4 Tips Mudah Memilih Kotak Makan Plastik Terbaik

Kotak makan merupakan jenis tempat makan yang populer di masyarakat. Fungsinya sebagai tempat untuk menyimpan makanan. Kotak makan yang baik terbuat dari bahan yang tidak berbahaya dan mampu membuat makanan tetap segar

Umumnya kotak tempat makan terbuat dari bahan plastik. Saat membeli kotak tempat makan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Nah, dibawah ini adalah beberapa tips memilih kotak makan plastik.

memilih kotak makan plastik terbaik

Tips memilih kotak makan plastik

1. Bahan pembuat kotak makan
Meskipun sama-sama terbuat dari plastik, tidak semua kotak tempat makan aman untuk digunakan berkali-kali dan dalam jangka waktu yang lama. Kotak makan plastik yang aman harus bebas BPA (BPA free). Jika Anda perhatikan, setiap wadah plastik di baliknya pasti ada kode plastiknya. Kotak makan plastik yang aman memiliki kode HDPE, PP, dan LEDPE.

Jangan mudah tergoda dengan tempat makan plastik berharga murah. Tempat makan plastik dengan kode PS (Polystyrene) tidak baik karena terbuat dari bahan yang bersifat karsinogen. Jenis plastik lain dengan kode PC (Polycarbonate) sebaiknya juga harus dihindari karena dapat membuat makanan terkontaminasi oleh kandungan BPA.

2. Ukuran kotak makan
Pastikan kotak makan tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Untuk anak-anak, sebagian besar lebih menyukai kotak makan ukuran kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Wadah tempat makan dengan ukuran kecil juga mudah dimasukkan ke dalam tas.

Untuk menyimpan makanan, baik untuk ditempatkan di kulkas atau di atas meja, Anda bisa memilih kotak makan dengan ukuran yang lebih besar agar lebih banyak makanan yang bisa masuk.

3. Pilih yang mudah dibersihkan
Tips memilih kotak makan plastik yang selanjutnya adalah dari sisi higienitasnya. Kotak untuk menyimpan bekal makanan sehat harus higienis. Oleh karena itu, pilihlah wadah yang mudah dibersihkan. Jika tempat makan pilihan Anda terdiri dari banyak kompartemen atau bagian wadah, pastikan semua bagian tersebut bisa dicuci dengan bersih tanpa meninggalkan bau makanan, apalagi bekas makanan.

Untuk menjaga kebersihannya, kotak makan harus dicuci setiap kali habis dipakai. Jangan menunda-nunda mencuci, apalagi sampai merendam kotak makan plastik selama berhari-hari.

Sebaiknya, segera cuci kotak makan dengan menggunakan air hangat dan sabun. Bilas sampai bersih dan keringkan.

4. Pilih desain yang menarik
Yang paling sering menggunakan kotak makan plastik adalah anak-anak. Misalnya sebagai tempat bekal ke sekolah.

Agar si kecil lebih bersemangat dalam menyantap makanannya, maka pilihlah yang desainnya menarik. Seperti desain kartun atau superhero kesukaannya. Dijamin anak akan senang makan di kotak makan tersebut.

Desain kotak makan sebaiknya disesuaikan dengan karakter si pemakai. Gambar kartun atau superhero cocok untuk anak, tapi bagi orang dewasa, desain tersebut akan dianggap Alay. Orang dewasa lebih suka kotak makan dengan desain yang sederhana.

Simak juga : Ini Kelebihan Kotak Makan Tupperware Untuk Keluarga

Nah itulah tips memilih kotak makan plastik yang perlu Anda tahu. Dengan memperhatikan 4 hal di atas, semoga bisa didapatkan kotak makan yang aman dan sesuai dengan kebutuhan.

0 Response to "4 Tips Mudah Memilih Kotak Makan Plastik Terbaik"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *