Begini Lho Perbedaan Kulkas dan Freezer

Perbedaan kulkas vs freezer
Kulkas (lemari pendingin) dan freezer (lemari pembeku) adalah jenis perangkat elektronik yang memiliki fungsi untuk menyimpan makanan dan minuman agar dapat bertahan lebih lama.  Oleh karena itu kulkas dan freezer dibuat  dengan suhu yang dingin, bahkan untuk freezer hingga mencapai titik beku.

perbedaan kulkas vs freezer
Kulkas vs freezer

Pada umumnya masyarakat yang berada pada taraf hidup menengah keatas, pasti sudah memiliki perangkat elektronik jenis kulkas di rumah masing-masing. Karena saat ini kulkas sudah bukan menjadi hal yang mewah, dan bahkan bisa di bilang memiliki lemari pendingin merupakan keharusan bagi sebagian besar masyarakat, terlebih masyarakat perkotaan.

Pasalnya, setiap saat ketika Anda mau menyimpan makanan dan minuman yang tidak sempat anda konsumsi, sementara  Anda masih ingin mengkonsumsinya di lain waktu, sudah pasti Anda akan membutuhkan tempat yang bisa menyimpanan dan bisa mencegah makanan atau minuman  Anda jadi membusuk.

Saat ini, di pasaran banyak dijual berbagai merk freezer dan kulkas biasa atau kulkas fridge. Namun, sebagian masyarakat selalu memiliki anggapan bahwa kulkas biasa dan freezer adalah sama, karena di dalam kulkas biasa pun kebanyakan sudah ada disediakan freezer. Padahal antara kulkas dan freezer adalah dua perangkat elektronik yang berbeda.  

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan kulkas vs freezer, berikut ini kami bagikan informasi selengkapnya.

Perbedaan antara kulkas biasa dan freezer

1. Fungsi atau kegunaannya
Perbedaan yang pertama antara kulkas dan frezer adalah fungsinya. Kulkas biasa atau kulkas  fridge memiliki fungsi sekedar untuk menyimpan makanan dan minuman agar memiliki daya tahan yang lama. Lemari pendingin biasa ini tidak dapat memadatkan atau membekukan makanan dan minuman. Tetapi biasanya hanya digunakan untuk menyimpan makanan seperti sayuran dan buah-buahan.

Sedangkan freezer atau lemari pembeku memiliki fungsi untuk menyimpan dan membekukan makanan atau minuman karena memiliki suhu yang sangat dingin, sehingga dapat membuat makanan atau minuman jadi membeku. Contohnya seperti  untuk menyimpan daging dan membuat es batu . Namun saat ini, pada mesin kulkas biasa pun kebanyakan juga sudah disediakan freezer kecil.

2. Bentuk fisik perangkat
Untuk perangkat sebenarnya bisa dikatakan tidak ada perbedaan yang cukup mencolok diantara kulkas fridge atau pun freezer ini. Fridge atau kulkas biasa dalam pembuatannya dirancang dengan memiliki bentuk satu pintu dan dua pintu.
Begitu juga halnya dengan lemari pembeku yang dibuat terdiri dari 2 jenis yaitu: chest freezer dan deep freezer. Namun sepert yang sudah banyak kita ketahui, saat ini model kulkas keluaran yang terbaru umumnya sudah menyatukan kulkas fridge dan freezer menjadi satu unit.

3. Tingkat suhu maksimal pendingin
Perbedaan yang dapat diketahui selanjutnya adalaha suhu maksimal yang dimiliki oleh kedua tempat penyimpanan makanan ini. Karena suhu terendah maksimal yang dbisa di capai oleh keduanya juga tidak sama.

Untuk suhu maksimal, freezer lebih unggul karena frezeer mampu memberikan suhu dingin hingga mencapai 28 derajat celsius, terutama untuk lemari pembeku jenis chest freezer. Sementara untuk suhu maksimal kulkas biasa atau fridge hanya mampu memberikan suhu dingin mencapai  0 derajat celsius.

4. Daya kapasitas dan pengaturan letak barang
Lemari pembeku biasanya di buat dengan desain atau bentuk yang melebar sehingga dapat menata makanan atau minuman ke dalamnya secara horizontal. Sedangkan kulkas fridge dibuat dengan dilengkapi oleh beberapa rak dan dengan diberikan beberapa desain dengan bentuk khusus yang bisa memungkinkan Anda untuk menata bahan makanan sesuai kelompoknya agar mudah ditemukan secara lebih efisien jika dibandingkan dengan freezer.

5. Daya Listrik
Dari kedua macam tempat penyimpanan makanan ini, freezer adalah yang memiliki daya listrik paling hemat dalam penggunaannya. Sehingga dapat dapat disimpulkan bahwa kulkas biasa memiliki kebutuhan daya listrik yang lebih besar atau lebih boros.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa kebutuhan pemakaian energi listrik ini juga mendapat pengaruh dari intensitas Anda membuka dan menutup kulkas atau freezer. Hal ini terjadi karena disebabkan saat pintu kulkas atau freezer di buka, sebagian udara dingin yang ada di dalamnya akan ikut keluar, sehingga dapat menyebabkan mesin pendingi untuk bekerja lebih keras kembali saat merendahkan suhu.

6. Harga Beli
Selain dari tipenya, perbedaan yang terakhir yang bisa Anda ketahui dari kedua barang elektronik ini adalah harga belinya. Namun harga beli ini juga dapat dipengaruhi oleh jenis desain, merk dan teknologi yang ada di dalam kulkas biasa atau freezer.

Untuk saat ini, harga beli kulkas biasa atau fridge satu pintu adalah sekitar Rp 1,2 juta sampai Rp 2 juta dan untuk kulkas fridge dua pintu harganya berkisar antara Rp 2juta  sampai Rp 10 juta. Dan sedangkan untuk harga beli frezeer berkisar antara Rp 2 juta sampai Rp 5 juta.

Jadi, pada kesimpulannya perbedaan antara kulkas dan freezer adalah

Kulkas : fungsi utamanya yaitu untuk menyimpan bahan makanan atau minuman agar lebih tahan lama karena dapat mencapai suhu dingin hingga 0 derajat celcius, namun memiliki konsumsi atau penggunaan energi listrik yang lebih boros jika dibandingkan dengan freezer.

Baca juga : Ini Dia 5 Macam Kulkas Yang Wajib Anda Ketahui

Freezer : ada 2 jenis freezer yaitu deep freezer dan chest freezer, dengan fungsi utamanya untuk membekukan makanan atau minuman, karena dapat mencapai suhu yang sangat dingin, namun denga konsumsi atau penggunaan daya listrik yang lebih hemat

Simak juga : Memilih Kulkas Freezer Atas atau Freezer Bawah

Itulah beberapa perbedaan antara kulkas vs frezeer. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk pembaca semua.

0 Response to "Begini Lho Perbedaan Kulkas dan Freezer"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *