3 Masalah Cooker Hood Dan Begini Cara Mengatasinya

Cara mengatasi masalah pada cooker hood  

Dilihat dari sisi teknologi, cooker hood sesungguhnya merupakan perangkat sederhana dibandingkan dengan alat dapur lainnya seperti kulkas atau microwave, yang punya sirkuit lebih kompleks. Dibalik tampilannya yang variatif dan mewah ternyata hanya sedikit bagian-bagian yang ada di balik cover penyedot asap tersebut.

Berita baiknya adalah bahwa semakin sedikit bagian, maka semakin mudah bagi pengguna untuk mengidentifikasi kerusakan / masalah yang muncul dan memperbaikinya. Namun, tentunya Anda harus tau dulu beberapa bagian cooker hood tersebut.

cara mengatasi masalah - kerusakan pada cooker hood
Ilustrasi mengatasi masalah pada cooker hood

Sekilas tentang bagian-bagian cooker hood

Antara merk cooker hood yang satu dengan merk yang lain pastilah ada perbedaan pada bagian tertentu. Namun, semua merk penyedot asap pastinya punya bagian-bagian penting seperti berikut ini.

#1. Motor : ini merupakan komponen utama dari cooker hood. Fungsi motor adalah menghisap udara kotor dan bau serta membuangnya keluar.

#2. Kontrol elektronik : sering disebut pula dengan PCB (printed circuit board) atau modul kontrol elektronik. Fungsinya untuk mengatur cahaya dan kecepatan motor penghisap. PCB merupakan “otak” dari cooker hood Anda.

Beberapa model hood terbaru ada yang dilengkapi dengan remote control, beberapa yang lain masih menggunakan tombol kontrol biasa .

#3. Lampu (bohlam) dan tempatnya (fitting lampu) : Tiap merk mungkin punya warna lamu yang berbeda, tapi fungsinya sama untuk menerangi area masak.

Jika ada masalah atau kerusakan dengan cooker hood di rumah biasanya itu berkaitan dengan tiga komponen diatas.

Sekarang mari kita lihat apa saja kerusakan / masalah yang biasa muncul pada cooker hood.

#1. Lampu cooker hood mati : Lampu mati merupakan masalah yang paling sering ditemukan pada alat penghisap asap. Terutama pada cooker hood yang harganya murah. Penyebabnya kebanyakan orang lupa mematikan lampu saat alat ini tidak digunakan. Sehingga usia pakainya lebih pendek.

Cara mengatasinya mudah : matikan lampu jika alat ini tidak digunakan.

#2. Cooker hood tidak menyedot asap seperti seharusnya : Keluhan ini sering muncul pada awal pemasangan cooker hood. Tapi biasanya daya hisapnya akan normal setelah beberapa hari pengoperasian.

Tapi jika masalah ini muncul setelah beberapa lama pemakaian maka itu berarti filter atau ventilasinya kotor, dan harus segera dibersihkan. Solusinya, bersihkan dua komponen ini secara berkala untuk mencegah menurunnya daya hisap.

#3. Modul kontrol elektronik rusak
Kerusakan pada modul kontrol elektronik sangat jarang terjadi. Karena alat ini dirancang untuk penggunaan jangka panjang.

Sebaiknya panggil teknisi professional untuk memperbaikinya. Jangan coba-coba perbaiki sendiri.

Itulah 3 masalah atau problem yang biasa muncul pada cooker hood dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "3 Masalah Cooker Hood Dan Begini Cara Mengatasinya "

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *