Tips Membeli Peralatan Rumah Tangga Secara Online

Tips beli alat rumah tangga online

Membeli peralatan rumah tangga secara online punya banyak keuntungan. Misalnya kita bisa mencari informasi soal peralatan tersebut secara lengkap, membaca review produk-nya dari mereka yang berkompeten, membandingkan peringkat produk berdasarkan pengalaman konsumen lain, serta bisa mencari penawaran terbaik dari harga di berbagai situs.

Jika kita ingin membeli peralatan rumah yang ukurannya besar, maka kita harus melakukan pengukuran ruangan terlebih dulu untuk memastikan peralatan itu sesuai dengan rumah kita.

Belanja alat rumah tangga secara online

Tapi sebelum itu ketahui dulu kelebihan dan kekurangan belanja secara online.

Kelebihan membeli secara online diantaranya :

#1. Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Artinya tidak terikat oleh tempat dan waktu.
#2. Banyak pilihan toko online dengan produk yang lengkap.
#3. Hemat waktu dan tenaga.
#4. Bisa membandingkan harga antara toko online yg satu dengan yang lainnya sehingga mendapatkan barang kualitas bagus dengan harga termurah.
#5. Proses belanja mudah. Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer bank, ATM, mobile banking, kartu kredit, bahkan bayar ditempat (cash on delivery) dll.

Kekurangan membeli secara online diantaranya :

#1. Bisa terjadi penipuan. Walaupun sudah dibayar tapi barang tidak dikirim.
#2. Kualitas barang tidak sesuai dengan yang dipromosikan.
#3. Tidak dapat mencoba barang yang dipesan.
#4. Barang tidak langsung diterima, tapi butuh waktu pengiriman.

Nah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, langsung saja berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membeli peralatan rumah tangga secara online.

#1. Lakukan pengukuran ruangan

Tips ini berguna jika kita akan membeli alat rumah tangga ukuran besar, karena jangan sampai alat yang dibeli ukurannya melebihi space ruang yang tersedia. Alat rumah tangga yang ukurannya besar misalnya kulkas, mesin cuci, pengering, ataupun kompor.

Gunakan pita meteran untuk mengukur panjang, lebar, dan ketinggian ruangan. Kemudian simpan hasilnya di laptop atau komputer, agar kita dapat melihatnya nanti saat searching online. Biasanya situs belanja online akan menyediakan informasi soal dimensi / ukuran yang akurat untuk setiap peralatan rumah tangga yang mereka jual.

#2. Buatlah daftar fitur yang diinginkan

Langkah ini akan membantu kita menemukan alat yang tepat saat belanja online. Karena setiap merk biasanya punya fitur yang berlainan. Misalnya, kita ingin membeli oven yang ada fitur jendela transparan, display-nya digital, pengaturan suhunya sampai sekian derajat, auto shut off, dll maka tulislah daftar fitur tersebut dengan rinci.

Simpan lagi daftar fitur yang diinginkan tersebut ke dalam laptop.

#3. Cari bagian peralatan rumah tangga di situs online yang menampilkan ulasan konsumen

Ini akan berguna untuk mengetahui apa pengalaman positif dan negatif dari konsumen lain yang telah menggunakan produk tersebut.

Misalnya, jika kita ingin membeli kulkas stainless steel, tapi khawatir jika permukaan-nya mudah penyok, maka ulasan konsumen mungkin ada yang mengungkapkan jika ia pernah bermasalah dengan penyok tersebut dll.

Carilah juga gambar bintang atau ikon lain yang menunjukkan peringkat di bawah setiap nama produk. Ini akan memungkinkan kita untuk mengetahui produk yang paling disukai oleh konsumen. Tapi pastikan bahwa peringkat tersebut adalah hasil dari banyak ulasan, dan bukan hanya ulasan dari 1 atau 2 pembeli saja.

#4. Searching juga untuk merk favorite

Jika kita mencari peralatan merk tertentu, pencarian internet akan menampilkan beberapa situs yang menjual produk merk tersebut.

Kunjungi mesin pencari dan ketik kata kunci untuk alat tertentu. Misalnya, jika kita mencari merek mesin cuci tertentu dan modelnya top-loading, maka masukkan nama merek, nomor model, dan frasa "top-loading mesin cuci" ke dalam mesin pencari. Hasil pencarian kemungkinan besar akan menampilkan sejumlah pengecer online yang menjual alat yang spesifik.

#5. Pelajari dan pahami kebijakan pembelian pada setiap situs

Beberapa situs online sangat mungkin memiliki kebijakan berbeda dalam hal : garansi produk, pengembalian barang, atau pengembalian uang karena alat yang rusak atau kita tidak puas dengan kualitas produk.

Cari topik tentang "Cara pengembalian," "Kebijakan penukaran barang," atau "Syarat dan Ketentuan" pada situs online tersebut untuk mengetahui bagaimana kebijakan mereka soal hal ini. Dalam kebanyakan kasus, informasi ini dapat ditemukan dalam bagian FAQ atau frequently asked question di situs tersebut.

#6. Beli alat dari situs belanja online dengan harga termurah

Ketahui biaya pengiriman, pajak penjualan, atau biaya pemesanan lain yang mungkin berlaku.
Tuliskan jumlah biaya yang terkait tersebut ke dalam laptop untuk menentukan toko online yang memberikan harga termurah.

#7. Hubungi toko online tersebut secara langsung, jika ada pertanyaan tentang kebijakan yang belum dimengerti. Carilah link "Hubungi Kami" untuk mendapatkan nomor telepon, alamat email, atau informasi chatting.

#8. Jika ada situs belanja online yang meragukan kredibilitasnya, carilah informasi siapa pemiliknya melalui situs whois.com.

0 Response to "Tips Membeli Peralatan Rumah Tangga Secara Online"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *