6 Cara Merawat dan Membersihkan Karpet Bulu

Karpet bulu punya kelebihan dari karpet berbahan biasa. Karpet bulu lebih empuk dan lembut, sehingga lebih nyaman jika dijadikan sebagai alas duduk. Selain lembut dan nyaman, penggunaan karpet bulu pada rumah minimalis akan membuat tampilan rumah jadi lebih mewah dan elegan.

Cara merawat dan membersihkan karpet bulu

Biasanya karpet bulu diletakan di depan teve, sebagai tempat untuk menonton teve sambil rebahan.

Tapi ada juga kelemahan karpet bulu dari karpet biasa, yaitu perawatannya yang lebih sulit. Cara membersihkan karpet bulu harus lebih hati-hati. Nah, supaya karpet ini tidak mudah lembab dan berjamur, berikut ini caranya.

Cara membersihkan karpet bulu

#1. Jemur karpet

Yang paling mudah jemur karpet. Karpet bulu perlu dijemur minimal seminggu satu kali. Gunanya yaitu untuk menghilangkan kuman dan bakteri. Menjemur karpet juga dapat mencegah karpet dari bau tak sedap dan lembab.

#2. Bersihkan dengan sikat lembut

Untuk perawatan sehari-hari, bawa karpet bulu ke luar rumah dan kibas-kibaskan untuk menghilangkan debu yang menempel. Bisa juga dengan menggunakan sikat lembut untuk membasuh karpet bulu hingga seluruh kotoran jatuh.

#3. Dengan vacuum cleaner

Menghilangkan debu dengan vacuum harus dilakukan di dua sisi. Caranya : untuk sisi atas atau bagian yang berbulu, sebaiknya lapisi dengan kain agar sedotan vacuum cleaner tidak merusak bulunya.

Kemudian sedotlah debu di bagian bawah karpet tanpa melapisinya dengan kain.

Baca juga : Tips Memilih Vacuum Cleaner Yang Bagus Dan Terbaik

#4. Dengan cuka dan baking soda

Untuk menghilangkan noda yang menempel di karpet bulu, coba gunakan cuka yang dicampur baking soda dan air lalu bersihkan secara perlahan.

Masalahnya, karpet bulu cenderung sensitif, dan jika jenis detergennya cukup keras risikonya akan merontokkan bulu-bulu pada karpet. Lebih aman jika Anda mencucinya menggunakan detergen untuk pakaian bayi.

Atau jika Anda tak punya tenaga dan waktu untuk mencucinya, serahkan pada jasa pencucian karpet.

#5. Dengan bedak bayi dan baking soda

Jika ada aroma tak sedap pada karpet, taburi karpet dengan bedak bayi atau boleh juga menggunakan baking soda.

Biarkan selama 12 jam agar aromanya terserap oleh bedak atau baking soda ini. Setelah itu bersihkan sisa bedak dengan sikat lembut atau gunakan vacuum cleaner.

#6. Jangan pakai sapu

Karpet bulu jangan disapu. Karena bagian ijuk yang kasar akan merusak karpet dan membuat bulu-bulunya lepas. Jika ada kotoran yang menempel di karpet, dapat dibersihkan dengan kain atau sikat lembut.

Walaupun membersihkan karpet bulu cukup mudah, namun itu semua perlu dilakukan dengan hati-hati dan jangan kasar.

0 Response to "6 Cara Merawat dan Membersihkan Karpet Bulu"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *