Tips Feng Shui : Pintu Kamar Mandi Menghadap Dapur

feng shui kamar mandi hadap dapur
Tinggal di perumahan sub urban dengan luas lahan terbatas, seperti rumah tipe 21 atau 36, sering membuat penghuninya kesulitan dalam menata letak ruangan. Salah satunya menata letak antara dapur dan kamar mandi.

Berhubung lahan terbatas, maka letak kamar mandi sering bersebelahan dengan dapur. Bahkan tak jarang pintu kamar mandi pun menghadap ke dapur.

Ini tidak ideal. Tapi mau bagaimana lagi ? Saat serah terima kunci rumah, desainnya memang sudah seperti itu.

Feng shui pintu kamar mandi menghadap dapur

Dikutip dari rumah.com, menurut fengshui pintu kamar mandi yang berhadapan langsung dengan dapur maka energi dari kamar mandi seperti pelepasan dan pemurnian akan bersatu dengan energi di dapur seperti nutrisi dan kehangatan.

Bau tidak enak dari kamar mandi juga bisa mengganggu energi positif yang ada di dapur.

Masih menurut feng shui, kamar mandi yang dominan dengan energi air bisa melawan energi api yang ada di dalam dapur. Sehingga, akan sulit menjaga kesehatan dan hubungan yang harmonis bersama keluarga di rumah.

Bagi Anda yang punya problem seperti diatas tips berikut ini mungkin bisa mengurangi efek buruk yang terjadi jika pintu kamar mandi terlanjur menghadap dapur. Atau setidaknya memperbaiki kondisi tanpa harus merombak atau merenovasi secara total.

Simak step by step tips tersebut dibawah ini.

#1. Usahakan supaya pintu kamar mandi senantiasa tertutup. Ini adalah cara termudah agar energi di kamar mandi tidak keluar dan bertebaran ke ruangan dapur.

#2. Jagalah kebersihan dan kenyamanan kamar mandi Anda, sehingga terdapat energi feng shui yang positif di dalamnya.

#3. Carilah ide kreatif untuk membuat partisi yang jelas antara kamar mandi dan dapur. Misalnya, Anda bisa melakukan eksperimen menggunakan tirai bambu atau menutup elemen kaca dari pintu (bila pintu kamar mandi ada kacanya).

#4. Gunakan warna cat dinding yang berlainan antara dinding dapur dan kamar mandi. Dengan demikian ada pemisahan cukup jelas antara energi masing-masing ruangan.

#5. Buatlah focal point atau pusat perhatian di antara kedua area dengan aksesoris atau dekorasi tertentu. Misalnya, dengan menggantung lukisan atau pilih warna yang sesuai dengan elemen masing-masing area.

Bila Anda telah mengetahui penataan ruang yang cocok untuk membedakan fungsi kedua ruangan itu, maka jangan ragu untuk mencoba dan mengembangkan ide sesuai dengan benda yang ada di sekitar Anda.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan cermin kaca untuk meredam energi negatif dari situasi seperti ini.

Terakhir, jika Anda berniat membangun atau merancang denah rumah, maka hindarilah tata ruang seperti pintu kamar mandi yang menghadap dapur ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Feng Shui : Pintu Kamar Mandi Menghadap Dapur"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *