5 Cara Menghilangkan Bau Pete dan Jengkol Pada Alat Makan

Cara menghilangkan bau pete dan jengkol 

Suka makan nasi goreng pete, sambel pete, atau suka semur jengkol ? Hmmm ….

Pete (petai) dan jengkol merupakan bahan makanan yang kontroversial. Karena ada orang yang suka banget, tapi ada juga yang anti banget. Jadinya ketika memasak pete atau jengkol ada semacam “guilty pleasure”. Rasa suka tapi sekaligus juga rasa bersalah.

Nasi goreng pete - menghilangkan bau pete dan jengkol

Jengkol dan pete dapat menambah kenikmatan bersantap dan nafsu makan. Namun pada sisi lain aroma atau bau yang dikeluarkan bisa membuat orang lain tidak nyaman.

Pete dan jengkol memang bisa membuat aroma makanan menjadi lebih tajam sehingga meningkatkan nafsu makan. Masalahnya memasak pete membuat baunya menyebar keseluruh penjuru rumah. Bahkan ke rumah tetangga.

Selain itu, baunya dapat mengendap pada beberapa peralatan masak dan peralatan makan. Untuk menghilangkan bau pete dan jengkol, berikut caranya.

#1. Rendam setelah digunakan

Jangan membiarkan peralatan memasak dan peralatan makan yang sudah digunakan untuk menyiapkan makanan yang mengandung pete dan jengkol dibiarkan begitu saja.

Bila memang butuh direndam, segera rendam dengan air hangat yang sudah dicampur sabun cuci piring dan perasan jeruk nipis. Setelah direndam selama 5-10 menit, cuci peralatan makan dengan sabun hingga berbusa, lalu bilas.

#2. Perhatikan pori-pori peralatan memasak

Beberapa peralatan memasak yang berbahan kayu seperti cobek, talenan, wajan, atau spatula memiliki pori-pori yang setiap lubangnya berisiko menjadi tempat sisa makanan dan persembunyian bau.

Setelah digunakan segera bilas dengan air untuk menghilangkan sisa makanan lalu sikat permukaannya dengan sikat gigi bekas atau sikat halus dengan sabun cuci piring.

#3. Gunakan cuka

Jika peralatan makan tak kunjung hilang bau petenya, teteskan air perasan jeruk nipis, lalu ulangi mencucinya dengan sabun cuci piring dan tambahkan soda kue.

Cara lainnya, rendam peralatan makan dengan satu sendok makanc uka yang dicampur air satu baskom selama 4-5 jam.

#4. Perhatikan barang alumunium

Peralatan memasak yang terbuat dari alumunium sebaiknya direndam dahulu dengan air dingin yang dicampur soda kue.

Setelahnya gunakan campuran sabun cuci piring dan air jeruk nipis saat mencucinya agar baunya benar-benar hilang. Segera keringkan agar tak ada sisa air yang menempel di peralatan memasak.

#5. Segera pel lantai ruangan

Bau jengkol dan pete biasanya tak hanya menempel di peralatan makan tapi juga dalam ruangan Anda. Salah satu cara mencegahnya adalah menyingkirkan dahulu semua peralatan rumah tangga yang berbahan kain, seperti keset, karpet, dan tirai.

Cara menghilangkan bau lainnya adalah dengan segera mengepel ruangan di dalam rumah dengan cairan pel yang mengandung aroma wangi atau bakarlah kayu manis di atas kompor untuk mengurangi bau tak sedap.

Pada akhirnya selalu ada yang harus kita bayar untuk sebuah kenikmatan. Makan jengkol atau pete memang nikmat, tapi untuk mengilangkan baunya juga tak kalah ribet. Jadi impas ‘kan ?

0 Response to "5 Cara Menghilangkan Bau Pete dan Jengkol Pada Alat Makan"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *