebut juga dengan ceret atau cerek. Jadi kenapa tidak prepare saja sekalian dengan memiliki sebuah pemanas air elektrik untuk di rumah ?  

Jika tertarik untuk memilikinya, berikut beberapa tips sebelum membeli pemanas air listrik – ketel elektrik yang bagus.

#1. Kelebihan ceret listrik / ketel elektrik
Sebelumnya ketahui dulu kelebihan dan keunggulan ketel elektrik ini. Dibandingkan dengan memasak air pakai kompor, maka ceret listrik punya banyak kelebihan seperti lebih praktis, lebih aman, lebih hemat energi, titik didihnya juga cepat. Bentuknya kompak dan ringkas, jadi bisa dibawa kemana saja. Selain itu dilengkapi fitur shut off otomatis jika air sudah mendidih.

Jangan lupa dalam jangka panjang juga lebih hemat uang.

#2. Ukuran dan berat
Sebelum membeli coba pertimbangkan tentang ruang yang tersedia. Apakah Anda akan menyimpannya di lemari ataukah akan menaruhnya diatas meja. Jika akan disimpan dilemari maka pilih ketel elektrik yang bobotnya tidak terlalu berat. Biar nggak pegel kalau bolak-balik bawa antara meja dan lemari.

Jika akan ditaruh di meja, perhatikan tingginya jangan sampai melebihi ruang antara meja dengan kitchen cabinet bagian atas. Jika terlalu tinggi ya bakalan sundul bro …

#3. Pertimbangkan jenis ceret listrik
Ada dua macam ketel elektrik : ketel listrik biasa dan ketel listrik untuk menyeduh. Ketel listrik biasa ada yang dari porselen ada juga whistling kettle. Tinggal pilih, mau jenis ceret elektrik yang mana.

#4. Kapasitas cerek elektrik
Kapasitas pemanas air listrik ada yang ukuran 1 – 2 liter untuk penggunaan satu atau dua orang dan kapasitas 2 – 3 liter untuk penggunaan keluarga (jumlah sedang).  

#5. Kecepatan titik didih
Kecepatan titik didih adalah waktu yang dibutuhkan oleh 1 liter air untuk mendidih. Jika merk ketel elektriknya berbeda biasanya kecepatan titik didihnya juga berbeda.

Semakin cepat air mendidih maka akan semakin hemat listrik. Selain itu minum kopi atau minum tehnya juga makin cepat bro …

#6. Bahan dan desain  
Ketel listrik tersedia dalam bermacam bahan dan desain. Masing masing punya kelebihan dan kekurangannya. Ketel stainless steel punya kelebihan dalam menjaga suhu air, mudah dibersihkan. Kekurangannya bobotnya relatif berat.

Ketel dari kaca mudah dirawat atau dibersihkan, elegan. Tapi kekurangannya rapuh serta mudah pecah.

Pilih cerek listrik yang sesuai dengan dekorasi rumah atau sesuai dengan peralatan dapur lainnya.  

#7. Fitur ketel listrik 
Fitur yang ada pada ketel listrik biasanya adalah :

- Indikator level air : penunjuk ketinggian air untuk menambahkan jumlah air yang tepat misalnya 2 cangkir, 3 cangkir, 4 cangkir atau lebih.
- Shut off otomatis : ketel secara otomatis akan mati jika air sudah mendidih
- Fitur aman disentuh : fitur ini bermanfaat jika anda punya anak di rumah. Pada ketel ini mekanisme pemanasan ada pada bagian dalam, sedangkan bagian luarnya diberi lapisan tambahan sehingga jika tersentuh tidak panas.
- Nirkabel : ini sangat membantu jika Anda berencana untuk menggunakannya di perjalanan atau untuk berkemah.

Secara keseluruhan ketel listrik yang bagus adalah yang bisa mengakomodir keinginan dan gaya hidup penggunanya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mau Beli Pemanas Air Listrik (Electric Kettle) Yang Bagus, Ini Tipsnya"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *