Tips Memilih Jasa Arsitek Yang Bagus dan Terbaik

Memilih arsitek yang bagus dan terbaik

Jika Anda berencana menggunakan jasa arsitek untuk pertama kalinya, misalnya untuk membangun rumah, pasti ada sedikit rasa khawatir dengan keputusan yang diambil. Jangan-jangan keputusan tersebut tidak tepat, atau jangan-jangan salah memilih arsitek dll.

Maklum orang yang nanti bertanggung jawab dengan penampilan akhir rumah Anda adalah arsitek tersebut. Rancangan yang dibuatnya akan “mendikte” penampilan rumah, fungsi rumah dan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk membangun rumah tersebut.

Memilih jasa arsitek yang bagus untuk rumah

Yang bikin rumit, biasanya hubungan antara klien dan arsitek bukan sekedar hubungan bisnis atau pekerjaan semata. Namun sifatnya sedikit lebih personal. Karena itu antara klien dan arsitek nantinya akan ada diskusi hangat tentang kebiasaan, hobi, selera, serta minat setiap anggota keluarga dll.

Setidaknya ada 6 keuntungan jika Anda membangun rumah dengan bantuan jasa arsitek yang bagus.

#1. Mengunakan jasa arsitek akan menghemat waktu
#2. Anda akan mendapatkan pemahaman tentang keseluruhan proses konstruksi.
#3. Mereka menguasai bahasa dan istilah konstruksi. Misalnya bagaimana mengubah ide dan keinginan anda dari gambar 2 dimensi menjadi gambar 3 dimensi.
#4. Mereka akan membela Anda jika ada masalah dengan kontraktor di proyek.
#5. Anda akan mendapatkan desain sampai ke detail, yang fungsional, cantik serta mengikuti tren lokal ataupun internasional.
#6. Anda akan mendapatkan akses ke tenaga profesional lainnya seperti insinyur sipil, drafter, desainer, kontraktor dll.

Nah, uraian singkat dibawah ini akan mencoba mengupas bagaimana cara memilih jasa arsitek yang bagus dan terbaik,  sesuai dengan kondisi dan anggaran yang Anda miliki.

#1. Rekomendasi

Sama halnya dengan para professional lainnya, para arsitek banyak diuntungkan oleh informasi yang sifatnya dari mulut ke mulut. Semakin banyak direkomendasikan orang berarti semakin bagus kredibilitasnya.

Karena itu mintalah rekomendasi dari rekan kerja, sahabat, keluarga, atau siapapun yang pernah menggunakan jasa arsitek. Dan mintalah pendapat mereka soal hasil pekerjaan arsitek tersebut.

#2. Profil arsitek 

Bacalah profil, biodata dan situs resmi arsitek tersebut dengan seksama. Dapatkan informasi sebanyak mungkin tentang pekerjaan yang telah mereka rampungkan sebelumnya. Kemudian simpulkan kecenderungan dari pekerjaan jasa arsitek tersebut.

#3. Pendapat dari professional bidang terkait

Para professional seperti kontraktor, desainer interior, dan pihak lain dalam bidang terkait merupakan nara sumber terbaik untuk menemukan arsitek yang bagus.

#4. Wawancara

Setelah Anda menemukan satu atau beberapa kandidat arsitek yang bakal dipilih, maka segeralah buat janji bertemu untuk sebuah pembicaraan awal. Jangan lupa pertemuan awal seperti ini seharusnya tanpa biaya alias gratis.

arsitek bagus berkualitas untuk rumah

Siapkan beberapa pertanyaan penting untuk diajukan dalam sesi pertemuan tersebut. Jika Anda bingung darimana harus memulai, berikut ini beberapa pertanyaan yang layak diajukan pada calon arsitek pilihan Anda.

• Dapatkah saya melihat beberapa contoh hasil pekerjaan Anda?
• Apa yang mesti saya lakukan untuk memulai proyek ini?
• Apa saja hambatan terbesar dalam proyek seperti ini?
• Bagaimana Anda mengatasi hambatan itu, dan berapa biayanya?
• Berapa lama proyek ini akan dikerjakan untuk desain?
• Bagaimana dengan izin bangunan dan izin konstruksinya?
• Dapatkah Anda memberi saya rekomendasi untuk kontraktor yang bagus?
• Dari sisi peraturan, apakah ada unsur pelanggaran dengan apa yang ingin saya lakukan?

Seorang arsitek yang bagus akan memberikan rancangan terbaik untuk rumah Anda, merekomendasikan kontraktor yang dapat dipercaya dan berpengalaman, melindungi kepentingan Anda selama masa konstruksi dan menghemat waktu dan uang Anda secara keseluruhan.

Arsitek yang bagus dan terbaik mungkin biayanya sedikit lebih mahal, namun jumlah nilai yang ditambahkan ke proyek Anda bisa jadi jauh lebih besar.

0 Response to "Tips Memilih Jasa Arsitek Yang Bagus dan Terbaik"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *