5 Perbedaan Food Processor dan Chopper, Pilih Mana ?

Perbedaan food processor vs chopper 

Food processor dan chopper memiliki fungsi dan bentuk yang hampir mirip. Sebelas dua belas lah, kata anak jaman sekarang. Kedua alat dapur ini digunakan untuk memotong-motong dan memproses bahan makanan. Namun sejatinya food processor dan chopper adalah dua perangkat yang berbeda satu sama lain.

Perbedaan food processor dan chopper

Masih bingung dengan perbedaan antara chopper dan food processor ? Mari saya jelaskan.

#1. Chopper. Nama lengkapnya adalah food chopper, tapi lebih sering disebut dengan chopper saja. Fungsi chopper yaitu untuk memotong, mengggiling atau mencampur berbagai bahan makanan. Kapasitas wadahnya kecil sekitar 1 – 4 cangkir biasa, ukurannya lebih kecil dari food processor. Umumnya alat dapur ini tidak dilengkapi peralatan tambahan. Gambar chopper seperti di bawah ini.

gambar chopper

#2. Food Processor. Fungsinya lebih banyak dari chopper diantaranya : memotong, menggiling, mengiris, mencampur bahan makanan, bahkan bisa untuk membuat adonan, dll. Kapasitas wadahnya juga lebih besar dari chopper, bisa mengolah bahan makanan antara 7 – 12 cangkir. Food processor biasanya dilengkapi dengan beberapa peralatan tambahan seperti tabung feeder, cakram pemotong dan pisau yang bisa dibongkar pasang. Gambar food processor seperti di bawah ini.

gambar food processor
 
Setidaknya ada 5 perbedaan utama antara dua alat dapur tersebut. Yaitu dalam hal ukuran, fungsi, harga, cara perawatan dan target pengguna. Untuk lebih jelasnya, berikut tabel perbedaan antara Food processor vs chopper :

Chopper 
Food Processor
Ukuran
Ukurannya kecil dan kompak sehingga mudah disimpan
Ukuran lebih besar, perlu tempat penyimpanan khusus 
Fungsi 
Fungsinya sedikit dan sederhana 
Fungsi lebih banyak dan lebih kompleks 
Harga 
Harga lebih murah 
Harga lebih mahal 
Perawatan 
Perawatan dan cara membersihkannya mudah 
Perawatan dan cara membersihkannya lebih ribet 
Pengguna 
Cocok untuk orang biasa yang masak sewajarnya atau sering memasak dalam jumlah sedikit 
Cocok untuk orang yang hobi masak, koki, chef dll, atau sering masak dalam jumlah banyak 

Chopper, food processor vs blender

Selain perbedaan diatas, ada juga persamaan antara chopper dan food processor yaitu sama-sama digunakan untuk memproses bahan makanan yang padat atau semi padat.

Peralatan dapur lain yang fungsinya mirip dengan chopper dan food processor adalah blender. Bedanya, blender memerlukan cairan dalam mengolah bahan makanan. Baca juga : Perbedaan Antara Blender dan Food Processor.

1 Response to "5 Perbedaan Food Processor dan Chopper, Pilih Mana ?"

Mas Connan said...

Kayaknya bagusan yang Chopper deh :D lebih kecil dan mudah disimpan tentunya

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *