Perbedaan Antara Air Cooler vs Air Conditioner (AC)

Perbedaan air cooler dan AC

Sebelumnya, untuk memudahkan bahasan dan agar tidak rancu, maka kami akan banyak menyebut air cooler dengan sebutan cooler saja dan air conditioner dengan AC.

Perbedaan utama antara Air Cooler dan Air Conditioner adalah bahwa cooler menggunakan udara panas di dalam ruangan dan air dingin atau es untuk menghasilkan udara sejuk dan dingin. Cooler menyalurkan udara panas melewati bantalan dingin basah yang absortif untuk menambahkan partikel air ke udara dan menghasilkan udara dingin.

Perbedaan air cooler dan AC

Pada sisi lain, AC menggunakan refrigerant dan proses lain yang lebih kompleks untuk mendinginkan suhu ruangan. Selain itu AC juga bisa menghangatkan suhu udara dalam cuaca dingin. Jadi AC dapat digunakan untuk mendinginkan ataupun menghangatkan suhu ruangan. Fungsi lainnya dari AC adalah sebagai dehumidifier, alias bisa berfungsi untuk mengurangi kelembaban.

Meskipun cooler maupun AC keduanya dapat digunakan untuk mendinginkan udara. Namun cooler dan AC merupakan dua perangkat yang sangat berbeda satu sama lain.

Di masyarakat air cooler sering disebut juga dengan evaporative cooler, swamp cooler, desert cooler, wet air cooler, dll. Sedangkan air conditioner lebih dikenal dengan sebutan AC.

Cooler : Jika dibandingkan maka kemampuan cooler tidak sekuat AC. Harga nya jauh lebih murah dan lebih hemat energy. Instalasinya tidak memerlukan bantuan professional. Pendingin ruangan ini juga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan AC, yang melepaskan ozon.

AC : Meskipun ada kemiripan, namun AC mampu menurunkan suhu jauh lebih dingin dari pada yang mampu dilakukan oleh cooler. AC punya fitur thermostat untuk memonitor seberapa dingin suhu ruangan. Filter untuk menghilangkan partikulat di udara. Serta fungsi dehumidifier agar udara tidak lembab. Harga AC lebih mahal dan perlu bantuan ahli untuk memasang atau membersihkannya.

Baca juga : Cari Pendingin Udara (Air Cooler) Yang Bagus, Ini Panduannya 


Daftar perbedaan antara air cooler dan AC


Air Cooler
Air Conditioner (AC)
 Definisi
Perangkat untuk mendinginkan udara ruangan dengan cara meng-evaporasi udara
System yang dirancang untuk merubah suhu dan kelembaban udara pada satu ruangan. Baik mendinginkan atau menghangatkan 
 Nama lain
Evaporative cooler, swamp cooler, desert cooler, wet air cooler 
AC 
 Proses
Udara ruangan disedot melalui bagian belakang unit, diproses melewati bantalan dingin absortif, terjadi pendinginan 
Udara hangat dari luar disalurkan melalui refrigerant berisi koil-koil, hawa panasnya diserap, diproses dan disalurkan kembali ke ruangan 
 Hemat energi
Lebih hemat energi listrik 
Boros energi listrik 
 Biaya perawatan
Murah 
Mahal 
 Harga 
Murah  
Mahal 
 Ramah lingkungan
Ramah lingkungan 
Kurang ramah lingkungan 
 Portabilitas
Portable 
Ada yang portable ada yang tidak 
 Kelebihan 
Tanpa biaya instalasi, biaya pengoperasian murah, perawatan mudah, udara sejuk 
Cocok untuk semua iklim, bisa mendinginkan bisa menghangatkan, suhu bisa dikontrol, mengurangi kelembaban udara, udara lebih bersih 
 Kekurangan
Tidak cocok untuk iklim lembab, udara ruangan jadi lebih lembab, perlu rutin suplai air es, harus sering dibersihkan, disukai nyamuk 
Tidak ramah lingkungan, perawatan mahal, harga mahal, boros energy listrik 
Itulah perbedaan antara air cooler vs air conditioner (AC). Nah, perangkat mana yang lebih sesuai untuk anda ?

0 Response to "Perbedaan Antara Air Cooler vs Air Conditioner (AC)"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *