Tips Memilih Solar Cell Yang Bagus Untuk Rumah

Memilih solar cell yang bagus 

Penggunaan energi alternatif, seperti solar cell atau solar panel, untuk memenuhi kebutuhan listrik di perumahan semakin lama semakin banyak peminatnya. Karena, listrik tenaga surya ini memiliki keunggulan tersendiri misalnya lebih ramah lingkungan serta lebih bernilai ekonomis untuk jangka panjang.

Solar cell yang bagus untuk rumah

Dalam memilih solar cell, pastikan kita tidak terpengaruh oleh iklan. Namun fokus pada aspek penting kebutuhan kita sendiri. Solar panel merupakan sebuah pilihan investasi jangka panjang, jadi harus cermat memilih. Disini juga berlaku ungkapan “teliti sebelum membeli”.    

Berikut ini beberapa tips berguna dalam memilih solar cell yang bagus untuk rumah.    

#1. Rekomendasi. Mintalah pendapat tetangga, teman, atau rekan dikantor yang telah lebih dulu memasang solar cell di rumahnya. Mereka akan memberi tahu Anda tentang bagaimana pengalaman mereka dan mungkin mengingatkan Anda untuk masalah yang mereka alami, sehingga Anda akan mampu menghindarinya.

#2. Lama garansi. Solar cell merupakan perangkat yang ditujukan untuk pemakaian jangka panjang. Jadi perhatikan berapa lama garansi solar panel yang diajukan penjual / produsen. Semakin lama waktu garansinya, maka semakin baik. Setidaknya anda yakin bahwa sistem tenaga surya yang dimiliki akan bertahan dalam jangka panjang.

#3. Harga yang realistis. Kualitas perangkat solar panel dan instalasinya akan berpengaruh langsung pada harganya. Jika Anda menemukan solar panel dengan harga yang dibawah standar harga dikelasnya, maka bisa saja kualitasnya kurang baik atau ada fitur yang dikurangi.  Karena itu selalu bandingkan baik komponen, lama garansi dan harganya.

Ada harga ada kualitas, jadi kita akan mendapatkan sesuai apa yang kita bayarkan.

#4. Sertifikasi solar panel. Hal ini berlaku untuk semua pembelian panel surya. Sertifikasi pada panel surya menunjukkan jenis pengujian yang telah dilakukan pada mereka. Misalnya, panel surya tersebut telah diuji oleh laboratorium independen dan telah terbukti spesifikasinya sesuai dengan yang diiklankan.

#5. Menentukan jenis panel. Secara garis besar ada dua tipe solar cell : tipe amorphous dan tipe crystalline.

Tipe amorphous harganya murah namun daya serapnya kurang baik. Demikian juga drop tegangan setelah 5 tahun cukup besar yaitu sekitar 20 persen, serta untuk life time hanya 10 tahun.

Sedangkan tipe crystalline harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan tipe amorphous tetapi kualitasnya jauh lebih baik. Drop tegangan setelah 10 tahun kurang dari 5 persen, dan life time 25 tahun. Untuk solar cell tipe ini di pasaran ada beberapa macam diantaranya poly, multy dan mono crystalline.

#6. Efisiensi power inverter. Power inverter adalah kotak yang menghubungkan antara solar panel dan peralatan rumah Anda. Fungsinya mengubah listrik dari DC ke AC. Tidak semua solar inverter adalah sama dan efisiensi inverter akan berdampak langsung pada jumlah waktu yang diperlukan sistem untuk bekerja. Periksa efisiensi inverter sebelum membeli sistem. Karena, semakin efisien inverter maka semakin baik.

#7. Pertimbangkan lagi. Jangan terpengaruh dengan rayuan ataupun iming-iming sales penjual.  Cobalah untuk tidak membuat keputusan di tempat atau pun saat itu juga. Mintalah waktu pada mereka untuk membiarkan Anda mempertimbangkan lagi tawaran tersebut.

Jika pun solar cell yang mereka tawarkan sebaik yang mereka klaim, masih akan lebih bagus jika keputusan diambil kemudian. Keputusan di tempat saat itu juga sering berubah jadi kurang menguntungkan di kemudian hari.

Itulah beberapa tips dalam memilih solar cell yang bagus untuk rumah. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Memilih Solar Cell Yang Bagus Untuk Rumah "

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *