4 Tips Cat Yang Bagus Berkualitas Untuk Rumah

Cat yang bagus berkualitas untuk rumah

Apa jadinya jika rumah kita tidak dicat ? Jawabnya : rumah akan terlihat kusam, kotor dan materialnya cepat rusak. Benar. Selain untuk mempercantik tampilan rumah, cat juga berfungsi untuk melindungi material rumah dari hujan, panas, dan cuaca ekstrim.

Cat bagus berkualitas untuk rumah


Cat adalah salah satu material yang sangat diperlukan di rumah kita. Namun, banyaknya merk cat di pasaran membuat kita harus ekstra hati-hati dalam memilih. Salah dalam memilih cat bukan hanya akan merusak tampilan rumah, tapi juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan penghuninya.

Bagaimana cara memilih cat yang bagus dan berkualitas ? Ini dia tipsnya.

#1. Cat ramah lingkungan, aman untuk kesehatan
Bagaimanapun kesehatan penghuni rumah adalah yang paling utama. Karena itu pilih cat yang ramah lingkungan karena lebih aman untuk kesehatan.

Cat yang aman untuk kesehatan tidak mengandung bahan kimia timah hitam (Pb) dan logam merkuri (Hg). Selain itu, pilihlah cat yang memiliki label free lead, low volatile organic compound (VOC).

Bila dimungkinkan, ciumlah aroma cat yang akan dibeli. Cat yang aman bagi kesehatan baunya tidak menusuk hidung. Jangan pilih cat dengan aroma wewangian, karena cat tersebut buruk untuk kesehatan.

#2. Cat eksterior dan interior itu berbeda
Biasanya pada kemasan cat disertai keterangan label untuk penggunaan eksterior atau interior. Kedua label tersebut punya spesifikasi berbeda.

Cat eksterior punya ketahanan yang lebih tinggi terhadap cuaca, seperti paparan sinar matahari, hujan, panas serta perubahan suhu. Masing-masing produsen memiliki sebutan berbeda, seperti weathershield, weatherproof, weathercoat, dan easyshield.

Untuk bagian dalam rumah, pilih cat interior yang kualitas warnanya tahan lama dan mudah perawatannya.  Dengan cat yang bagus berkualitas maka frekuensi pengecatan dinding bisa dikurangi.

#3. Cat dengan lapisan anti jamur
Tinggal di kawasan beriklim tropis pasti sudah terbiasa dengan curah hujan yang tinggi. Kondisi demikian membuat lingkungan mudah lembab, dan jamur berkembang biak dengan cepat. Salah satunya adalah pada dinding, baik di dalam maupun luar rumah. Jamur pada dinding akan merusak lapisan cat tembok.

Untuk itu pilih cat dengan lapisan anti jamur. Dengan memakai cat anti jamur, dinding atau tembok rumah akan lebih terlindungi dari jamur.

#4. Mudah dibersihkan
Pilihlah cat yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap noda, baik untuk interior ataupun eksterior. Memilih cat yang mudah dibersihkan merupakan investasi cerdas karena kita tidak perlu terlalu sering melakukan pengecatan ulang.

Jika menghendaki hasil setengah mengkilap, tahan gores, dan tahan gosokan, maka pilihlah jenis pearl go atau vinyl silk. Cat jenis ini mudah dibersihkan sehingga sesuai untuk tempat yang rawan kotor seperti garasi, kamar mandi, dan dapur. Dengan catatan, noda yang mampu dibersihkan adalah yang bersifat waterbased.

Baca juga : Tips Mewarnai Kamar - Ruangan Sesuai Zodiak
Serta baca : Tips Memilih Jasa Arsitek Yang Bagus dan Terbaik

Itulah 4 tips cat yang bagus dan berkualitas untuk rumah. Jika pembaca punya tips yang lain, jangan sungkan untuk berbagi pada kami.

0 Response to "4 Tips Cat Yang Bagus Berkualitas Untuk Rumah"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *